DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
627/AJ-TELU/XIV/TUP-4/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Purwokerto
Bagian/Prodi Pemasaran Dan Admisi
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Wakil Direktur Admisi dan Kemahasiswaan Kampus Purwokerto.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Pemasaran Dan Promosi.
2. Kepala Urusan Admisi, Data Dan Pelaporan.
IKHTISAR JABATAN Mengelola pelaksanaan pemasaran dan admisi di Kampus Purwokerto.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam pengelolaan pemasaran dan admisi sehingga mendukung tercapainya target penerimaan mahasiswa baru di Kampus Purwokerto.
URAIAN TUGAS
1. Menyusun strategi pemasaran dan rencana kerja untuk promosi dan admisi;
2. Mengembangkan kolaborasi dengan sekolah-sekolah untuk memperluas jangkauan pemasaran;
3. Mengawasi seluruh proses penerimaan mahasiswa baru mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga registrasi;
4. Memastikan layanan informasi bagi calon mahasiswa berjalan cepat dan akurat;
5. Melakukan koordinasi dengan Bagian Akademik dan Prodi terkait kebutuhan dan mahasiswa baru;
6. Mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dan promosi berdasarkan target capaian penerimaan mahasiswa baru; dan
7. Menyampaikan laporan terkait pemasaran dan admisi kepada Wakil Direktur Admisi dan Kemahasiswaan Kampus Purwokerto.
WEWENANG
1. Berwenang meninjau hasil capaian, mengubah strategi pemasaran, menghentikan program yang tidak efektif serta menginisiasi strategi baru terkait pemasaran dan admisi.
2. Berwenang menghubungi sekolah dan melakukan negosiasi teknis kegiatan (presentasi, kunjungan kampus, try-out, informasi beasiswa) serta mengatur bentuk kolaborasi yang saling menguntungkan.
3. Berwenang menetapkan prosedur operasional terkait penerimaan mahasiswa baru.
4. Berwenang mengarahkan pengelolaan kanal informasi dan media komunikasi terkait layanan informasi bagi calon mahasiswa baru.
5. Berwenang menginisiasi rapat dengan Bagian Akademik dan Program Studi sebagai tindak lanjut kuota mahasiswa baru dari berbagai program studi.
6. Berwenang menghentikan, menyesuaikan, atau mengganti strategi promosi yang tidak efektif, serta menginisiasi program baru berdasarkan evaluasi dan kebutuhan kampus.
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Wakil Direktur Admisi Dan Kemahasiswaan Kampus Purwokerto
1 . Menyampaikan Laporan Pemasaran Dan Admisi.
2 . Memperoleh Arahan Strategi, Target Penerimaan, Dan Persetujuan Rencana.
2 . Bagian Pelayanan Akademik Pusat Kampus Purwokerto
1 . Koordinasi Terkait Kuota Mahasiswa Per Program Studi.
2 . Sinkronisasi Jadwal Registrasi, Pengisian KRS Awal, Dan Kebutuhan Akademik Mahasiswa Baru.
3 . Program Studi
1 . Mengumpulkan Informasi Terkait Profil Prodi, Keunggulan, Kurikulum, Dan Persyaratan Khusus Untuk Promosi.
4 . Bagian Sistem Dan Teknologi Informasi
1 . Menangani Kendala Teknis Sistem Pendaftaran, Website Penerimaan Mahasiswa Baru, Dan Database Admisi.
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . Sekolah
1 . Menjalin Kolaborasi, Kunjungan, Presentasi, Dan Kegiatan Branding Kampus.
2 . Calon Mahasiswa Dan Orang Tua
1 . Menyediakan Layanan Informasi, Membantu Proses Pendaftaran, Dan Memberikan Panduan Seleksi Hingga Registrasi.
3 . Media Dan Publikasi
1 . Publikasi Berita Kampus, Konten Promosi, Dan Event Penerimaan Mahasiswa Baru.
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Persaingan dengan kampus lain.
2. Perubahan tren calon mahasiswa yang cepat.
3. Jumlah sekolah yang perlu dijangkau sangat banyak sementara SDM dan waktu yang terbatas.
INDIKATOR KEBERHASILAN
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
STRUKTUR ORGANISASI