DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
| IDENTIFIKASI | |||
|---|---|---|---|
| Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
| 291/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
| Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
| Bagian/Prodi | Pengembangan Produk TI | ||
| Urusan | Pengembangan TI Strategis | ||
| Jabatan | System Analyst | ||
| Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
| Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengembangan TI Strategis. |
||
| Bawahan Langsung | |||
| IKHTISAR JABATAN | Mengumpulkan Dan Melaksanakan Analisa Terkait Pengembangan Teknologi Informasi (TI) Strategis. | ||
| TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Mengumpulkan dan melaksanakan analisa terkait pengembangan Teknologi Informasi (TI) strategis sehingga dapat mendukung kelancaran teknologi informasi di Universitas Telkom. |
||
| URAIAN TUGAS |
1. Melakukan analisa terhadap sistem atau aplikasi pengembangan Teknologi Informasi (TI) strategis agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement; 2. Melakukan analisa perbaikan atau penyesuaian terhadap framework yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak Teknologi Informasi (TI) strategis; dan 3. Memilih dan mengumpulkan hasil coding setiap fitur aplikasi setelah test dilakukan untuk melakukan merge code antara development dan production pada pengembangan Teknologi Informasi (TI) strategis. |
||
| WEWENANG |
1. Analisis dan Perancangan Sistem – Berwenang dalam menganalisis kebutuhan bisnis, merancang arsitektur sistem, serta mengembangkan solusi teknologi informasi untuk mendukung proses operasional organisasi 2. Koordinasi dengan Tim Pengembang dan Pemangku Kepentingan – Memiliki otoritas dalam berkomunikasi dengan pengguna, tim pengembang, dan manajemen guna memastikan sistem yang dikembangkan sesuai kebutuhan 3. Evaluasi dan Optimasi Kinerja Sistem – Bertanggung jawab dalam melakukan pengujian sistem, analisis performa, serta memberikan rekomendasi peningkatan dan perbaikan sistem informasi 4. Dokumentasi dan Standarisasi Proses – Berwenang dalam membuat dokumentasi sistem, diagram alur kerja, serta standar pengembangan dan implementasi sistem TI 5. Pelaporan dan Rekomendasi Strategis – Menyusun laporan berkala terkait efektivitas sistem, hasil analisis kebutuhan, serta strategi pengembangan sistem TI di masa depan untuk mendukung keputusan manajemen |
||
| HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
| 1 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan 3 . Analisis Terhadap Proses Bisnis | ||
| EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
| 1 . Pihak Eksternal Atas Sepersetujuan Dari Pimpinan | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
| MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia 2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan 3. Komunikasi tim dalam pendistribusian hasil analisa |
||
| INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. Pemenuhan dashboard IKU perguruan tinggi dengan persentase 100% 2. Penyelesaian satudata sesuai timeline dengan persentase 100% 3. Supper app sesuai Timeline 4. Redevelopment aplikasi OBE dengan persentase 100% 5. Penyesuaian aplikasi sirama dengan persentase 100% |
||
| NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
| 1 | 3 | ||
| 2 | 3 | ||
| 3 | 3 | ||
| 4 | 3 | ||
| 5 | 3 | ||
| SPESIFIKASI JABATAN | |||
| STRUKTUR ORGANISASI | |||