DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
267/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Riset Dan Layanan TI | ||
Urusan | Pengelolaan Konten Dan Sumber Daya TI | ||
Jabatan | Staf Resource Management | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengelolaan Konten Dan Sumber Daya TI. |
||
Bawahan Langsung | |||
IKHTISAR JABATAN | Menganalisis Kebutuhan Sumber Daya Manusia, Mengembangkan Strategi Dan Arsitektur Sistem Terhadap Teknologi Informasi Serta Menyediakan Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam analisis kebutuhan, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia, serta pengembangan sistem strategi teknologi informasi sehingga dapat mendukung kelancaran kebutuhan bisnis dan teknologi saat ini dan masa yang akan datang. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan sumber daya manusia untuk proyek teknologi informasi yang sedang berjalan atau akan datang; 2. Menyusun dan mengembangkan strategi teknologi informasi jangka panjang untuk Direktorat Pusat Teknologi Informasi yang didasarkan pada kebutuhan bisnis dan teknolgi saat ini dan masa depan; 3. Menyediakan pelatihan dan pengembangan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan organisai dan individu, dan memastikan bahwa pelatihan tersebut efektif dan menghasilkan hasil yang diinginkan; dan 4. Merancang dan mengembangkan arsitektur sistem teknologi informasi untuk memastikan konsistensi dan kesesuaian dengan standar yang diterapkan |
||
WEWENANG |
1. Pengelolaan Sumber Daya TI – Berwenang dalam mengelola, mendistribusikan, dan memantau penggunaan sumber daya teknologi informasi, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan lisensi. 2. Monitoring dan Evaluasi Aset TI – Memiliki otoritas dalam melakukan pencatatan, pemantauan, serta evaluasi terhadap pemanfaatan aset TI untuk memastikan efisiensi dan keberlanjutan operasional. 3. Koordinasi dengan Tim Infrastruktur dan Operasional – Bertanggung jawab dalam berkoordinasi dengan tim IT terkait pengadaan, pemeliharaan, dan penghapusan sumber daya TI berdasarkan kebijakan institusi. 4. Optimasi dan Perencanaan Sumber Daya – Berwenang dalam menganalisis kebutuhan sumber daya TI dan memberikan rekomendasi optimalisasi guna meningkatkan efektivitas layanan teknologi informasi. 5. Pelaporan dan Dokumentasi – Menyusun laporan berkala terkait pengelolaan, kondisi, dan pemanfaatan sumber daya TI, serta memberikan rekomendasi pengelolaan kepada atasan langsung. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Direktorat & Fakultas | 1 . Permintaan Hosting, Control Panel Hosting, CMS, Subdomain, Dan Perubahan Subdomain, Serta Penggunaan Lisensi Berbayar | ||
2 . Service Desk | 1 . Tiketing, Account GAFE, Lisensi Berbayar | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Apabila ada pertambahan plugin baru di website yang diluar kewenangan konten tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, akan mengakibatkan pada performansi website yang menurunkan standar performansi (GTMetric) 2. Perubahan PIC pengelola website di unit lain menyebabkan info manajemen konten tidak tersampaiakan ke staf pengganti |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. Pemenuhan layanan user education dengan jumlah 4 2. Sertifikasi ISO 27001 terlaksana 3. Surveillance ISO 20000 dengan jumlah 1 4. Audit internal ISO 21000, 20000, dan 27001 jumlah 2 5. Video baru di 2024 untuk user education layanan TI dengan jumlah 1 6. Persen teknologi (aplikasi dll) yang didaftarkan HKI di 2024 dengan persentase 30% |
||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 3 | ||
2 | 3 | ||
3 | 3 | ||
4 | 3 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
