DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
277/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Infrastruktur TI | ||
Urusan | Pusat Data | ||
Jabatan | Sysadmin Cloud | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pusat Data. |
||
Bawahan Langsung | |||
Ikhtisar Jabatan | Membantu Implementasi, Analisa, Dan Pemeriksaan Seluruh Infrastruktur Pada Cloud. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam membantu implementasi, analisa, dan pemeriksaan infrastruktur pada cloud agar teknologi selalu terbarukan dan sesuai dengan yang diharapkan. |
||
Uraian Tugas |
1. Membantu implementasi pengembangan strategis terhadap layanan teknologi informasi pada cloud agar teknologi selalu terbarukan dan sesuai dengan yang diharapkan; 2. Membantu proses analisa hingga peningkatan fungsi layanan teknologi informasi pada cloud agar tetap bisa digunakan oleh user; 3. Mendukung analisa performansi server dan melakukan backup atau recovery apabila sewaktu-waktu terdapat data yang hilang pada cloud; 4. Membantu alokasi fungsi colocation atau Virtual Private Server (VPS) pada cloud agar layanan tetap bisa digunakan oleh user; 5. Membantu implementasi atas kondisi server nutanix maupun bare metal pada cloud; 6. Mendukung monitor dan analisa kinerja catuan power serta suhu ruangan data center pada cloud sehingga tetap terkontrol dan perangkat-perangkat selalu berfungsi; 7. Membantu pemeriksaan atas adanya incident atau gangguan atas permasalahan pada cloud serta melakukan perubahan dimana apabila terjadi incident atau gangguan atau permasalahan harus didokumentasikan agar mudah dalam menganalisa dan tracing; 8. Mendukung implementasi saran dan keamanan, kerahasiaan dan perlindungan data pada cloud agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab; 9. Mendukung perencanaan pemilihan perangkat oleh pemasok, negosiasi pengadaan, mengevaluasi kinerja pada cloud selama kontrak berlangsung dan menilainya, serta menjalin komunikasi dengan pemasok agar tetap diberikan support layanan; dan 10. Membantu proses implementasi dan peningkatan rilis aplikasi pada cloud yang sudah dilakukan tes dari sisi keamanan sehingga ketika rilis tidak terdapat bug atau celah. |
||
Wewenang |
1. Manajemen Infrastruktur Cloud – Berwenang dalam mengelola, mengonfigurasi, dan memastikan kinerja infrastruktur cloud, termasuk public, private, dan hybrid cloud 2. Monitoring dan Pemeliharaan Sistem Cloud – Memiliki otoritas dalam memantau kinerja layanan cloud, melakukan troubleshooting, serta memastikan uptime sistem yang optimal 3. Keamanan dan Backup Data – Bertanggung jawab dalam menerapkan kebijakan keamanan cloud, enkripsi data, serta mengelola sistem backup dan pemulihan guna menjaga integritas dan ketersediaan data 4. Optimasi Skalabilitas dan Resource Cloud – Berwenang dalam mengalokasikan sumber daya cloud secara efisien, memastikan skalabilitas sistem untuk mendukung pertumbuhan organisasi 5. Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Cloud – Menyusun laporan berkala terkait kinerja sistem cloud, penggunaan sumber daya, serta rekomendasi pengembangan infrastruktur cloud kepada atasan langsung |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Atasan Langsung | 1 . Koordinasi Persetujuan 2 . Koordinasi Dan Arahan 3 . Tiket Igracias, Layanan Igracias | ||
2 . Bawahan Langsung | 1 . Koordinasi Persetujuan 2 . Koordinasi Dan Arahan 3 . Tiket Igracias, Layanan Igracias | ||
3 . Antar Unit | 1 . Koordinasi Persetujuan 2 . Koordinasi Dan Arahan 3 . Tiket Igracias, Layanan Igracias | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Antar Direktorat | 1 . Layanan Colocation/vps, Negosiasi 2 . Komunikasi | ||
2 . Supplier | 1 . Layanan Colocation/vps, Negosiasi 2 . Komunikasi | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Transformasi Digital dan Adaptasi Teknologi Baru 2. Manajemen dan Pemeliharaan Infrastruktur 3. Efisiensi Energi dan Biaya Operasional |
||
Indikator Keberhasilan |
1. % of Cls mapped onto IT services in the CMDB (terkait layanan inti) dengan persentase 90% 2. % of Cls include in capacity planning (Terkait layanan inti) dengan persentase 90% 3. Integrasi jaringan Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 70% |
||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
