DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
| IDENTIFIKASI | |||
|---|---|---|---|
| Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
| 294/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
| Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
| Bagian/Prodi | Pengembangan Produk TI | ||
| Urusan | Pengembangan TI Strategis | ||
| Jabatan | Quality Assurance | ||
| Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
| Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengembangan TI Strategis. |
||
| Bawahan Langsung | |||
| IKHTISAR JABATAN | Melakukan Pengujian Dan Serah Terima Terkait Perangkat Lunak Serta Memeriksa Standarisasi Terhadap Program Dan Skema Basis Data. | ||
| TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab melakukan pengujian dan serah terima terkait perangkat lunak serta memeriksa standarisasi terhadap program dan skema basis data sehingga dapat mendukung kelancaran proses teknologi informasi di Universitas Telkom. |
||
| URAIAN TUGAS |
1. Melakukan proses pengujian fungsionalitas terhadap perangkat lunak; 2. Melakukan serah terima perangkat lunak kepada end user; dan 3. Memeriksa standarisasi terhadap program yang dibuat programmer dan skema basis data serta query dalam database yang dibuat database. |
||
| WEWENANG |
1. Pengujian dan Validasi Sistem – Berwenang dalam melakukan pengujian fungsional dan non-fungsional untuk memastikan sistem atau aplikasi bekerja sesuai spesifikasi dan kebutuhan pengguna. 2. Penyusunan Standar Kualitas – Memiliki otoritas dalam menetapkan prosedur dan standar pengujian perangkat lunak, serta memastikan kepatuhan terhadap best practice industri. 3. Identifikasi dan Pelaporan Bug – Bertanggung jawab dalam mengidentifikasi, mencatat, dan mengelola temuan bug atau kesalahan sistem, serta mengkoordinasikan perbaikannya dengan tim pengembang 4. Otomatisasi Pengujian dan Optimasi Proses – Berwenang dalam mengembangkan skrip dan alat uji otomatis, guna meningkatkan efisiensi proses quality assurance 5. Pelaporan dan Rekomendasi Perbaikan – Menyusun laporan berkala terkait hasil pengujian, analisis risiko, serta rekomendasi peningkatan kualitas sistem dan perangkat lunak kepada manajemen |
||
| HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
| 1 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan 3 . Pengaturan Dan Koordinasi Resource | ||
| EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
| 1 . Pihak Eksternal Atas Sepersetujuan Dari Pimpinan | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
| MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia 2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan |
||
| INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. Pemenuhan dashboard IKU perguruan tinggi dengan persentase 100% 2. Penyelesaian satudata sesuai timeline dengan persentase 100% 3. Supper app sesuai Timeline 4. Redevelopment aplikasi OBE dengan persentase 100% 5. Penyesuaian aplikasi sirama dengan persentase 100% |
||
| NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
| 1 | 3 | ||
| SPESIFIKASI JABATAN | |||
| STRUKTUR ORGANISASI | |||