DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
510/AJ-TELU/XIII/TUS-5/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Surabaya
Bagian/Prodi Pusat Teknologi Informasi
Urusan Aplikasi Dan Layanan IT
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Pusat Teknologi Informasi.
Bawahan Langsung 1. Staf Layanan IT Aplikasi Dan Layanan IT.
2. Staf Layanan Aplikasi Aplikasi Dan Layanan IT.
IKHTISAR JABATAN Melakukan pengelolaan dan pengembangan aplikasi dan layanan IT di Kampus Surabaya.
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB
1. Bertanggung jawab dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan aplikasi dan layanan IT sehingga mendukung proses akademik dan non akademik di Kampus Surabaya.
URAIAN TUGAS
1. Melakukan pengelolaan dan pengembangan aplikasi yang digunakan oleh civitas akademika Kampus Surabaya;
2. Merancang, mengimplementasikan, dan memelihara layanan IT yang mendukung proses akademik, administrasi, dan operasional kampus;
3. Melakukan pemantauan, evaluasi, dan perbaikan terhadap aplikasi dan layanan IT secara berkala;
4. Menyusun standar operasional prosedur terkait penggunaan aplikasi dan layanan IT;
5. Melakukan koordinasi dengan unit kerja lain untuk pengembangan aplikasi dan layanan IT; dan
6. Melaporkan perkembangan, permasalahan, dan hasil pengelolaan aplikasi dan layanan IT secara berkala kepada Kepala Bagian Pusat Teknologi Informasi Kampus Surabaya.
WEWENANG
1. Berwenang mengatur, mengembangkan, dan mengelola aplikasi yang digunakan civitas akademik Kampus Surabaya.
2. Berwenang merancang dan mengimplementasikan pengembangan layanan IT.
3. Berwenang melakukan evaluasi dan pemeliharaan aplikasi.
4. Berwenang menyusun standar operasional produk penggunaan aplikasi dan layanan TI.
5. Berwenang berkoordinasi dengan unit kerja lain dalam rangka pengembangan atau penyesuaian aplikasi sesuai kebutuhan masing-masing unit.
6. Berwenang untuk mengarahkan, membagi tugas, dan mengawasi kinerja staf aplikasi dan layanan TI.
7. Berwenang menyusun laporan berkala terkait performa, permasalahan, serta pengembangan aplikasi dan layanan TI kepada Kepala Bagian Pusat Teknologi Informasi.
HUBUNGAN KERJA INTERNAL DALAM HAL
1 . Kepala Bagian Pusat Teknologi Informasi Kampus Surabaya
1 . Melaporkan Dan Menerima Arahan Terkait Pengelolaan Aplikasi Dan Layanan TI.
2 . Fakultas Dan Program Studi
1 . Koordinasi Terkait Kebutuhan Aplikasi Dan Layanan Pendukung Proses Akademik (e-learning).
3 . Unit Kerja Non Akademik
1 . Memastikan Aplikasi Yang Dikembangkan Sesuai Dengan Kebutuhan Administrasi Dan Operasional Kampus.
4 . Pengguna Aplikasi
1 . Menerima Masukan, Keluhan, Dan Feedback Terkait Aplikasi Dan Layanan TI.
EKSTERNAL DALAM HAL
1 . Penyedia Cloud Dan Layanan Hosting
1 . Mengelola Layanan Hosting, Cloud Computing, Dan Penyimpanan Data Aplikasi Yang Digunakan Oleh Kampus.
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA 1. Menjaga aplikasi stabil, cepat, dan minim gangguan.
2. Permintaan pengambangan sistem terus bertambah.
3. Tantangan menjaga keamanan data dan sistem aplikasi.
INDIKATOR KEBERHASILAN
NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR
STRUKTUR ORGANISASI