DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
277/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Pusat Teknologi Informasi
Bagian/Prodi Infrastruktur TI
Urusan Pusat Data
Jabatan Sysadmin Cloud
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Pusat Data.
Bawahan Langsung
IKHTISAR JABATAN Membantu Implementasi, Analisa, Dan Pemeriksaan Seluruh Infrastruktur Pada Cloud.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam membantu implementasi, analisa, dan pemeriksaan infrastruktur pada cloud agar teknologi selalu terbarukan dan sesuai dengan yang diharapkan.
URAIAN TUGAS
1. Membantu implementasi pengembangan strategis terhadap layanan teknologi informasi pada cloud agar teknologi selalu terbarukan dan sesuai dengan yang diharapkan;
2. Membantu proses analisa hingga peningkatan fungsi layanan teknologi informasi pada cloud agar tetap bisa digunakan oleh user;
3. Mendukung analisa performansi server dan melakukan backup atau recovery apabila sewaktu-waktu terdapat data yang hilang pada cloud;
4. Membantu alokasi fungsi colocation atau Virtual Private Server (VPS) pada cloud agar layanan tetap bisa digunakan oleh user;
5. Membantu implementasi atas kondisi server nutanix maupun bare metal pada cloud;
6. Mendukung monitor dan analisa kinerja catuan power serta suhu ruangan data center pada cloud sehingga tetap terkontrol dan perangkat-perangkat selalu berfungsi;
7. Membantu pemeriksaan atas adanya incident atau gangguan atas permasalahan pada cloud serta melakukan perubahan dimana apabila terjadi incident atau gangguan atau permasalahan harus didokumentasikan agar mudah dalam menganalisa dan tracing;
8. Mendukung implementasi saran dan keamanan, kerahasiaan dan perlindungan data pada cloud agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab;
9. Mendukung perencanaan pemilihan perangkat oleh pemasok, negosiasi pengadaan, mengevaluasi kinerja pada cloud selama kontrak berlangsung dan menilainya, serta menjalin komunikasi dengan pemasok agar tetap diberikan support layanan; dan
10. Membantu proses implementasi dan peningkatan rilis aplikasi pada cloud yang sudah dilakukan tes dari sisi keamanan sehingga ketika rilis tidak terdapat bug atau celah.
WEWENANG
1. Manajemen Infrastruktur Cloud – Berwenang dalam mengelola, mengonfigurasi, dan memastikan kinerja infrastruktur cloud, termasuk public, private, dan hybrid cloud
2. Monitoring dan Pemeliharaan Sistem Cloud – Memiliki otoritas dalam memantau kinerja layanan cloud, melakukan troubleshooting, serta memastikan uptime sistem yang optimal
3. Keamanan dan Backup Data – Bertanggung jawab dalam menerapkan kebijakan keamanan cloud, enkripsi data, serta mengelola sistem backup dan pemulihan guna menjaga integritas dan ketersediaan data
4. Optimasi Skalabilitas dan Resource Cloud – Berwenang dalam mengalokasikan sumber daya cloud secara efisien, memastikan skalabilitas sistem untuk mendukung pertumbuhan organisasi
5. Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Cloud – Menyusun laporan berkala terkait kinerja sistem cloud, penggunaan sumber daya, serta rekomendasi pengembangan infrastruktur cloud kepada atasan langsung
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Atasan Langsung
1 . Koordinasi Persetujuan
2 . Bawahan Langsung
1 . Koordinasi Dan Arahan
3 . Antar Unit
1 . Tiket Igracias, Layanan Igracias
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . Antar Direktorat
1 . Layanan Colocation/vps, Negosiasi
2 . Supplier
1 . Komunikasi
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Transformasi Digital dan Adaptasi Teknologi Baru
2. Manajemen dan Pemeliharaan Infrastruktur
3. Efisiensi Energi dan Biaya Operasional
INDIKATOR KEBERHASILAN 1. % of Cls mapped onto IT services in the CMDB (terkait layanan inti) dengan persentase 90%
2. % of Cls include in capacity planning (Terkait layanan inti) dengan persentase 90%
3. Integrasi jaringan Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 70%
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
STRUKTUR ORGANISASI