DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
110/AJ-TELU/0/SPS.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Sekretariat Dan Perencanaan Strategis
Bagian/Prodi Perencanaan, Pengembangan, Dan Pengendalian Institusi
Urusan Perencanaan Dan Pengembangan Institusi
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Business Planning And Operations
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Perencanaan, Pengembangan, Dan Pengendalian Institusi.
Bawahan Langsung 1. Staf Perencanaan Dan Pengembangan Institusi.
IKHTISAR JABATAN Melaksanakan Program-program Peningkatan Pemeringkatan Dalam Bidang Akademik.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan program-program peningkatan pemeringkatan dalam bidang akademik untuk tingkat universitas sehingga dapat mendukung capaian kinerja di Universitas Telkom.
URAIAN TUGAS
1. Melakukan koordinasi dalam penyusunan perencanaan, pengembangan, dan evaluasi strategi institusi sesuai dengan visi, misi dan tujuan institusi;
2. Melaksanakan analisis dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Perencanaan, Pengembangan, dan Pengendalian Performansi Institusi;
3. Melaksanakan program-program peningkatan pemeringkatan dalam bidang akademik untuk tingkat universitas baik nasional dan internasional;
4. Membuat laporan kegiatan perencanaan, pengembangan, pengendalian, dan pelaporan performansi secara berkala kepada Kepala Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Pengendalian Institusi; dan
5. Melaksanakan penentuan proses bisnis, pembagian peta peran, dan pembuatan deskripsi tugas dan wewenang seluruh unit dalam penyusunan dokumen Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) bekerja sama dengan Direktorat Sumber Daya Manusia.
WEWENANG
1. Berwenang melakukan koordinasi terkait proses penyusunan perencanaan strategis institusi.
2. Berwenang dalam evaluasi dan analisis kegiatan perencanaan dan pengembangan institusi.
3. Berwenang dalam mengelola program-program peningkatan pemeringkatan akademik universitas baik nasional dan internasional.
4. Berwenang dalam pengelolaan perubahan SOTK.
5. Berwenang melakukan kolaborasi dengan unit lain terkait perencanaan dan pengembangan institusi.
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Fakultas Dan Direktorat
1 . Penyusunan Dan Evaluasi RKM.
2 . Penyusunan RENSTRA.
3 . Pengumpulan Critical Data QS.
4 . Perubahan SOTK.
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . Akademik Peer Dan YPT
1 . Meningkatkan Academic Reputation.
2 . Koordinasi Renstra Universitas Dan SOTK.
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Penyusunan Renstra dan Renip institusi yang masih dinamis.
2. Penyusunan RKM terkendala anggaran dan sinergi antar direktorat.
3. Persiapan data pemeringkatan nasional dan internasional terkendala dalam waktu yang singkat.
INDIKATOR KEBERHASILAN
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
14
24
34
44
STRUKTUR ORGANISASI