DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
095/AJ-TELU/V/FTE.3/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Fakultas Teknik Elektro | ||
Bagian/Prodi | Kelompok Keilmuan FTE | ||
Urusan | |||
Jabatan | Ketua | ||
Kelompok Bidang | 1. Education 2. Research Administration |
||
Atasan Langsung |
1. Dekan Fakultas Teknik Elektro. |
||
Bawahan Langsung | |||
IKHTISAR JABATAN | Menyusun, Melaksanakan, Mengelola, Dan Melaporkan Program Proses Belajar Mengajar, Penelitian Tahunan Dosen Dan Mahasiswa, Dan Program Pengabdian Masyarakat. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam menyusun, melaksanakan, mengelola, dan melaporkan program belajar mengajar, penelitian tahunan dosen dan mahasiswa, dan program pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Menyediakan sumber daya akademik untuk suatu program studi (PS) yang sesuai dengan keilmuan, baik pada model perkuliahan, praktikum, magang maupun tugas akhir, proyek akhir, tesis, atau disertasi; 2. Melakukan rekruitasi dosen Luar Biasa (LB) berdasarkan kebutuhan program studi; 3. Memberikan masukan dalam merancang, mengevaluasi, dan memperbarui kurikulum Program Studi secara berkala sesuai dengan bidang keilmuan; 4. Mengevaluasi dan menyetujui bahan ajar (silabus), metode pengajaran yang efektif dan inovatif, dan isi perkuliahan pada mata kuliah berdasarkan kriteria perkembangan pengetahuan mutakhir, yang disusun oleh tim pengajar; 5. Mengorganisasi seminar, lokakarya, dan kegiatan akademik lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; 6. Mengembangkan pengetahuan sesuai dengan bidangnya sebagai dasar dalam menginisiasi pembentukan program studi baru; 7. Menentukan arah pengembangan, bidang fokus penelitian dan difrensiasinya sesuai dengan bidang ilmu yang relevan; 8. Mendorong dan meningkatkan kompetensi penulisan karya ilmiah (bahan ajar, buku teks, artikel ilmiah dan populer, dan lainnya); 9. Melakukan koordinasi dengan CoE dalam rangka pelaksanaan penelitian untuk menghasilkan pengetahuan baru atau berpotensi untuk hilirisasi; 10. Menerapkan keilmuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan pengabdian masyarakat; 11. Membangun knowledge management, mendorong, dan meningkatkan penyedia jasa konsultasi; 12. Membangun jejaring dengan institusi lain baik perguruan tinggi, pemerintah, maupun industri yang dapat memfasilitasi dosen untuk mengimplementasikan keilmuannya secara langsung di masyarakat, baik di level lokal, nasional maupun internasional; dan 13. Melakukan koordinasi dengan unit terkait (BTP, SPIO, Direktorat PPM, DCS, dan CoE) dalam hal hilirisasi dan komersialisasi hasil penelitian. |
||
WEWENANG |
1. Berwenang dalam menyediakan sumber daya akademik, merancang, mengevaluasi, dan memperbarui kurikulum 2. Memiliki otoritas dalam melakukan rekrutmen dosen baru, mengembangkan kompetensi dosen, serta meningkatkan kualitas bahan ajar dan metode pengajaran dalam lingkup keilmuan yang dikelola. 3. Bertanggung jawab dalam menyusun, mengawasi, dan mengevaluasi program penelitian tahunan dosen dan mahasiswa, termasuk menentukan fokus penelitian serta meningkatkan kompetensi penulisan karya ilmiah. 4. Berwenang dalam merancang dan melaksanakan program pengabdian masyarakat berbasis keilmuan, termasuk membangun jejaring dengan institusi eksternal untuk meningkatkan implementasi keilmuan dalam masyarakat. 5. Memiliki otoritas dalam melakukan koordinasi dengan CoE (Center of Excellence), BTP, SPIO, serta Direktorat PPM guna memastikan hilirisasi dan komersialisasi hasil penelitian yang berdampak bagi industri dan masyarakat. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Direktorat PPM | 1 . Penelitian, Pengabdian Masyarakat, HAKI/PATEN. | ||
2 . Direktorat Keuangan | 1 . RKM Dan RKA. | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Ristek Dikti | 1 . Pengembangan Sumber Daya Dan Penelitian. | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Tantangan dalam menghubungkan keilmuan dengan kebutuhan masyarakat agar program pengabdian masyarakat dapat berdampak. 2. Mendorong dosen dan mahasiswa untuk aktif menulis karya ilmiah berkualitas dan diterbitkan di jurnal internasional; 3. Tantangan untuk penelitian yang menghasilkan pengetahuan baru membutuhkan pemahaman yang baik tentang fokus penelitian dan komersialisasi. 4. Tantangan dalam mapping kompetensi, keahlian, keilmuan dosen dan bahan kajian antara KK dan Prdi. 5. Upaya KK dalam mendukung JAD dosen dengan membuat tim data sering yang diketuai oleh dosen yang akan diproyeksikan ke LK dan GB. |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
1 | 5 | ||
2 | 4 | ||
3 | 5 | ||
4 | 5 | ||
5 | 5 | ||
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
