DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
271/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Riset Dan Layanan TI | ||
Urusan | Riset TI | ||
Jabatan | Back-End Programmer | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Riset TI. |
||
Bawahan Langsung | |||
IKHTISAR JABATAN | Melakukan Penerjemahan, Perancangan ERD, Serta Pengaksesan DM Dan Deployment DB Terkait Proses Bisnis. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam penerjemahan, perancangan, dan pengaksesan DM dan deployment DB sehingga dapat memudahkan dalam kegiatan proses bisnis. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Menerjemahkan proses bisnis yang disampaikan oleh SA dan TW; 2. Melakukan akses pada Database Management (DM) atau database link (DB link) dan deployment database; 3. Merancang Entity Relationship Diagram (ERD) pada proses bisnis; dan 4. Membuat proses bisnis pada back-end untuk menghasilkan Application Programming Interface (API) yang dibutuhkan. |
||
WEWENANG |
1. Pengembangan dan Pemeliharaan Server-Side – Berwenang dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara logika server-side, termasuk API dan database untuk mendukung aplikasi web dan mobile. 2. Manajemen Database dan Integrasi Data – Memiliki otoritas dalam mengelola database, merancang skema data, serta mengoptimalkan query untuk meningkatkan efisiensi sistem. 3. Keamanan dan Autentikasi Sistem – Bertanggung jawab dalam menerapkan mekanisme keamanan, autentikasi, dan otorisasi pengguna, guna melindungi data dan aplikasi dari ancaman siber. 4. Optimasi Kinerja dan Skalabilitas – Berwenang dalam mengoptimalkan performa server, memastikan aplikasi berjalan dengan lancar, serta dapat menangani lonjakan trafik dengan efisien. 5. Kolaborasi dengan Tim Front-End dan DevOps – Bekerja sama dengan front-end developer untuk integrasi API, serta tim DevOps untuk deployment dan pemeliharaan infrastruktur aplikasi. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Unit Direktorat Lain, Fakultas; | 1 . Permintaan Hosting, Control Panel Hosting, CMS, Subdomain, Dan Perubahan Subdomain, Serta Penggunaan Lisensi Berbayar; | ||
2 . Service Desk; | 1 . Tiketing, Account GAFE, Lisensi Berbayar; | ||
3 . ISTI; | 1 . Konfigurasi Server, Hak Akses Server, Routing Jaringan Aplikasi, Port, Scan Keamanan Dan Malware, Kebutuhan SDM; | ||
4 . SPS. | 1 . Pengelolaan Web Utama Dan Standar Konten | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Pihak Luar Yang Ditentukan. | 1 . Permintaan Data | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Apabila ada pertambahan plugin baru di website yang diluar kewenangan konten tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, akan mengakibatkan pada performansi website yang menurunkan standar performansi (GTMetric); 2. Perubahan PIC pengelola website di unit lain menyebabkan info manajemen konten tidak tersampaiakan ke staf pengganti. |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. Pemenuhan layanan user education dengan jumlah 4 2. Sertifikasi ISO 27001 terlaksana 3. Surveillance ISO 20000 dengan jumlah 1 4. Audit internal ISO 21000, 20000, dan 27001 jumlah 2 5. Video baru di 2024 untuk user education layanan TI dengan jumlah 1 6. Persen teknologi (aplikasi dll) yang didaftarkan HKI di 2024 dengan persentase 30% |
||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 3 | ||
2 | 3 | ||
3 | 3 | ||
4 | 3 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
