DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
611/AJ-TELU/0/SPS.5-6/2024 0
Direktorat/Fakultas Sekretariat Dan Perencanaan Strategis
Bagian/Prodi Legal
Urusan Settlement
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Legal And Compliance
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Settlement.
Bawahan Langsung
IKHTISAR JABATAN Membantu Dan Mendukung Pemberian Legal Advice Dalam Penyelesaian Masalah Hukum Di Universitas Telkom.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam membantu dan mendukung pemberian legal advice dalam penyelesaian masalah hukum sehingga menciptakan rasa adil dalam penyelesaian masalah hukum tersebut.
URAIAN TUGAS
1. Membantu pemberian legal advice terkait penyelesaian hukum di Universitas Telkom;
2. Membantu penyelesaian kasus pegawai yang ditangani oleh Komite Etika dan Kedisiplinan Pegawai; dan
3. Mendukung proses Legal and Compliance untuk diterapkan oleh unit kerja di Universitas Telkom.
WEWENANG
1. Berwenang menyusun draft awal legal advice.
2. Berwenang mendampingi proses klarifikasi dan investigasi internal.
3. Berwenang melakukan monitoring penerapan kebijakan legal and compliance termasuk mencatat temuan dan menyusun laporan awal.
4. Berwenang mengarsipkan dokumen penyelesaian hukum.
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Kepala Urusan Settlement
1 . Berkoordinasi Langsung Dalam Membantu Pelaksanaan Penyelesaian Kasus Pegawai Dan Pemberian Legal Advice.
2 . Direktorat Sumber Daya Manusia
1 . Koordinasi Dalam Proses Penanganan Kasus Pegawai (terutama Terkait Sanksi), Validasi Data Pegawai, Serta Tindak Lanjut Hasil Keputusan Etik Atau Disiplin.
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . Konsultan Hukum
1 . Diskusi Atau Konsultasi Terkait Penanganan Kasus Atau Penyusunan Opini Hukum Lanjutan Di Luar Kompetensi Internal.
2 . Lembaga Penegak Hukum
1 . Melakukan Koordinasi Administratif Atau Pendampingan Hukum Terhadap Kasus Pegawai.
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Tantangan menangani penyelesaian dengan objektif, adil, dan sesuai regulasi.
2. Menjaga netralitas, profesionalisme, dan ketegasan dalam bertindak meskipun dalam situasi yang sensitif.
3. Tantangan dalam mengelola dokumentasi legal dan administrasi kasus yang banyak dan memerlukan ketelitian tinggi.
INDIKATOR KEBERHASILAN
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
STRUKTUR ORGANISASI