DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
273/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Infrastruktur TI | ||
Urusan | Infrastruktur Jaringan TI | ||
Jabatan | Network Engineer Kampus Non-Teknik | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Infrastruktur Jaringan TI. |
||
Bawahan Langsung | |||
Ikhtisar Jabatan | Membantu Implementasi, Memonitor,dan Menganalisa Seluruh Fungsi Pada Infrastruktur Jaringan TI Kampus Non-teknik. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam implementasi dan analisa seluruh fungsi infrastruktur jaringan TI kampus non-teknik sehingga dapat mendukung kelancaran infrastruktur jaringan teknologi informasi di Universitas Telkom. |
||
Uraian Tugas |
1. Mendukung pengembangan strategis terhadap layanan teknologi informasi agar teknologi pada kampus non-teknik selalu terbarukan dan sesuai dengan yang diharapkan; 2. Mendukung keberfungsian layanan teknologi informasi pada kampus non-teknik agar tetap bisa digunakan oleh user; 3. Membantu analisa performansi server pada kampus non-teknik untuk autentikasi, middleware, eduroam serta melakukan backup atau recovery secara berkala guna antisipasi apabila ada gangguan yang tidak diinginkan; 4. Mendukung fungsi network atau firewall colocation atau Virtual Private Server (VPS) pada kampus non-teknik agar layanan bisa digunakan oleh user; 5. Mendukung kondisi semua perangkat teknologi informasi seperti router, firewall, server network, switch, access point, Radio Frequency Identification (RFID) di area kampus non-teknik agar berfungsi dengan baik; 6. Mendukung kinerja catuan power serta suhu ruangan network center pada kampus non-teknik agar tetap terkontrol dan perangkat-perangkat selalu berfungsi; 7. Membantu proses pemeriksaan dan perbaikan atas adanya incident atau gangguan atau permasalahan pada kampus non-teknik serta mendukung perubahan dimana apabila terjadi incident atau gangguan atau permasalahan harus didokumentasikan agar mudah dalam menganalisa dan tracing; 8. Membantu implementasi saran untuk keamanan, kerahasiaan dan perlindungan data pada kampus non-teknik agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab; 9. Membantu perencanaan pemilihan perangkat oleh pemasok, negosiasi pengadaan, mengevaluasi kinerja selama kontrak berlangsung dan menilainya, serta menjalin komunikasi dengan pemasok agar tetap diberikan support layanan; dan 10. Membantu membuat perencanaan dan mengevaluasi kebutuhan kapasitas pengembangan network pada kampus non-teknik sehingga dapat memprediksi tumbuh kembang dari teknologi tersebut. |
||
Wewenang |
1. Perancangan dan Implementasi Jaringan – Berwenang dalam merancang, mengkonfigurasi, dan mengimplementasikan infrastruktur jaringan, termasuk LAN, WAN, dan Wi-Fi untuk memastikan konektivitas yang optimal. 2. Monitoring dan Pemeliharaan Jaringan – Memiliki otoritas dalam memantau performa jaringan, mendeteksi gangguan, serta melakukan troubleshooting untuk memastikan ketersediaan layanan jaringan yang stabil. 3. Keamanan Jaringan dan Manajemen Risiko – Bertanggung jawab dalam menerapkan protokol keamanan jaringan, mengidentifikasi potensi ancaman, serta mengembangkan solusi mitigasi risiko serangan siber. 4. Koordinasi dengan Tim TI dan Vendor – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim internal dan penyedia layanan eksternal untuk optimalisasi infrastruktur jaringan serta peningkatan kapasitas dan skalabilitas sistem. 5. Dokumentasi dan Pelaporan – Menyusun laporan teknis terkait konfigurasi jaringan, hasil pemantauan, insiden jaringan, serta rekomendasi peningkatan infrastruktur TI kepada atasan langsung. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Atasan Langsung | 1 . Koordinasi Dan Pengarahan | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Pihak Luar Yang Ditentukan. | 1 . Permintaan Data | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. gangguan koneksi, kemacetan trafik, serta keterbatasan bandwidth yang dapat menghambat operasional bisnis. |
||
Indikator Keberhasilan |
1. % of Cls mapped onto IT services in the CMDB (terkait layanan inti) dengan persentase 90% 2. % of Cls include in capacity planning (Terkait layanan inti) dengan persentase 90% 3. Integrasi jaringan Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 70% |
||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Solution Development | 3 | Mampu menjalankan prosedur Solution Development yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Solution Development dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Solution Development. |
2 | IT & Digital Change Management | 3 | Mampu menjalankan prosedur IT & Digital Change Management yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur IT & Digital Change Management dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur IT & Digital Change Management. |
3 | System Configuration & Asset Management | 3 | Mampu mengaplikasikan logical model Infrastruktur IT. |
4 | Problem Management | 3 | Mampu mengaplikasikan konsep Problem Management (meminimalisir dampak dari insiden yang tidak dapat dicegah). |
5 | Service Continuity Management | 3 | Mampu memilih konsep yang tepat dalam penyusunan strategi keberlangsungan bisnis perusahaan dan prinsip dasar pemulihan kondisi pasca bencana alam. |
6 | Infrastructure Maintenance | 3 | Mampu mengaplikasikan konsep Infrastructure Maintenance untuk memastikan keunggulan operasional. |
7 | Incident Recovery | 3 | Mampu mengelola fungsi incident recovery sesuai dengan standar layanan yang ditetapkan. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
