DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
| IDENTIFIKASI | |||
|---|---|---|---|
| Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
| 283/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
| Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
| Bagian/Prodi | Pengembangan Produk TI | ||
| Urusan | Pengembangan Produk TI Non-Akademik | ||
| Jabatan | Technical Writer | ||
| Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
| Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengembangan Produk TI Non-Akademik. |
||
| Bawahan Langsung | |||
| IKHTISAR JABATAN | Membuat, Menyiapkan Dan Melakukan Terkait Aplikasi Pengembangan Produk Teknologi Informasi (TI) Non-akademik. | ||
| TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses dokumentasi aplikasi pengembangan Teknologi Informasi non-akademik sehingga dapat mendukung kelancaran teknologi informasi di Universitas Telkom. |
||
| URAIAN TUGAS |
1. Melakukan requirement gathering, mendokumentasikan desain aplikasi dan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak pada pengembangan produk jaringan Teknologi Informasi (TI) non-akademik; 2. Menyiapkan rapat progres aplikasi agar hasilnya bisa terdokumentasi dalam risalah rapat pengembangan produk Teknologi Informasi (TI) non-akademik; dan 3. Membuat dokumen akhir berupa dokumen teknis dan user manual. |
||
| WEWENANG |
1. Penyusunan Dokumentasi Teknis – Berwenang dalam membuat, mengelola, dan memperbarui dokumentasi teknis, termasuk manual pengguna, panduan instalasi, serta dokumentasi sistem dan API 2. Standarisasi dan Konsistensi Informasi – Memiliki otoritas dalam menyusun pedoman dan standar dokumentasi, guna memastikan informasi teknis mudah dipahami dan konsisten di seluruh organisasi 3. Kolaborasi dengan Tim TI dan Pengembang – Bertanggung jawab dalam berkomunikasi dengan tim pengembang, administrator sistem, dan engineer untuk mendapatkan informasi teknis yang akurat dan terkini 4. Penyusunan Panduan dan Manual Pengguna – Berwenang dalam menulis dan merancang manual pengguna serta tutorial teknis, untuk membantu pengguna dalam memahami dan menggunakan sistem atau perangkat lunak 5. Evaluasi dan Peningkatan Dokumentasi – Memantau efektivitas dokumentasi yang telah dibuat, menerima umpan balik dari pengguna, serta melakukan revisi dan perbaikan sesuai dengan perkembangan teknologi |
||
| HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
| 1 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan 3 . Pengaturan Dan Koordinasi Resource | ||
| EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
| 1 . Pihak Ekternal Atas Sepertujuan Dari Pimpinan | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API | ||
| 2 . YPT | 1 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
| MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia 2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan |
||
| INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. Persen request terkait aplikasi diterima, disetujui, dan terpenuhi dengan persentase 80% 2. Persen entities dengan data redundancies dalam rangka rancangan database (teknis) dengan persentase 0% 3. Kilo Lines of Code per individu per Month sebesar 2 KLOC/month-ind 4. Persen data master yang tercover pada proyek penyatuan TUNC Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 80% 5. Kerjasama pengembangan layanan sejumlah 1 |
||
| NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
| 1 | 3 | ||
| 2 | 3 | ||
| 3 | 3 | ||
| 4 | 3 | ||
| SPESIFIKASI JABATAN | |||
| STRUKTUR ORGANISASI | |||