DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
009/AJ-TELU/I/PSAL.2/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pasca Sarjana Dan Advance Learning | ||
Bagian/Prodi | |||
Urusan | |||
Jabatan | Direktur Pasca Sarjana Dan Advance Learning | ||
Kelompok Bidang | 1. Education |
||
Atasan Langsung |
1. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Telkom. |
||
Bawahan Langsung |
1. Kepala Bagian Yan Center Of E-Learning And Open Education. 2. Kepala Bagian Bang Content Center Of E-Learning And Open Education. 3. Kepala Bagian Pasca Sarjana Dan Kelas Internasional. 4. Kepala Bagian Pusat Bahasa. |
||
IKHTISAR JABATAN | Mengoordinasikan Rencana Strategis Pengembangan Dan Implementasi, Monitoring Dan Evaluasi, Serta Pengendalian Mutu Direktorat Pasca Sarjana Dan Advance Learning Dengan Pihak Internal (fakultas) Dan Eksternal (DIKTI) Yang Meliputi: Program Pasca Sarjana Dan Kelas Internasional, Center Of E-Learning And Open Education, Dan Bagian Pengembangan Pembelajaran, Serta Bagian Pusat Bahasa. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam mengkoordinasi rencana strategis pengembangan dan implementasi serta pengendalian mutu Direktorat Pasca Sarjana dan Advance Learning sehingga dapat mencapai efektivitas penyelenggaraan pendidikan. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Melakukan perencanaan strategis pengembangan Program Direktorat Pasca Sarjana dan Advance Learning, serta Mengoordinasikan pelaksanaannya; 2. Menjamin perencanaan, standarisasi, dan pengembangan mutu program Pasca Sarjana yang berkoordinasi dengan prodi S2 atau S3 fakultas; 3. Memimpin pengendalian dokumen mutu program Direktorat Pasca Sarjana dan Advanced Learning; 4. Menjamin terlaksananya penyelenggaraan pendidikan jarak jauh, program pengelolaan kelas internasional yang berkoordinasi dengan prodi S1 fakultas terkait, dan pengembangan pembelajaran; 5. Melakukan kajian proses formulasi kebijakan akademik berdasarkan hasil kajian terhadap perkembangan ilmu dan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dalam pencapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan; 6. Merumuskan tata kelola e-Learning dan open education atau long distance education; 7. Merumuskan regulasi yang berlaku pada program Studi Pasca Sarjana; 8. Merumuskan strategi dan program penjaminan mutu pada program Studi Pasca Sarjana; 9. Melakukan analisa dan evaluasi penyelenggaraan program Direktorat Pasca Sarjana dan Advanced Learning; 10. Melakukan evaluasi dan pengembangan metode pembelajaran; |
||
WEWENANG |
1. Menetapkan Strategi Akademik – Menentukan kebijakan strategis, arah pengembangan, dan implementasi program Pasca Sarjana dan Advanced Learning. 2. Standarisasi dan Mutu – Mengawasi standar akademik, menyetujui dokumen mutu, serta memastikan kepatuhan terhadap regulasi pendidikan. 3. Kebijakan Akademik – Merumuskan kebijakan berbasis kajian ilmiah dan mengarahkan pengembangan metode pembelajaran inovatif. 4. Kebijakan Akademik – Merumuskan kebijakan berbasis kajian ilmiah dan mengarahkan pengembangan metode pembelajaran inovatif. 5. Kebijakan Akademik – Merumuskan kebijakan berbasis kajian ilmiah dan mengarahkan pengembangan metode pembelajaran inovatif. 6. Evaluasi Program – Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program serta menetapkan langkah perbaikan. 7. Koordinasi – Berkoordinasi dengan fakultas, unit akademik, dan mitra eksternal dalam penyelenggaraan program. 8. Pelaporan – Melaporkan capaian dan evaluasi program secara berkala kepada Wakil Rektor Bidang Akademik. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Fakultas, Prodi, Direktorat | 1 . Koordinasi Proses Belajar Mengajar, Materi Ajar Dan Dosen Pengajar | ||
2 . Logistik | 1 . Fasiltas Belajar Mengajar Pascasarjana & Kelas Internasional | ||
3 . Keuangan | 1 . Penyerapan Anggaran | ||
4 . SPM | 1 . Pembentukan Prodi Baru Dan Akreditasi Program Pascasarjana | ||
5 . SDM | 1 . Pemenuhan Kebutuhan Dosen Untuk Prodi Baru | ||
6 . USBJJ | 1 . Kerjasama Untuk Program Jarak Jauh | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Perusahaan | 1 . Kelas Kerjasama Program Pascsarjana | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Pengembangan program studi Pascasarjana dan Program Pendidikan Jarak jauh seringkali terhalang dengan keterbatasan dosen pengajar; 2. Overlap otoritas antara PSAL dengan Prodi/Fakultas. 3. Terdapat pekerjaan yang bukan merupakan tugas dan tanggung jawab PSAL namun diminta untuk dilaksanakan sehingga seringkali disalahkan padahal kenyataan dilapangan wewenang dan sumber daya sangat terbatas. 4. Pengembangan infrastruktur pembelajaran daring yang sering kali harus melibatkan pihak luar 5. Keterbatasan sumber daya manusia di setiap unit di direktorat PSAL |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. Kegiatan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa pasca sarjana dengan jumlah target 3 2. Kegiatan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa PJJ dengan jumlah target 3 3. Kepuasan mahasiswa kelas internasional dengan persentase 80% 4. Rata-rata skor kepuasan mahasiswa pada Languange Center (LaC) berdasarkan LKMI 80% 5. Internal Customer Satisfaction Index sebesar 75% 6. Realibility perangkat PJJ 80% 7. Pengimplementasian pengembangan sistem dan layanan Celoe 8. Pengembangan microbachelor dengan jumlah 5 9. Implementasian bisnis untuk Return of Investment Celoe dengan jumlah 100 10. Sertifikasi dan pelatihan menggunakan uji kompetensi online bagi dosen baru di Tel U Bandung, Jakarta, dan Surabaya dengan persentase 50% 11. Kajian dan evaluasi PJJ Luar Negeri 12. Mahasiswa yang berasal dari negara USBJJ eksisting dengan jumlah 1 13. Evaluasi sistem pembelajaran S2 mengikuti standar prodi (IAPS 4.0) dengan persentase 100% 14. Peningkatan jumlah pendaftaran mahasiswa pasca sarjana dengan melakukan perbaikan sistem pengajaran (control) 15. Inbound pasca sarjana (fulltime) dengan jumlah 10 16. Jumlah mahasiswa pascasarjana program kemitraan dengan jumlah 40 17. Kerjasama baru student mobility dengan mitra internasional dengan jumlah 1 18. Mahasiswa kelas internasional tingkat akhir yang mengikuti Dual/Joint Degree (control) dengan persentase 5% 19. Mahasiswa kelas internasional yang mengikuti international outbound exchange (control) dengan persentase 17% 20. Program Branding/Event kelas internasional dengan jumlah 1 event 21. Jumlah mahasisiwa kelas internasional yang mengikuti program Internship di Multinasional Company 55 mahasiswa 22. Dosen, tenaga pengajar, atau tutor warga negara asing dengan jumlah 3 23. Jumlah pengguna layanan Languange Center (LaC) 12000 pengguna 24. Produk baru terkait bahasa untuk peningkatan pendapatan dengan jumlah 3 25. Kerjasama peningkatan performansi layanan dan pendapatan dengan jumlah 5 26. Jumlah pegawai yang mengikuti dan menuntaskan kewajiban peningkatan kompetensi SDM dengan jumlah 21 27. Kehadiran pegawai dengan persentase 98% 28. Jumlah PTPP yang berstatus open sejumlah 1 29. Ketetapan waktu penyediaan data KM dengan skor 100 30. Ketetapan waktu pengumpulan KM dengan skor 100 |
||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 6 | ||
2 | 6 | ||
3 | 6 | ||
4 | 6 | ||
5 | 6 | ||
6 | 6 | ||
7 | 6 | ||
8 | 6 | ||
9 | 6 | ||
10 | 6 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
