DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
257/AJ-TELU/0/SPS.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Sekretariat Dan Perencanaan Strategis
Bagian/Prodi Public Relation Dan Analyitcs
Urusan Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Hubungan Masyarakat (Public Relation).
Bawahan Langsung
IKHTISAR JABATAN Membantu Perencanaan Penguatan Citra Lembaga Dan Komunikasi Institusional.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam membantu perencanaan program penguatan citra lembaga dan komunikasi institusional sehingga menciptakan citra positif di lingkungan Universitas Telkom.
URAIAN TUGAS
1. Membantu perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi program kerja di urusan terkait;
2. Membantu perencanaan dan pelaksanaan program penguatan citra lembaga dan komunikasi institusional pada lingkup internal maupun eksternal universitas (DIKTI, L2DIKTI, masyarakat, dan institusi lain yang terkait).
WEWENANG
1. Berwenang mengelola konten komunikasi institusi atas persetujuan atasan.
2. Berwenang berkoordinasi dengan unit internal dalam rangka pengumpulan informasi untuk kepentingan komunikasi dan publikasi institusional.
3. Berwenang menjalin komunikasi awal atau tindak lanjut dengan pihak eksternal dengan seizin atau sepengetahuan atasan.
4. Berwenang mengelola dan memantau media sosial atau saluran komunikasi digital resmi universitas.
5. Berwenang mendokumentasikan dan mengarsipkan kegiatan institusi.
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Kepala Urusan Hubungan Masyarakat
1 . Menerima Arahan, Pembagian Tugas, Dan Evaluasi Kerja.
2 . Fakultas Dan Direktorat
1 . Berkoordinasi Untuk Memperoleh Informasi Kegiatan, Prestasi, Kebijakan, Atau Data Yang Dapat Dipublikasikan.
3 . Pimpinan Universitas
1 . Dokumentasi Dan Publikasi Terkait Acara Pimpinan Baik Di Dalam Atau Di Luar Kampus.
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . LLDIKTI IV
1 . Menjalin Komunikasi Institusional Dalam Rangka Sinergi Program Nasional.
2 . Media Dan Publikasi
1 . Menjalin Kerja Sama Terkait Kegiatan Kampus.
3 . Masyarakat
1 . Menyampaikan Informasi Terkait Kegiatan, Prestasi, Dan Layanan Institusi.
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Penanganan isu publik memerlukan koordinasi cepat dan arahan jelas dari pimpinan.
2. Tantangan dalam membuat pesan yang menarik, relevan, dan tetap sesuai dengan identitas institusi.
3. Tantangan dalam koordinasi dengan lembaga eksternal karena memerlukan ketpatan komunikasi, formalitas, dan diplomasi.
4. Selalu beradaptasi terkait perkembangan teknologi dan media.
INDIKATOR KEBERHASILAN
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
13
23
33
STRUKTUR ORGANISASI