DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
| IDENTIFIKASI | |||
|---|---|---|---|
| Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
| 273/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
| Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
| Bagian/Prodi | Infrastruktur TI | ||
| Urusan | Infrastruktur Jaringan TI | ||
| Jabatan | Network Engineer Kampus Non-Teknik | ||
| Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
| Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Infrastruktur Jaringan TI. |
||
| Bawahan Langsung | |||
| IKHTISAR JABATAN | Membantu Implementasi, Memonitor,dan Menganalisa Seluruh Fungsi Pada Infrastruktur Jaringan TI Kampus Non-teknik. | ||
| TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam implementasi dan analisa seluruh fungsi infrastruktur jaringan TI kampus non-teknik sehingga dapat mendukung kelancaran infrastruktur jaringan teknologi informasi di Universitas Telkom. |
||
| URAIAN TUGAS |
1. Mendukung pengembangan strategis terhadap layanan teknologi informasi agar teknologi pada kampus non-teknik selalu terbarukan dan sesuai dengan yang diharapkan; 2. Mendukung keberfungsian layanan teknologi informasi pada kampus non-teknik agar tetap bisa digunakan oleh user; 3. Membantu analisa performansi server pada kampus non-teknik untuk autentikasi, middleware, eduroam serta melakukan backup atau recovery secara berkala guna antisipasi apabila ada gangguan yang tidak diinginkan; 4. Mendukung fungsi network atau firewall colocation atau Virtual Private Server (VPS) pada kampus non-teknik agar layanan bisa digunakan oleh user; 5. Mendukung kondisi semua perangkat teknologi informasi seperti router, firewall, server network, switch, access point, Radio Frequency Identification (RFID) di area kampus non-teknik agar berfungsi dengan baik; 6. Mendukung kinerja catuan power serta suhu ruangan network center pada kampus non-teknik agar tetap terkontrol dan perangkat-perangkat selalu berfungsi; 7. Membantu proses pemeriksaan dan perbaikan atas adanya incident atau gangguan atau permasalahan pada kampus non-teknik serta mendukung perubahan dimana apabila terjadi incident atau gangguan atau permasalahan harus didokumentasikan agar mudah dalam menganalisa dan tracing; 8. Membantu implementasi saran untuk keamanan, kerahasiaan dan perlindungan data pada kampus non-teknik agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab; 9. Membantu perencanaan pemilihan perangkat oleh pemasok, negosiasi pengadaan, mengevaluasi kinerja selama kontrak berlangsung dan menilainya, serta menjalin komunikasi dengan pemasok agar tetap diberikan support layanan; dan 10. Membantu membuat perencanaan dan mengevaluasi kebutuhan kapasitas pengembangan network pada kampus non-teknik sehingga dapat memprediksi tumbuh kembang dari teknologi tersebut. |
||
| WEWENANG |
1. Perancangan dan Implementasi Jaringan – Berwenang dalam merancang, mengkonfigurasi, dan mengimplementasikan infrastruktur jaringan, termasuk LAN, WAN, dan Wi-Fi untuk memastikan konektivitas yang optimal. 2. Monitoring dan Pemeliharaan Jaringan – Memiliki otoritas dalam memantau performa jaringan, mendeteksi gangguan, serta melakukan troubleshooting untuk memastikan ketersediaan layanan jaringan yang stabil. 3. Keamanan Jaringan dan Manajemen Risiko – Bertanggung jawab dalam menerapkan protokol keamanan jaringan, mengidentifikasi potensi ancaman, serta mengembangkan solusi mitigasi risiko serangan siber. 4. Koordinasi dengan Tim TI dan Vendor – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim internal dan penyedia layanan eksternal untuk optimalisasi infrastruktur jaringan serta peningkatan kapasitas dan skalabilitas sistem. 5. Dokumentasi dan Pelaporan – Menyusun laporan teknis terkait konfigurasi jaringan, hasil pemantauan, insiden jaringan, serta rekomendasi peningkatan infrastruktur TI kepada atasan langsung. |
||
| HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
| 1 . Atasan Langsung | 1 . Koordinasi Dan Pengarahan | ||
| EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
| 1 . Pihak Luar Yang Ditentukan. | 1 . Permintaan Data | ||
| MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. gangguan koneksi, kemacetan trafik, serta keterbatasan bandwidth yang dapat menghambat operasional bisnis. |
||
| INDIKATOR KEBERHASILAN |
1. % of Cls mapped onto IT services in the CMDB (terkait layanan inti) dengan persentase 90% 2. % of Cls include in capacity planning (Terkait layanan inti) dengan persentase 90% 3. Integrasi jaringan Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 70% |
||
| NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
| 1 | 3 | ||
| 2 | 3 | ||
| 3 | 3 | ||
| 4 | 3 | ||
| 5 | 3 | ||
| 6 | 3 | ||
| 7 | 3 | ||
| SPESIFIKASI JABATAN | |||
| STRUKTUR ORGANISASI | |||