DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
283/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Pengembangan Produk TI | ||
Urusan | Pengembangan Produk TI Non-Akademik | ||
Jabatan | Technical Writer | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengembangan Produk TI Non-Akademik. |
||
Bawahan Langsung | |||
Ikhtisar Jabatan | Membuat, Menyiapkan Dan Melakukan Terkait Aplikasi Pengembangan Produk Teknologi Informasi (TI) Non-akademik. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses dokumentasi aplikasi pengembangan Teknologi Informasi non-akademik sehingga dapat mendukung kelancaran teknologi informasi di Universitas Telkom. |
||
Uraian Tugas |
1. Melakukan requirement gathering, mendokumentasikan desain aplikasi dan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak pada pengembangan produk jaringan Teknologi Informasi (TI) non-akademik; 2. Menyiapkan rapat progres aplikasi agar hasilnya bisa terdokumentasi dalam risalah rapat pengembangan produk Teknologi Informasi (TI) non-akademik; dan 3. Membuat dokumen akhir berupa dokumen teknis dan user manual. |
||
Wewenang |
1. Penyusunan Dokumentasi Teknis – Berwenang dalam membuat, mengelola, dan memperbarui dokumentasi teknis, termasuk manual pengguna, panduan instalasi, serta dokumentasi sistem dan API 2. Standarisasi dan Konsistensi Informasi – Memiliki otoritas dalam menyusun pedoman dan standar dokumentasi, guna memastikan informasi teknis mudah dipahami dan konsisten di seluruh organisasi 3. Kolaborasi dengan Tim TI dan Pengembang – Bertanggung jawab dalam berkomunikasi dengan tim pengembang, administrator sistem, dan engineer untuk mendapatkan informasi teknis yang akurat dan terkini 4. Penyusunan Panduan dan Manual Pengguna – Berwenang dalam menulis dan merancang manual pengguna serta tutorial teknis, untuk membantu pengguna dalam memahami dan menggunakan sistem atau perangkat lunak 5. Evaluasi dan Peningkatan Dokumentasi – Memantau efektivitas dokumentasi yang telah dibuat, menerima umpan balik dari pengguna, serta melakukan revisi dan perbaikan sesuai dengan perkembangan teknologi |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan 3 . Pengaturan Dan Koordinasi Resource | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Pihak Ekternal Atas Sepertujuan Dari Pimpinan | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
2 . YPT | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia 2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan |
||
Indikator Keberhasilan |
1. Persen request terkait aplikasi diterima, disetujui, dan terpenuhi dengan persentase 80% 2. Persen entities dengan data redundancies dalam rangka rancangan database (teknis) dengan persentase 0% 3. Kilo Lines of Code per individu per Month sebesar 2 KLOC/month-ind 4. Persen data master yang tercover pada proyek penyatuan TUNC Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 80% 5. Kerjasama pengembangan layanan sejumlah 1 |
||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Service Design | 3 | Mampu merencanakan dan mengatur orang, infrastruktur, komunikasi dan komponen material layanan, dalam rangka meningkatkan kualitas, interaksi antara service provider dan pelanggan, serta customer experience. |
2 | Creative Design | 3 | Mampu menjalankan prosedur Creative Design yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Creative Design dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Creative Design. |
3 | Digital Content Editorial | 3 | Mampu menjalankan prosedur Digital Content Editorial yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Digital Content Editorial dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Digital Content Editorial. |
4 | Content Management | 3 | Mampu menjalankan prosedur Content Management yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Content Management dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Content Management. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
