DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
560/AJ-TELU/0/PDA.2/2023 0
Direktorat/Fakultas Pengelola Dana Abadi
Bagian/Prodi
Urusan
Jabatan Direktur Pengelola Dana Abadi
Kelompok Bidang 1. Finance
Atasan Langsung 1. Rektor Universitas Telkom.
Bawahan Langsung 1. Kepala Bagian Pengembangan Dan Pemanfaatan.
2. Kepala Bagian Penghimpunan.
IKHTISAR JABATAN Menyusun, Merencanakan, Mengoordinasikan, Mengidentifikasi, Monitoring, Dan Evaluasi Kegiatan Pengelolaan Dana Abadi.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam menyusun, merencanakan, mengoordinasikan, mengidentifikasi, dan monitoring, serta evaluasi kegiatan pengelolaan Dana Abadi sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengimplementasian tridharma di Universitas Telkom.
URAIAN TUGAS
1. Menyusun serta mengusulkan rencana strategis Dana Abadi;
2. Menyusun dan mengidentifikasi sumber-sumber serta melakukan kajian sistem Pengelolaan Dana Abadi;
3. Menyusun dan merencanakan kegiatan operasional Dana Abadi;
4. Menggalang, mengembangkan, dan memanfaatkan Dana Abadi Institusi yang diperoleh dari para alumni yang ingin berkontribusi bagi almamaternya, perusahaan yang peduli dengan Corporate Social Responsibility dan bagi masyarakat luas yang ingin memberikan kontribusi sosial di bidang pendidikan;
5. Menyusun laporan dan menyampaikan pertanggungjawaban Dana Abadi kepada Rektor beserta seluruh pemangku kepentingan;
6. Merencanakan, mengelola dan memelihara sumber daya di direktorat;
7. Melaksanakan rapat gabungan dengan Rektor beserta pemangku kepentingan lainnya sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun sekali;
8. Menyusun laporan dan evaluasi performansi kegiatan riset yang dipimpinnya; dan
9. Melakukan penilaian kinerja dan pembinaan terhadap pegawai di Unit Kerjanya.
WEWENANG
1. Berwenang mengusulkan dan menetapkan kebijakan strategis terkait Pengelolaan Dana Abadi termasuk perencanaan, pemanfaatan, dan pengembangan sumber Dana Abadi di Universitas Telkom.
2. Berwenang menentukan arah dan prioritas penggunaan Dana Abadi.
3. Berwenang mengakses, menghimpun, dan mengelola data serta informasi keuangan.
4. Berwenang melakukan komunikasi dan negosiasi dengan pihak eksternal dalam rangka penggalanagn dan pengembangan Dana Abadi.
5. Berwenang menetapkan rencana operasional dan anggaran kegiatan Direktorat Pengelola Dana Abadi.
6. Berwenang melakukan evaluasi dan penilaian kinerja pegawai serta memberikan pembinaan dan pengembangan profesional sesuai kebutuhan.
7. Berwenang mengusulkan pengembangan sistem dan instrumen investasi Dana Abadi sesuai dengan prinsip tata kelola keuangan yang baik.
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Rektor
1 . Menyampaikan Rencana Strategis, Laporan Kinerja, Pertanggungjawaban Keuangan, Dan Pelaksanaan Kegiatan Dana Abadi.
2 . Direktorat
1 . Koordinasi Dalam Penyusunan Rencana Strategis Dan Operasional Jangka Panjang.
3 . Fakultas
1 . Kolaborasi Dalam Penggalanagn Dana, Pelaksanaan Riset, Dan Distribusi Manfaat Dana Abadi.
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . Alumni
1 . Penggalangan Dana, Membangun Relasi, Dan Komunikasi Untuk Kontribusi Dana Abadi.
2 . Perusahaan Dan Industri
1 . Kerja Sama Melalui Program CSR Dan Endowment Fund.
3 . Pemerintah
1 . Koordinasi Terkait Regulasi Pengelolaan Keuangan, Perpajakan, Dan Transparasi Dana Abadi.
4 . Media
1 . Publikasi Kegiatan Dan Promosi Program Dana Abadi.
5 . Auditor
1 . Pemeriksaan Laporan Keuangan Dan Kinerja Dana Abadi Untuk Menjamin Akuntabilitas.
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Tantangan dalam membangun rasa kepedulian dan loyalitas alumni untuk kontribusi secara finansial kepada almamater.
2. Tantangan dalam membangun kepercayaan dan minat dari donatur untuk berkontribusi secara berkelanjutan.
3. Merancang strategi komunikasi yang tepat untuk membangun loyalitas dan partisipasi alumni.
4. Meningkatkan kemampuan tim serta memastikan kesinambungan pengetahuan dan profesionalisme dalam manajemen dana.
5. Membangun sinergi dan jadwal yang efektif untuk pelaksanaan rapat koordinasi dan evaluasi strategis.
INDIKATOR KEBERHASILAN
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
STRUKTUR ORGANISASI