DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
013/AJ-TELU/III/PADM.2/2023 | 0 | 2025-01-09 | |
Direktorat/Fakultas | Pemasaran Dan Admisi | ||
Bagian/Prodi | |||
Urusan | |||
Jabatan | Direktur Pemasaran Dan Admisi | ||
Kelompok Bidang | 1. Marketing And Communication |
||
Atasan Langsung |
1. Wakil Rektor Bidang Admisi, Kemahasiswaan, Dan Alumni Universitas Telkom. |
||
Bawahan Langsung |
1. Kepala Bagian Layanan Admisi. 2. Kepala Bagian Admisi. 3. Kepala Bagian Riset Dan Pemasaran Digital. |
||
IKHTISAR JABATAN | Mengoordinasikan Dan Mengelola Strategi Dan Kebijakan Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Kegiatan Admisi, Pemasaran Dan Kerjasama Pendidikan Yang Meliputi Kegiatan Pemasaran, Kerja Sama Dengan Lembaga Pendidikan Lain, Seleksi Calon Mahasiswa. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam pengelolaan strategi dan kebijakan terkait kegiatan admisi, pemasaran dan kerja sama pendidikan di Universitas Telkom. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Merencanakan dan memimpin pelaksanaan program kerja kegiatan admisi yang meliputi kegiatan pemasaran, kerja sama, seleksi calon mahasiswa dan pengelolaan data dan pelayanan calon mahasiswa; 2. Melakukan koordinasi kegiatan admisi nasional dan kelas internasional serta kerjasama pendidikan dengan unit terkait; 3. Menentukan strategi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pemasaran dan admisi; 4. Merencanakan dan mengembangkan proses analisis data pemasaran (termasuk survey dan analisisnya); 5. Merumuskan rekomendasi keputusan pemasaran kegiatan admisi dan pelaksanaan seleksi calon mahasiswa berdasarkan analisis data; 6. Merencanakan dan mengembangkan basis data serta sistem informasi proses admisi dan pemasaran; 7. Merencanakan, mengelola, dan memelihara sumber daya bagian; 8. Melakukan koordinasi dengan unit terkait lainnya dalam menunjang pelaksanaan kegiatan Direktorat Admisi; dan 9. Membuat laporan kegiatan, dan performansi secara berkala kepada Wakil Rektor Bidang Admisi, Kemahasiswaan, dan Alumni. |
||
WEWENANG |
1. Berwenang memberikan dan menetapkan arahan strategis dalam kegiatan pemasaran dan admisi. 2. Berwenang dalam mengkoordinasikan kegiatan admisi untuk kelas nasional dan kelas internasional. 3. Berwenang melakukan evaluasi terhadap efektivitas strategi pemasaran dan admisi serta menetapkan langkah perbaikan atau inovasi berdasarkan hasil evaluasi dan analisis data. 4. Berwenang dalam perencanaan dan pengembangan sistem informasi serta basis data admisi dan pemasaran untuk mendukung proses digitalisasi, transparansi, dan efisiensi kerja. 5. Berwenang merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi sumber daya manusia serta penggunaan anggaran di Direktorat Pemasaran dan Admisi. 6. Berwenang melakukan koordinasi dengan Direktorat dan Fakultas dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pemasaran dan admisi. 7. Berwenang menyampaikan laporan serta capaian kerja kepada Wakil Rektor Bidang Admisi, Kemahasiswaan, dan Alumni. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Fakultas Dan Program Studi. | 1 . Konten Pemasaran, Rekomendasi Lulusan, Dan Informasi Registrasi. | ||
2 . Direktorat Keuangan | 1 . Kebijakan Pembayaran Biaya Pendidikan. | ||
3 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi | 1 . Registrasi Online, Pengajuan Undur Diri, Dan Dashboard Laporan Pemasaran. | ||
4 . Bagian SPM | 1 . Laporan Kegiatan SMB. | ||
5 . Bagian Standar Dan Layanan Akademik | 1 . Registrasi Online Dan Registrasi Onsite. | ||
6 . Direktorat Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, Dan Alumni | 1 . Beasiswa Mahasiswa Baru, Info PKKMB, Dan Info Asrama. | ||
7 . Tim Pembuat Soal | 1 . Pembuatan Soal Seleksi Mahasiswa. | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Institusi Pendidikan | 1 . Seleksi Mahasiswa Baru. | ||
2 . Komunitas, Pemerintah, Dan Industri | 1 . Sosialisasi SMB, Kerjasama Penjualan, Advertising, Penyelenggaraan Seleksi, Kerjasama Pendukung Kegiatan Seleksi, Sinergi Program Dan Sharing Informasi, Serta Branding. | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Keterbatasan sumber daya di Direktorat Pemasaran dan Admisi. 2. Persaingan PTN dan PTS kian kompetitif. 3. Konten yang harus kreatif. 4. Undir diri mahasiswa baru yang mempengaruhi pemenuhan kuota. |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
