DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
132/AJ-TELU/0/PUTI.4/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Pengembangan Produk TI | ||
Urusan | Pengembangan TI Strategis | ||
Jabatan | Kepala Urusan | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Bagian Pengembangan Produk TI. |
||
Bawahan Langsung |
1. System Analyst Pengembangan TI Strategis. 2. Front-End Programmer Pengembangan TI Strategis. 3. Back-End Programmer Pengembangan TI Strategis. 4. Quality Assurance Pengembangan TI Strategis. 5. Technical Writer Pengembangan TI Strategis. 6. Database Management Pengembangan TI Strategis. |
||
IKHTISAR JABATAN | Mengalokasikan Dan Mengelola Seluruh Resource Dalam Proses Pengembangan Sistem Atau Aplikasi | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam pengalokasikan dan pengelolaan seluruh resource dalam proses pengembangan sistem atau aplikasi sehingga dapat mendukung kelancaran teknologi informasi di Universitas Telkom. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Menganalisa permintaan sistem atau aplikasi yang masuk; 2. Mengalokasikan resource yang diperlukan untuk pengembangan suatu sistem atau aplikasi; 3. Menjadi resource pool, yang mengelola seluruh resource internal dalam proses pengembangan sistem atau aplikasi, termasuk untuk pengembangan sistem atau aplikasi untuk internal; 4. Resource terdiri dari front-end programmer, back-end programmer, quality assurance, dan technical writer; dan 5. Menjaga integritas seluruh database yang dimiliki oleh universitas. |
||
WEWENANG |
1. Perencanaan dan Implementasi Strategi TI – Berwenang dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan strategi teknologi informasi yang selaras dengan visi dan misi institusi 2. Analisis Tren dan Inovasi Teknologi – Memiliki otoritas dalam mengidentifikasi tren TI terbaru, melakukan analisis dampak, serta mengusulkan inovasi teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing institusi 3. Koordinasi dengan Unit dan Stakeholder – Bertanggung jawab dalam berkolaborasi dengan berbagai unit kerja, manajemen, dan mitra eksternal guna memastikan pengembangan TI berjalan sesuai rencana strategis 4. Manajemen Risiko dan Keamanan TI – Berwenang dalam menyusun kebijakan mitigasi risiko TI, memastikan kepatuhan terhadap regulasi keamanan data, serta mengawasi implementasi teknologi yang aman dan andal 5. Evaluasi dan Pelaporan Implementasi Strategis – Menyusun laporan berkala terkait pencapaian strategis TI, efektivitas implementasi teknologi, serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk pengambilan keputusan manajemen |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan 3 . Analisis Terhadap Proses Bisnis | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Pihak Eksternal Atas Sepersetujuan Dari Pimpinan | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia 2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. Pemenuhan dashboard IKU perguruan tinggi dengan persentase 100% 2. Penyelesaian satudata sesuai timeline dengan persentase 100% 3. Supper app sesuai Timeline 4. Redevelopment aplikasi OBE dengan persentase 100% 5. Penyesuaian aplikasi sirama dengan persentase 100% |
||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 4 | ||
2 | 4 | ||
3 | 4 | ||
4 | 4 | ||
5 | 4 | ||
6 | 4 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
