DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
273/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Pusat Teknologi Informasi
Bagian/Prodi Infrastruktur TI
Urusan Infrastruktur Jaringan TI
Jabatan Network Engineer Kampus Non-Teknik
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Infrastruktur Jaringan TI.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Membantu Implementasi, Memonitor,dan Menganalisa Seluruh Fungsi Pada Infrastruktur Jaringan TI Kampus Non-teknik.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam implementasi dan analisa seluruh fungsi infrastruktur jaringan TI kampus non-teknik sehingga dapat mendukung kelancaran infrastruktur jaringan teknologi informasi di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Mendukung pengembangan strategis terhadap layanan teknologi informasi agar teknologi pada kampus non-teknik selalu terbarukan dan sesuai dengan yang diharapkan;
2. Mendukung keberfungsian layanan teknologi informasi pada kampus non-teknik agar tetap bisa digunakan oleh user;
3. Membantu analisa performansi server pada kampus non-teknik untuk autentikasi, middleware, eduroam serta melakukan backup atau recovery secara berkala guna antisipasi apabila ada gangguan yang tidak diinginkan;
4. Mendukung fungsi network atau firewall colocation atau Virtual Private Server (VPS) pada kampus non-teknik agar layanan bisa digunakan oleh user;
5. Mendukung kondisi semua perangkat teknologi informasi seperti router, firewall, server network, switch, access point, Radio Frequency Identification (RFID) di area kampus non-teknik agar berfungsi dengan baik;
6. Mendukung kinerja catuan power serta suhu ruangan network center pada kampus non-teknik agar tetap terkontrol dan perangkat-perangkat selalu berfungsi;
7. Membantu proses pemeriksaan dan perbaikan atas adanya incident atau gangguan atau permasalahan pada kampus non-teknik serta mendukung perubahan dimana apabila terjadi incident atau gangguan atau permasalahan harus didokumentasikan agar mudah dalam menganalisa dan tracing;
8. Membantu implementasi saran untuk keamanan, kerahasiaan dan perlindungan data pada kampus non-teknik agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab;
9. Membantu perencanaan pemilihan perangkat oleh pemasok, negosiasi pengadaan, mengevaluasi kinerja selama kontrak berlangsung dan menilainya, serta menjalin komunikasi dengan pemasok agar tetap diberikan support layanan; dan
10. Membantu membuat perencanaan dan mengevaluasi kebutuhan kapasitas pengembangan network pada kampus non-teknik sehingga dapat memprediksi tumbuh kembang dari teknologi tersebut.
Wewenang
1. Perancangan dan Implementasi Jaringan – Berwenang dalam merancang, mengkonfigurasi, dan mengimplementasikan infrastruktur jaringan, termasuk LAN, WAN, dan Wi-Fi untuk memastikan konektivitas yang optimal.
2. Monitoring dan Pemeliharaan Jaringan – Memiliki otoritas dalam memantau performa jaringan, mendeteksi gangguan, serta melakukan troubleshooting untuk memastikan ketersediaan layanan jaringan yang stabil.
3. Keamanan Jaringan dan Manajemen Risiko – Bertanggung jawab dalam menerapkan protokol keamanan jaringan, mengidentifikasi potensi ancaman, serta mengembangkan solusi mitigasi risiko serangan siber.
4. Koordinasi dengan Tim TI dan Vendor – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim internal dan penyedia layanan eksternal untuk optimalisasi infrastruktur jaringan serta peningkatan kapasitas dan skalabilitas sistem.
5. Dokumentasi dan Pelaporan – Menyusun laporan teknis terkait konfigurasi jaringan, hasil pemantauan, insiden jaringan, serta rekomendasi peningkatan infrastruktur TI kepada atasan langsung.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Atasan Langsung
1 . Koordinasi Dan Pengarahan
Eksternal Dalam Hal
1 . Pihak Luar Yang Ditentukan.
1 . Permintaan Data
Masalah dan Tantangan Kerja 1. gangguan koneksi, kemacetan trafik, serta keterbatasan bandwidth yang dapat menghambat operasional bisnis.
Indikator Keberhasilan 1. % of Cls mapped onto IT services in the CMDB (terkait layanan inti) dengan persentase 90%
2. % of Cls include in capacity planning (Terkait layanan inti) dengan persentase 90%
3. Integrasi jaringan Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 70%
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Solution Development3Mampu menjalankan prosedur Solution Development yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Solution Development dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Solution Development.
2IT & Digital Change Management3Mampu menjalankan prosedur IT & Digital Change Management yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur IT & Digital Change Management dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur IT & Digital Change Management.
3System Configuration & Asset Management3Mampu mengaplikasikan logical model Infrastruktur IT.
4Problem Management3Mampu mengaplikasikan konsep Problem Management (meminimalisir dampak dari insiden yang tidak dapat dicegah).
5Service Continuity Management3Mampu memilih konsep yang tepat dalam penyusunan strategi keberlangsungan bisnis perusahaan dan prinsip dasar pemulihan kondisi pasca bencana alam.
6Infrastructure Maintenance3Mampu mengaplikasikan konsep Infrastructure Maintenance untuk memastikan keunggulan operasional.
7Incident Recovery3Mampu mengelola fungsi incident recovery sesuai dengan standar layanan yang ditetapkan.
STRUKTUR ORGANISASI