DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
530/AJ-TELU/XIII/TUS-6/2024 0
Direktorat/Fakultas Kampus Surabaya
Bagian/Prodi Laboratorium, Pusat Bahasa Dan Perpustakaan
Urusan Pusat Bahasa Dan Perpustakaan
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Library
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Pusat Bahasa Dan Perpustakaan.
Bawahan Langsung
IKHTISAR JABATAN Membantu Pengelolaan Terkait Kegiatan Di Pusat Bahasa Dan Perpustakaan.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam pengelolaan terkait kegiatan di pusat bahasa dan perpustakaan sehingga memberikan layanan yang optimal dan mendukung kegiatan akademik di Kampus Surabaya.
URAIAN TUGAS
1. Melayani proses peminjaman dan pengembalian bahan pustaka;
2. Melayani proses administrasi kegiatan di pusat bahasa, seperti pendaftaran, panduan mengikuti pelatihan bahasa dan dokumentasi kegiatan;
3. Melakukan pengelolaan bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan dalam program pelatihan bahasa;
4. Melakukan pengelolaan koleksi buku, jurnal dan media lain secara berkala; dan
5. Menyusun laporan kegiatan secara berkala kepada Kepala Urusan Pusat Bahasa dan Perpustakaan
WEWENANG
1. Berwenang memberikan informasi atau panduan mengenai peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.
2. Berwenang menyusun dan mengelola dokumen administratif seperti daftar hadir, materi pelatihan bahasa, dan sertifikat.
3. Berwenang mengusulkan pembaruan bahan ajar agar relevan dengan pembelajaran saat ini.
4. Berwenang mengatur penyusunan, pendataan, klasifikasi, dan pelabelan koleksi buku, jurnal dan media lainnya.
5. Berwenang mengumpulkan data dan informasi kegiatan pusat bahasa dan perpustakaan untuk menjadi laporan dan menyampaikannya kepada Kepala Urusan Pusat Bahasa dan Perpustakaan.
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Kepala Urusan Pusat Bahasa Dan Perpustakaan
1 . Menerima Arahan, Bimbingan, Dan Supervisi Terkait Operasional Pusat Bahasa Dan Perpustakaan.
2 . Dosen
1 . Menyediakan Sumber Referensi Untuk Kegiatan Akademik Dan Penelitian.
3 . Mahasiswa
1 . Memberikan Layanan Informasi Dan Literasi Bahasa.
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . Penerbit Dan Distributor Buku/E-Resource
1 . Pengadaan Bahan Pustaka, Langganan Jurnal, Dan Pembaruan Koleksi.
2 . Lembaga Pelatihan Bahasa
1 . Menjalin Kerja Sama Dalam Pengembangan Materi Dan Pelatihan Yang Berkaitan Dengan Peningkatan Kemampuan Bahasa.
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Tantangan dalam menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa.
2. Pembaharuan koleksi pustaka harus secara berkala.
3. Perlunya menyesuaikan dengan teknologi dalam memberikan pelayanan di pusat bahasa dan perpustakaan.
INDIKATOR KEBERHASILAN
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
STRUKTUR ORGANISASI