DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
274/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Infrastruktur TI | ||
Urusan | Infrastruktur Jaringan TI | ||
Jabatan | Network Engineer TULT | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Infrastruktur Jaringan TI. |
||
Bawahan Langsung | |||
IKHTISAR JABATAN | Membantu Implementasi, Memonitor, Dan Menganalisa Seluruh Fungsi Pada Infrastruktur Jaringan TI TULT. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam membantu, memonitor, dan menganalisa seluruh fungsi pada infrastruktur jaringan TI TULT agar tetap bisa digunakan oleh user. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Mendukung pengembangan strategis terhadap layanan teknologi informasi agar teknologi pada Telkom University Landmark Tower (TULT) selalu terbarukan dan sesuai dengan yang diharapkan; 2. Mendukung layanan teknologi informasi pada Telkom University Landmark Tower (TULT) agar tetap bisa digunakan oleh user; 3. Membantu analisa performansi server pada Telkom University Landmark Tower (TULT) untuk autentikasi, middleware, eduroam serta melakukan backup atau recovery secara berkala guna antisipasi apabila ada gangguan yang tidak diinginkan; 4. Mendukung fungsi network atau firewall colocation atau Virtual Private Server (VPS) pada Telkom University Landmark Tower (TULT) agar layanan bisa digunakan oleh user; 5. Mendukung kondisi semua perangkat teknologi informasi seperti router, firewall, server network, switch, access point, Radio Frequency Identification (RFID) di area Telkom University Landmark Tower (TULT) agar berfungsi dengan baik; 6. Mendukung kinerja catuan power serta suhu ruangan network center pada Telkom University Landmark Tower (TULT) agar tetap terkontrol dan perangkat-perangkat selalu berfungsi; 7. Membantu proses pemeriksaan dan perbaikan atas adanya incident atau gangguan atau permasalahan pada Telkom University Landmark Tower (TULT) serta mendukung perubahan dimana apabila terjadi incident atau gangguan atau permasalahan harus didokumentasikan agar mudah dalam menganalisa dan tracing; 8. Membantu implementasi saran untuk keamanan, kerahasiaan dan perlindungan data pada Telkom University Landmark Tower (TULT) agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab; 9. Membantu perencanaan pemilihan perangkat oleh pemasok, negosiasi pengadaan, mengevaluasi kinerja selama kontrak berlangsung dan menilainya, serta menjalin komunikasi dengan pemasok agar tetap diberikan support layanan; dan 10. Membantu membuat perencanaan dan mengevaluasi kebutuhan kapasitas pengembangan network pada Telkom University Landmark Tower (TULT) sehingga dapat memprediksi tumbuh kembang dari teknologi tersebut. |
||
WEWENANG |
1. Perancangan dan Implementasi Jaringan – Berwenang dalam merancang, mengkonfigurasi, dan mengimplementasikan infrastruktur jaringan, termasuk LAN, WAN, dan Wi-Fi untuk memastikan konektivitas yang optimal. 2. Monitoring dan Pemeliharaan Jaringan – Memiliki otoritas dalam memantau performa jaringan, mendeteksi gangguan, serta melakukan troubleshooting untuk memastikan ketersediaan layanan jaringan yang stabil. 3. Keamanan Jaringan dan Manajemen Risiko – Bertanggung jawab dalam menerapkan protokol keamanan jaringan, mengidentifikasi potensi ancaman, serta mengembangkan solusi mitigasi risiko serangan siber. 4. Koordinasi dengan Tim TI dan Vendor – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim internal dan penyedia layanan eksternal untuk optimalisasi infrastruktur jaringan serta peningkatan kapasitas dan skalabilitas sistem. 5. okumentasi dan Pelaporan – Menyusun laporan teknis terkait konfigurasi jaringan, hasil pemantauan, insiden jaringan, serta rekomendasi peningkatan infrastruktur TI kepada atasan langsung. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Atasan Langsung | 1 . Koordinasi Dan Pengarahan | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. gangguan koneksi, kemacetan trafik, serta keterbatasan bandwidth yang dapat menghambat operasional bisnis. |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. % of Cls mapped onto IT services in the CMDB (terkait layanan inti) dengan persentase 90% 2. % of Cls include in capacity planning (Terkait layanan inti) dengan persentase 90% 3. Integrasi jaringan Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 70% |
||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 3 | ||
2 | 3 | ||
3 | 3 | ||
4 | 3 | ||
5 | 3 | ||
6 | 3 | ||
7 | 3 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
