DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
266/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Pusat Teknologi Informasi
Bagian/Prodi Riset Dan Layanan TI
Urusan Pengelolaan Konten Dan Sumber Daya TI
Jabatan Staf Content Management
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Pengelolaan Konten Dan Sumber Daya TI.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Melakukan Pengecekan Rutin Dan Memantau Ketersedian Terhadap Layanan Teknologi Informasi, Subdomain, Website, Blog, Dan Lisensi Berbayar.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pengecekan terhadap teknologi informasi, subdomain, website, blog, dan lisensi berbayar.
Uraian Tugas
1. Melakukan pengecekan rutin terhadap layanan teknologi informasi, subdomain, website, dan blog untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang mempengaruhi kinerja situs atau aplikasi;
2. Memantau ketersediaan dan kualitas layanan teknologi informasi, subdomain, website, blog, dan lisensi berbayar, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan layanan; dan
3. Menerapkan praktik terbaik dalam webometric untuk meningkatkan kinerja website organisasi dan mengoptimalkan pengalaman pengguna.
Wewenang
1. Pengelolaan Konten Digital – Berwenang dalam mengelola, memperbarui, dan memastikan konten digital sesuai standar kualitas dan kebutuhan organisasi.
2. Penyusunan dan Publikasi Konten – Memiliki otoritas dalam menyusun, mengedit, dan menerbitkan konten pada platform digital, termasuk website dan sistem informasi.
3. Monitoring dan Optimasi Konten – Bertanggung jawab dalam memantau performa konten, menganalisis efektivitas, serta mengusulkan optimasi berdasarkan tren dan kebutuhan pengguna.
4. Koordinasi dengan Tim Terkait – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim pengembang, desain, dan komunikasi untuk memastikan strategi manajemen konten berjalan optimal.
5. Pelaporan dan Dokumentasi – Menyusun laporan berkala terkait pengelolaan konten, efektivitas distribusi, dan rekomendasi perbaikan untuk disampaikan kepada atasan langsung.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat & Fakultas
1 . Permintaan Hosting, Control Panel Hosting, CMS, Subdomain, Dan Perubahan Subdomain, Serta Penggunaan Lisensi Berbayar
2 . Tiketing, Account GAFE, Lisensi Berbayar
2 . Service Desk
1 . Permintaan Hosting, Control Panel Hosting, CMS, Subdomain, Dan Perubahan Subdomain, Serta Penggunaan Lisensi Berbayar
2 . Tiketing, Account GAFE, Lisensi Berbayar
Eksternal Dalam Hal
1 . Pihak Luar Yang Ditentukan
1 . Permintaan Data
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Apabila ada pertambahan plugin baru di website yang diluar kewenangan konten tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, akan mengakibatkan pada performansi website yang menurunkan standar performansi (GTMetric)
2. Perubahan PIC pengelola website di unit lain menyebabkan info manajemen konten tidak tersampaiakan ke staf pengganti
Indikator Keberhasilan 1. Pemenuhan layanan user education dengan jumlah 4
2. Sertifikasi ISO 27001 terlaksana
3. Surveillance ISO 20000 dengan jumlah 1
4. Audit internal ISO 21000, 20000, dan 27001 jumlah 2
5. Video baru di 2024 untuk user education layanan TI dengan jumlah 1
6. Persen teknologi (aplikasi dll) yang didaftarkan HKI di 2024 dengan persentase 30%
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Content Strategy & Planning3Mampu menjalankan prosedur Content Strategy & Planning yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Content Strategy & Planning dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Content Strategy & Planning.
2Content Design3Mampu menjalankan prosedur Content Design yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Content Design dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Content Design.
3Digital Content Editorial3Mampu menjalankan prosedur Digital Content Editorial yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Digital Content Editorial dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Digital Content Editorial.
4Web, Product & Campaign Analytics3Mampu menjalankan prosedur Web, Product & Campaign Analytics yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Web, Product & Campaign Analytics dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Web, Product & Campaign Analytics.
5Content Management3Mampu menjalankan prosedur Content Management yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Content Management dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Content Management.
STRUKTUR ORGANISASI