DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)
IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
477/AJ-TELU/XIII/TUKS-2/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Kampus Surabaya | ||
Bagian/Prodi | |||
Urusan | |||
Jabatan | Wakil Direktur Bidang Admisi dan Kemahasiswaan | ||
Kelompok Bidang | 1. Marketing And Communication 2. Student Life |
||
Atasan Langsung |
1. Direktur Kampus Surabaya. |
||
Bawahan Langsung |
1. Kepala Bagian Admisi Dan Marketing. 2. Kepala Bagian Kemahasiswaan. |
||
IKHTISAR JABATAN | Memastikan Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru, Pemasaran, Kemahasiswaan, Pengembangan Karier Dan Alumni Di Universitas Telkom Kampus Surabaya. | ||
TUJUAN DAN TANGGUNG JAWAB |
1. Bertanggung jawab dalam mengelola mahasiswa baru, pemasaran, kemahasiswaan, pengembangan karier dan alumni agar berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan. |
||
URAIAN TUGAS |
1. Memastikan pelaksanaan, pengembangan program, dan memberikan evaluasi strategi dan kebijakan Universitas Telkom terkait dengan Admisi dan Kemahasiswaan; 2. Memastikan kualitas dan kuantitas calon mahasiswa sesuai kebutuhan program studi dan universitas, kegiatan kemahasiswaan serta penyerapan lulusan sesuai dengan kebutuhan industri pengguna lulusan; 3. Memastikan rencana dan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru (admisi), pemasaran, kemahasiswaan, perencanaan karier dan alumni sesuai standar kampus utama; 4. Merencanakan dan memimpin pelaksanaan kegiatan bagian yang ada di bawahnya; 5. Melakukan evaluasi dan performansi bagian yang ada di bawahnya; dan 6. Melakukan koordinasi dengan Wakil Direktur lainnya dalam menunjang pelaksanaan Bidang Akademik dan Riset, dan Sumber Daya, serta pihak terkait lainnya baik internal Kampus Cabang UPPS, Kampus Utama, dan Eksternal (Instansi lainnya). |
||
WEWENANG |
1. Berwenang merancang dan menyusun strategi promosi, penerimaan mahasiswa baru, pengembangan kegiatan kemahasiswaan, dan pengelolaan alumni di tingkat kampus cabang. 2. Berwenang mengelola perencanaan dan pengelolaan kegiatan admisi di tingkat kampus cabang, termasuk kebijakan jalur seleksi dan kuantitas mahasiswa baru. 3. Berwenang menentukan dan merancang strategi pemasaran dan promosi pendidikan. 4. Berwenang menyusun dan menyetujui pelaksanaan kegiatan pengembangan minat, bakat, organisasi, kepemimpinan, dan karakter mahasiswa. 5. Berwenang mengelola dan mengevaluasi kinerja unit dibawahnya. 6. Berwenang mewakili Direktur dalam Bidang Admisi dan Kemahasiswaan. |
||
HUBUNGAN KERJA | INTERNAL | DALAM HAL | |
1 . Direktur Kampus Surabaya | 1 . Koordinasi Kebijakan Strategis Terkait Target Penerimaan Mahasiswa, Program Kemahasiswaan, Dan Evaluasi Kinerja. | ||
2 . Wakil Direktur Bidang Akademik Dan Riset Kampus Surabaya | 1 . Koordinasi Kebutuhan Data Mahasiswa Untuk Keperluan Akreditasi Dan Riset. | ||
3 . Wakil Direktur Bidang Sumber Daya Kampus Surabaya | 1 . Penyediaan Dan Pengelolaan SDM Serta Anggaran Untuk Kegiatan Pemasaran, Admisi, Kemahasiswaan, Dan Alumni. | ||
4 . Bagian Admisi & Marketing | 1 . Perihal Pelaksanaan Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Kegiatan Promosi. | ||
5 . Bagian Kemahasiswaan | 1 . Perencanaan Dan Pelaksanaan Kegiatan Non-akademik Mahasiswa. 2 . Perencanaan Kegiatan Persiapan Karier Mahasiswa. | ||
EKSTERNAL | DALAM HAL | ||
1 . Perusahaan Dan Industri | 1 . Kerja Sama Untuk Perekrutan Lulusan, Magang, Dan Pengembangan Karier Mahasiswa. 2 . Menyelaraskan Kurikulum Dan Kompetensi Lulusan Dengan Kebutuhan Industri. | ||
2 . Alumni | 1 . Pelibatan Dalam Kegiatan Promosi, Mentoring, Pembekalan Karier, Dan Pengembangan Institusi. | ||
3 . Instansi Pemerintah | 1 . Partisipasi Dalam Program-program Pemerintah (MBKM, Beasiswa, Dll). | ||
MASALAH DAN TANTANGAN KERJA |
1. Persaingan ketat antar perguruan tinggi dalam merekrut calon mahasiswa. 2. Tantangan untuk melibatkan alumni dalam pengembangan karier dan promosi institusi. 3. Tantangan dalam koordinasi lintas bidang agar terciptanya keselarasan perihal kebijakan dan informasi. 4. Transformasi digital yang yang perlu dimasifkan di kampus cabang. |
||
INDIKATOR KEBERHASILAN | |||
NO | SUB-SUB KOMPETENSI | PROFICIENCY LEVEL (PL) | KEY INDICATOR |
SPESIFIKASI JABATAN | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
