DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
266/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Riset Dan Layanan TI | ||
Urusan | Pengelolaan Konten Dan Sumber Daya TI | ||
Jabatan | Staf Content Management | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengelolaan Konten Dan Sumber Daya TI. |
||
Bawahan Langsung | |||
IKHTISAR JABATAN | Melakukan Pengecekan Rutin Dan Memantau Ketersedian Terhadap Layanan Teknologi Informasi, Subdomain, Website, Blog, Dan Lisensi Berbayar. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam pengecekan terhadap teknologi informasi, subdomain, website, blog, dan lisensi berbayar. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Melakukan pengecekan rutin terhadap layanan teknologi informasi, subdomain, website, dan blog untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang mempengaruhi kinerja situs atau aplikasi; 2. Memantau ketersediaan dan kualitas layanan teknologi informasi, subdomain, website, blog, dan lisensi berbayar, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan layanan; dan 3. Menerapkan praktik terbaik dalam webometric untuk meningkatkan kinerja website organisasi dan mengoptimalkan pengalaman pengguna. |
||
WEWENANG |
1. Pengelolaan Konten Digital – Berwenang dalam mengelola, memperbarui, dan memastikan konten digital sesuai standar kualitas dan kebutuhan organisasi. 2. Penyusunan dan Publikasi Konten – Memiliki otoritas dalam menyusun, mengedit, dan menerbitkan konten pada platform digital, termasuk website dan sistem informasi. 3. Monitoring dan Optimasi Konten – Bertanggung jawab dalam memantau performa konten, menganalisis efektivitas, serta mengusulkan optimasi berdasarkan tren dan kebutuhan pengguna. 4. Koordinasi dengan Tim Terkait – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim pengembang, desain, dan komunikasi untuk memastikan strategi manajemen konten berjalan optimal. 5. Pelaporan dan Dokumentasi – Menyusun laporan berkala terkait pengelolaan konten, efektivitas distribusi, dan rekomendasi perbaikan untuk disampaikan kepada atasan langsung. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Direktorat & Fakultas | 1 . Permintaan Hosting, Control Panel Hosting, CMS, Subdomain, Dan Perubahan Subdomain, Serta Penggunaan Lisensi Berbayar | ||
2 . Service Desk | 1 . Tiketing, Account GAFE, Lisensi Berbayar | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Pihak Luar Yang Ditentukan | 1 . Permintaan Data | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Apabila ada pertambahan plugin baru di website yang diluar kewenangan konten tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, akan mengakibatkan pada performansi website yang menurunkan standar performansi (GTMetric) 2. Perubahan PIC pengelola website di unit lain menyebabkan info manajemen konten tidak tersampaiakan ke staf pengganti |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. Pemenuhan layanan user education dengan jumlah 4 2. Sertifikasi ISO 27001 terlaksana 3. Surveillance ISO 20000 dengan jumlah 1 4. Audit internal ISO 21000, 20000, dan 27001 jumlah 2 5. Video baru di 2024 untuk user education layanan TI dengan jumlah 1 6. Persen teknologi (aplikasi dll) yang didaftarkan HKI di 2024 dengan persentase 30% |
||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 3 | ||
2 | 3 | ||
3 | 3 | ||
4 | 3 | ||
5 | 3 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
