DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
539/AJ-TELU/XIII/TUS-6/2024 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Kampus Surabaya | ||
Bagian/Prodi | Pusat Teknologi Informasi | ||
Urusan | Aplikasi Dan Layanan IT | ||
Jabatan | Staf Layanan IT | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Aplikasi Dan Layanan IT. |
||
Bawahan Langsung | |||
IKHTISAR JABATAN | Membantu Dan Memberikan Layanan IT Di Kampus Surabaya. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam membantu dan memberikan layanan IT sehingga mendukung pengembangan teknologi dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Memberikan bantuan teknis kepada civitas akademika Kampus Surabaya terkait aplikasi atau sistem yang digunakan; 2. Memastikan bahwa sistem IT yang digunakan berjalan dengan baik; 3. Membantu dalam pembuatan dan pengelolaan akun serta memastikan akses yang tepat ke aplikasi; dan 4. Melakukan koordinasi dengan unit kerja lain untuk pengembangan layanan IT. |
||
WEWENANG |
1. Berwenang memberikan instruksi dan panduan kepada user terkait penggunaan aplikasi atau sistem secara efektif dan benar. 2. Berwenang memantau dan melakukan pemeliharaan sistem IT secara rutin, serta mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan sistem berjalan dengan baik dan mengatasi gangguan operasional. 3. Berwenang mengelola dan mengatur akun pengguna sesuai dengan kebijakan yang berlaku untuk memastikan pengguna memiliki akses yang sesuai dengan peran mereka. 4. Berwenang mengakses data dan informasi yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas pemeliharaan dan layanan, dengan tetap menjaga kerahasiaan dan keamanan data sesuai aturan yang berlaku. 5. Berwenang membua laporan terkait layanan IT dan melaporkannya kepada Kepala Urusan Aplikasi dan Layanan TI. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Kepala Urusan Aplikasi Dan Layanan IT | 1 . Menerima Arahan, Masukan, Dan Menyampaikan Laporan Terkait Pelaksanaan Tugas Teknis Layanan IT. | ||
2 . Staf Layanan Aplikasi | 1 . Berkoordinasi Dalam Penanganan Masalah Teknis Dan Pemeliharaan Sistem Aplikasi Yang Digunakan Di Lingkungan Kampus Surabaya. | ||
3 . Seluruh Unit Kerja Di Kampus Surabaya | 1 . Memberikan Bantuan Teknis Terkait Penggunaan Sistem. | ||
4 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi | 1 . Berkoordinasi Dalam Pengembangan Sistem Terpusat, Sinkronisasi Data, Atau Penerapan Kebijakan IT Bersama. 2 . Berbagai Pengetahuan Teknis Dan Praktik Terbaik Antar Unit IT. | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Penyedia Cloud Dan Layanan Hosting | 1 . Mengakses Dukungan Teknis, Melakukan Pemantauan, Atau Troubleshooting Terkait Layanan Eksternal Yang Digunakan. | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Beragamnya tingkat pemahaman pengguna terhadap teknologi sehingga mempersulit proses pemberian bantuan teknis. 2. Tantangan menjaga keamanan dan kerahasiaan data saat mengelola akun pengguna. 3. Membangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai unit kerja. |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
