DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
490/AJ-TELU/XIII/TUS-4/2024 0
Direktorat/Fakultas Kampus Surabaya
Bagian/Prodi Admisi Dan Marketing
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Wakil Direktur Bidang Admisi dan Kemahasiswaan Kampus Surabaya.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Admisi Dan Data.
2. Kepala Urusan Marketing.
IKHTISAR JABATAN Mengelola Pelaksanaan Program Admisi Dan Marketing Kampus Surabaya.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam mengelola pelaksanaan program admisi dan marketing sehingga mendukung pencapaian penerimaan target mahasiswa baru.
URAIAN TUGAS
1. Mengelola pelaksanaan program kerja kegiatan admisi yang meliputi kegiatan pemasaran, kerja sama, seleksi calon mahasiswa dan pengelolaan data;
2. Mengelola sistem dan prosedur seleksi calon mahasiswa;
3. Merancang strategi promosi dan pemasaran untuk meningkatkan jumlah pendaftar dan memperkuat citra kampus;
4. Mengelola materi promosi seperti media sosial, webiste, dan video profil dalam pemasaran institusi;
5. Mengembangkan kerja sama dengan sekolah dan lembaga; dan
6. Melaporkan secara berkala terkait capaian penerimaan mahasiswa dan efektivitas program promosi kepada pimpinan Kampus Surabaya.
WEWENANG
1. Berwenang menetapkan strategi teknis pelaksanaan kegiatan promosi dan penerimaan mahasiswa baru sesuai dengan target dan kebijakan Kampus Surabaya.
2. Berwenang mengelola dan menyetujui materi promosi resmi Kampus Surabaya.
3. Berwenang menetapkan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan pemasaran seperti kunjungan ke sekolah, pameran pendidikan, seminar promosi, dan kegiatan publikasi lainnya.
4. Berwenang menjalin dan menyetujui kerja sama operasional dengan sekolah dan institusi mitra dalam program admisi dan marketing.
5. Berwenang mengusulkan kebutuhan anggaran dan sumber daya untuk mendukung kegiatan admisi dan marketing kepada Pimpinan Kampus Surabaya.
6. Berwenang melaporkan dan memberikan pertimbangan strategis kepada Pimpinan Kampus Surabaya terkait aktivitas penerimaan mahasiswa baru dan pemasaran.
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Wakil Direktur Admisi Dan Kemahasiswaan Kampus Surabaya
1 . Menyampaikan Laporan Berkala Terkait Capaian Admisi Dan Efektivitas Promosi Serta Menerima Arahan Strategis.
2 . Fakultas Dan Program Studi
1 . Koordinasi Mengenai Kuota Penerimaan Dan Profil Calon Mahasiswa Yang Diharapkan.
3 . Kepala Bagian Keuangan Kampus Surabaya
1 . Koordinasi Mengenai Biaya Pendaftaran, Beasiswa, Dan Anggaran Promosi Atau Kerja Sama.
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . Sekolah
1 . Kerja Sama Untuk Promosi Kampus, Kunjungan Edukatif, Penyuluhan, Dan Penjaringan Calon Mahasiswa.
2 . Media Massa
1 . Publikasi Informasi Penerimaan Dan Citra Institusi Melalui Saluran Media Massa.
3 . Alumni
1 . Jaringan Informasi Dan Referensi Kampus Melalui Promosi Berbasis Testimoni Atau Relasi.
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Persaingan antar perguruan tinggi semakin ketat.
2. Perubahan perilaku dan preferensi calon mahasiswa.
3. Keterbatasan anggaran dan SDM dalam kegiatan pemasaran.
4. Terget penerimaan mahasiswa yang terus meningkat.
INDIKATOR KEBERHASILAN
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
STRUKTUR ORGANISASI