DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
253/AJ-TELU/0/SPS.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Sekretariat Dan Perencanaan Strategis | ||
Bagian/Prodi | Perencanaan, Pengembangan, Dan Pengendalian Institusi | ||
Urusan | Pengendalian Dan Pelaporan Pemeringkatan | ||
Jabatan | Staf | ||
Kelompok Bidang | 1. Business Planning And Operations |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengendalian Dan Pelaporan Pemeringkatan. |
||
Bawahan Langsung | |||
IKHTISAR JABATAN | Membantu Melaksanakan Monitoring, Pengawalan Dan Pengukuran Pemeringkatan Terhdap Implementasi Strategis. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam membantu pelaksanaan monitoring, pengawalan dan pengukuran pemeringkatan akademik dan non akademik terhadap implementasi strategis sehingga dapat mencapa sasaran strategis universitas Telkom. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Membantu monitoring, pengawalan dan pengukuran terhadap implementasi strategis unit atau program studi atau fakultas guna pencapaian sasaran strategis Universitas Telkom; 2. Mendukung program-program peningkatan pemeringkatan dalam bidang akademik untuk tingkat universitas baik nasional dan internasional; dan 3. Membantu analisis potensi peningkatan pemeringkatan dalam bidang akademik maupun non akademik, di tingkat nasional maupun internasional. |
||
WEWENANG |
1. Berwenang mengakses data dan dokumen strategis yang diperlukan untuk melakukan analisis dan monitoring pemeringkatan. 2. Berwenang meminta informasi dan klarifikasi dari unit terkait capaian indikator strategis dan data pendukung pemeringkatan. 3. Berwenang melakukan analisis performa unit berdasarkan data yang dikumpulkan dan menyusun laporan kepada atasan sebagai bahan pertimbangan kebijakan peningkatan performa dan peringkat. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Kepala Urusan Pengendalian Dan Pelaporan Pemeringkatan | 1 . Menyampaikan Hasil Monitoring Dan Menerima Arahan Dan Tugas Terkait Pemeringkatan. | ||
2 . Urusan Perencanaan Dan Pengembangan Institusi | 1 . Berkoordinasi Dalam Hal Penyelarasan Strategi Pemeringkatan Dengan Rencana Strategis Institusi. | ||
3 . Fakultas Dan Program Studi | 1 . Mengumpulkan Data Performansi Akademik Dan Non Akademik Yang Terkait Dengan Pemeringkatan. | ||
4 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi | 1 . Mendukung Akses Ke Sistem Informasi Internal, Data Digitalisasi Kampus, Dan Data Website (misalnya Untuk Keperluan Webometrics). | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Lembaga Pemeringkatan Nasional Dan Internasional | 1 . Mengikuti Perkembangan Metodologi Dan Indikator Penilaian. 2 . Melakukan Pengisian Dan Pelaporan Data Institusi Secara Resmi Ke Lembaga Pemeringkatan. | ||
2 . Universitas Mitra | 1 . Melakukan Studi Banding, Berbagai Praktik, Dan Mengadopsi Strategi Peningkatan Performa Yang Terbukti Efektif Di Institusi Lain. | ||
3 . Lembaga Penjaminan Mutu Eksternal | 1 . Menyesuaikan Standar Dan Indikator Dengan Lembaga Yang Berdampak Pada Peringkat Universitas. | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Kurangnya pemahaman Direktorat dan Fakultas terhadap indikator pemeringkatan, sehingga diperlukan sosialisasi secara berkala. 2. Tantangan dalam menyatukan langkah dan strategi antara berbagai unit agar selaras dengan target peemringkatan universitas. 3. Tantangan terhadap target yang tinggi dalam pemeringkatan. 4. Perbedaan standar antara pemeringkatan nasional dan internasional |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 3 | ||
2 | 3 | ||
3 | 3 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
