DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
074/AJ-TELU/III/PADM.3/2023 | 0 | 2025-01-09 | |
Direktorat/Fakultas | Pemasaran Dan Admisi | ||
Bagian/Prodi | Admisi | ||
Urusan | |||
Jabatan | Kepala Bagian | ||
Kelompok Bidang | 1. Marketing And Communication |
||
Atasan Langsung |
1. Direktur Pemasaran Dan Admisi. |
||
Bawahan Langsung |
1. Kepala Urusan Admisi Nasional. 2. Kepala Urusan Admisi Pasca Sarjana, Pendidikan Jarak Jauh, Dan Kelas Internasional. |
||
IKHTISAR JABATAN | Mengelola Dan Mengoordinasi Kegiatan Proses Admisi Nasional, Pasca Sarjana, Pendidikan Jarak Jauh, Dan Kelas Internasional. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses kegiatan admisi nasional sehingga dapat mendukung proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Telkom. 2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses kegiatan admisi pasca sarjana, pendidikan jarak jauh, dan internasional sehingga dapat mendukung proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Telkom. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Mengelola kerjasama pemasaran untuk menunjang proses admisi; 2. Mengoordinasikan dan mengelola rencana implementasi, monitoring, dan evaluasi kegiatan seleksi, penerimaan calon mahasiswa baru di lingkungan nasional dan internasional; dan 3. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Pemasaran dan Admisi. |
||
WEWENANG |
1. Berwenang menjalin, menilai, dan mengelola kemitraan strategis dengan pihak eksternal yang berkaitan dengan kegiatan promosi dan pemasaran untuk mendukung proses admisi. 2. Berwenang untuk menyusun rencana operasional kegiatan seleksi calon mahasiswa baru. 3. Berwenang untuk mengkoordinasikan pelaksanaan seleksi dengan unit-unit internal (PUTI, Akademik, Keuangan) guna memastikan proses seleksi berjalan dengan efisien dan sesuai standar. 4. Berwenang mengakses data pendaftar dan calon mahasiswa untuk keperluan seleksi, analisis, dan pelaporan penerimaan mahasiswa baru. 5. Berwenang menyusun laporan kegiatan dan capaian performansi kepada Direktur Pemasaran dan Admisi. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Program Studi | 1 . Konten Sosialisasi, Informasi Kelulusan, Dan Informasi Registrasi. | ||
2 . Direktorat Keuangan | 1 . Pembayaran Biaya Pendidikan Dan Pengembalian Uang Undur Diri. | ||
3 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi | 1 . Registrasi Online. | ||
4 . Bagian SPM | 1 . Laporan Kegiatan SMB. | ||
5 . Bagian Standar Dan Layanan Akademik | 1 . Registrasi Online Dan Registrasi Onsite. | ||
6 . Direktorat Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, Dan Alumni | 1 . Beasiswa Mahasiswa Baru, Info PKKMB, Dan Info Asrama. | ||
7 . Tim Pembuat Soal | 1 . Pembuatan Soal Seleksi Mahasiswa. | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Institusi Pendidikan | 1 . Sosialisasi SMB Dan Kerjasama Seleksi. | ||
2 . Komunitas | 1 . Seleksi Mahasiswa Baru. | ||
3 . Industri, Vendor Copy Soal, Vendor Penjualan PIN | 1 . Sosialisasi SMB Dan Kerjasama Penjualan. | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Hambatan dalam proses seleksi. 2. Hambatan dalam proses pendaftaran online seperti web tidak dapat diakses, gagal login, dan pin tidak dapat diaktivasi. 3. Jumlah berkas soal kurang. |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 5 | ||
2 | 5 | ||
3 | 5 | ||
4 | 5 | ||
5 | 4 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
