DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
463/AJ-TELU/XII/TUKJ-6/2025 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Kampus Jakarta | ||
Bagian/Prodi | Dukungan Teknologi Informasi | ||
Urusan | Pengembangan Aplikasi | ||
Jabatan | Staf | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengembangan Aplikasi. |
||
Bawahan Langsung | |||
IKHTISAR JABATAN | Membantu Dan Melaksanakn Aplikasi Untuk Kebutuhan Operasional Di Kampus Jakarta. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab membantu dan melaksanakn aplikasi untuk kebutuhan operasional sehingga dapat menyesaikan pekerjaan dan operasional lainnya. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Membantu mengembangkan aplikasi untuk kebutuhan kampus; 2. Melaksanakan keberlanjutan dan pemeliharaan aplikasi; 3. Membantu pengujian kualitas terhadap aplikasi yang dikembangkan; 4. Mengusulkan perbaikan atau pengembangan fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan kampus. 5. Optimasi Performansi Website Official & Unit DTI 6. Melakukan Backup Semua Website TUJ 7. Recruitment Peserta Blogwalking Tiap Bulan 8. Crosscheck Pengerjaan Peserta Blogwalking 9. Penyusunan Content Planning untuk website official kategori post Pendidikan |
||
WEWENANG |
1. Berwenang menentukan kebutuhan fungsional aplikasi. 2. Berwenang dalam menangani masalah atau gangguan pada aplikasi. 3. Berwenang untuk mencatat, mendokumentasikan, dan melaporkan temuan hasil pengujian (bug, error, atau perbaikan yang diperlukan). 4. Berwenang untuk mengevaluasi tanggapan pengguna setelah implementasi perubahan dan menyesuaikan usulan sesuai dengan feedback yang diterima. 5. Berwenang melakukan perbaikan dari hasil optimasi jika hasilnya kurang baik 6. Berwenang dalam mencegah kehialangan data website dengan melakukan backup website 7. Berwenang dalam meningkatkan SEO Webiste Official Jakarta dengan rutin melakukan pembukaan peserta blogwalking 8. berwenang dalam memastikan pengerjaan blogwalking sesuai peraturan dan sesuai target yang ingin dicapai 9. Berwenang dalam memberikan edukasi dan informasi yang positif melalui media seperti website |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Bagian Dukungan Teknologi Informasi | 1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem. | ||
2 . Fakultas, Direktorat, Bagian Layanan | 1 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan). | ||
3 . Unit Layanan TI / Infrastruktur | 1 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data. | ||
4 . Dosen, Staf, Dan Mahasiswa (User) | 1 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru. | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Vendor Software Dan Konsultan TI | 1 . Pengembangan Bersama Aplikasi Kampus, Sistem ERP, Atau Integrasi Sistem Pihak Ketiga. | ||
2 . Penyedia Layanan Cloud & API | 1 . Penyimpanan Data Aplikasi, Integrasi Sistem Dengan Platform Pihak Ketiga (misalnya, Google Cloud, AWS, Firebase). | ||
3 . Institusi Mitra Teknologi | 1 . Benchmarking Aplikasi, Pengembangan Bersama Sistem Akademik, Atau Pertukaran Teknologi. | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA | |||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 3 | ||
2 | 3 | ||
3 | 3 | ||
4 | 4 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
