DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
008/AJ-TELU/I/AKD.2/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Akademik | ||
Bagian/Prodi | |||
Urusan | |||
Jabatan | Direktur Akademik | ||
Kelompok Bidang | 1. Academic Administration 2. Business Planning And Operations 3. Education |
||
Atasan Langsung |
1. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Telkom. |
||
Bawahan Langsung |
1. Kepala Bagian Standar Dan Layanan Akademik. 2. Kepala Bagian Pengembangan Akademik. 3. Kepala Bagian Open Library. |
||
IKHTISAR JABATAN | Mengelola Dan Mengoordinasikan Penyusunan Rencana Strategis, Implementasi, Monitoring, Dan Evaluasi Seluruh Kegiatan Administrasi Akademik, Program Perkuliahan Dasar Umum Institusi, Program Siap Kerja, Program Merdeka Belajar, Dan Pengelolaan Bahan Pustaka. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam mengelola dan mengoordinasi rencana strategis, implementasi, dan evaluasi seluruh kegiatan akademik agar berjalan dengan baik di Universitas Telkom. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Mengelola dan mengoordinasikan penyusunan rencana strategis, pengawasan, evaluasi, penilaian kinerja, dan pelaporan seluruh kegiatan terkait open library, administrasi akademik dan program perkuliahan dasar umum institusi, sesuai dengan standar mutu layanan akademik dan open library; 2. Mengelola dan mengoordinasikan formulasi kebijakan Pendidikan, kebijakan sumber daya keilmuan dan perpustakaan yang telah disusun dengan pihak-pihak terkait; 3. Melakukan koordinasi pelaksanaan perkuliahan dan ujian, geladi, mentoring, magang, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan penyediaan jenis dan bahan pustaka dengan program studi dan unit terkait lainnya; 4. Menentukan target dan evaluasi pelaksanaan kegiatan administrasi akademik dan layanan pustaka 5. Memastikan ketersediaan sarana dan prasarana untuk kegiatan belajar mengajar, perkuliahan bersama, serta pelayanan sumber daya keilmuan dan perpustakaan; 6. Melakukan koordinasi dengan program studi dalam hal perbaikan kurikulum dan pengembangan sumber daya keilmuan dan perpustakaan; 7. Mengelola proses wisuda, berkoordinasi dengan Direktorat Sekretariat dan Perencanaan Strategis; 8. Mengelola dan memelihara data performansi akademik dan open library; 9. Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi sistim pendidikan dengan dasar keilmuan yang kuat, bersinergi antar disiplin ilmu, berwawasan kewirausahaan dan berorientasi global (global innovative entrepreneurial education system); 10. Melakukan koordinasi dengan unit terkait lainnya dalam menunjang pelaksanaan kegiatan Direktorat Akademik; dan 11. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Wakil Rektor Bidang Akademik. |
||
WEWENANG | |||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA | |||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
