DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
603/AJ-TELU/0/SPS.4/2024 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Sekretariat Dan Perencanaan Strategis | ||
Bagian/Prodi | Satuan Penjaminan Mutu | ||
Urusan | Akreditasi Bidang Stem | ||
Jabatan | Kepala Urusan | ||
Kelompok Bidang | 1. Business Planning And Operations 2. General Affairs |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Bagian Satuan Penjaminan Mutu. |
||
Bawahan Langsung |
1. Staf Akreditasi Bidang Stem. |
||
IKHTISAR JABATAN | Melaksanakan Kegiatan Akreditasi Untuk Program Studi Sains, Teknologi, Teknik, Dan Matematika Di Universitas Telkom. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan akreditas program studi Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika di Universitas Telkom sehingga meningkatkan mutu program studi tersebut. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Melaksanakan dan memastikan proses akreditasi dan sertifikasi untuk program studi Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika yang ada di Universitas Telkom baik nasional maupun internasional; 2. Melakukan pengumpulan dokumen yang diperlukan untuk proses akreditasi; dan 3. Melakukan koordinasi dengan fakultas dan prodi terkait peningkatan mutu program studi untuk mempertahankan atau meningkatkan akreditasi. |
||
WEWENANG |
1. Berwenang mengakses dokumen dan data akademik dari program studi STEM di seluruh Fakultas yang dibutuhkan untuk keperluan akreditasi nasional maupun internasional. 2. Berwenang meminta dan memverifikasi kelengkapan dokumen akreditasi dari pihak Fakultas dan Program Studi. 3. Berwenang melakukan koordinasi langsung dengan pimpinan Fakultas, Program Studi, serta unit pendukung untuk memastikan kesiapan dan keterlibatan mereka dalam proses akreditasi. 4. Memberikan masukan dan rekomendasi strategis kepada unit terkait berdasarkan analisis kekuatan dan kelemahan program studi dalam proses akreditasi. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Kepala Bagian Satuan Penjaminan Mutu | 1 . Untuk Pelaporan Kegiatan Akreditasi, Penyampaian Progres, Serta Konsultasi Strategi Akreditasi Nasional Dan Internasional. | ||
2 . Fakultas Yang Membawahi Program Studi STEM | 1 . Koordinasi Terkait Pengumpulan Data, Penyusunan Borang, Validasi Dokumen, Serta Pelaksanaan Evaluasi Diri. | ||
3 . Program Studi STEM | 1 . Kerja Sama Penyusunan Dokumen Akreditasi, Pemenuhan Indikator Standar, Dan Pelaksanan Pembenahan Mutu. | ||
4 . Direktorat Sumber Daya Manusia | 1 . Permintaan Data Seperti Rasio Dosen, JAD Dosen Di Fakultas Atau Program Studi STEM Tersebut Dan Lain-lain. | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Lembaga Akreditasi | 1 . Untuk Pengajuan Borang, Klarifikasi Dokumen, Komunikasi Teknis, Dan Koordinasi Asesmen Lapangan. | ||
2 . Asesor | 1 . Sebagai Penghubung Dan Fasilitator Selama Proses Asesmen Lapangan, Klarifikasi Data, Dan Penyusunan Tanggapan Terhadap Evalausi Asesor. | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Perlu membangun sistem dokumentasi yang terintegrasi dan mendorong kepatuhan prodi terhadap pemuktahiran data. 2. Memerlukan keterampilan dalam koordinasi dengan berbagai fakultas, terutama masing-masing fakultas memiliki pendekatan atau jadwal yang berbeda. 3. Tidak semua Program Studi siap terkait akreditasi internasional. 4. Menjaga mutu berkelanjutan terkait Fakultas atau Program Studi yang sudah memenuhi akreditasi. |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
