DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
463/AJ-TELU/XII/TUKJ-6/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Jakarta
Bagian/Prodi Dukungan Teknologi Informasi
Urusan Pengembangan Aplikasi
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Pengembangan Aplikasi.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Membantu Dan Melaksanakn Aplikasi Untuk Kebutuhan Operasional Di Kampus Jakarta.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab membantu dan melaksanakn aplikasi untuk kebutuhan operasional sehingga dapat menyesaikan pekerjaan dan operasional lainnya.
Uraian Tugas
1. Membantu mengembangkan aplikasi untuk kebutuhan kampus;
2. Melaksanakan keberlanjutan dan pemeliharaan aplikasi;
3. Membantu pengujian kualitas terhadap aplikasi yang dikembangkan;
4. Mengusulkan perbaikan atau pengembangan fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan kampus.
5. Optimasi Performansi Website Official & Unit DTI
6. Melakukan Backup Semua Website TUJ
7. Recruitment Peserta Blogwalking Tiap Bulan
8. Crosscheck Pengerjaan Peserta Blogwalking
9. Penyusunan Content Planning untuk website official kategori post Pendidikan
Wewenang
1. Berwenang menentukan kebutuhan fungsional aplikasi.
2. Berwenang dalam menangani masalah atau gangguan pada aplikasi.
3. Berwenang untuk mencatat, mendokumentasikan, dan melaporkan temuan hasil pengujian (bug, error, atau perbaikan yang diperlukan).
4. Berwenang untuk mengevaluasi tanggapan pengguna setelah implementasi perubahan dan menyesuaikan usulan sesuai dengan feedback yang diterima.
5. Berwenang melakukan perbaikan dari hasil optimasi jika hasilnya kurang baik
6. Berwenang dalam mencegah kehialangan data website dengan melakukan backup website
7. Berwenang dalam meningkatkan SEO Webiste Official Jakarta dengan rutin melakukan pembukaan peserta blogwalking
8. berwenang dalam memastikan pengerjaan blogwalking sesuai peraturan dan sesuai target yang ingin dicapai
9. Berwenang dalam memberikan edukasi dan informasi yang positif melalui media seperti website
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Bagian Dukungan Teknologi Informasi
1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem.
2 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan).
3 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data.
4 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru.
2 . Fakultas, Direktorat, Bagian Layanan
1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem.
2 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan).
3 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data.
4 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru.
3 . Unit Layanan TI / Infrastruktur
1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem.
2 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan).
3 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data.
4 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru.
4 . Dosen, Staf, Dan Mahasiswa (User)
1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem.
2 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan).
3 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data.
4 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru.
Eksternal Dalam Hal
1 . Vendor Software Dan Konsultan TI
1 . Pengembangan Bersama Aplikasi Kampus, Sistem ERP, Atau Integrasi Sistem Pihak Ketiga.
2 . Penyimpanan Data Aplikasi, Integrasi Sistem Dengan Platform Pihak Ketiga (misalnya, Google Cloud, AWS, Firebase).
3 . Benchmarking Aplikasi, Pengembangan Bersama Sistem Akademik, Atau Pertukaran Teknologi.
2 . Penyedia Layanan Cloud & API
1 . Pengembangan Bersama Aplikasi Kampus, Sistem ERP, Atau Integrasi Sistem Pihak Ketiga.
2 . Penyimpanan Data Aplikasi, Integrasi Sistem Dengan Platform Pihak Ketiga (misalnya, Google Cloud, AWS, Firebase).
3 . Benchmarking Aplikasi, Pengembangan Bersama Sistem Akademik, Atau Pertukaran Teknologi.
3 . Institusi Mitra Teknologi
1 . Pengembangan Bersama Aplikasi Kampus, Sistem ERP, Atau Integrasi Sistem Pihak Ketiga.
2 . Penyimpanan Data Aplikasi, Integrasi Sistem Dengan Platform Pihak Ketiga (misalnya, Google Cloud, AWS, Firebase).
3 . Benchmarking Aplikasi, Pengembangan Bersama Sistem Akademik, Atau Pertukaran Teknologi.
Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Product & Solution Design3Mampu menjalankan prosedur Solution Design yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Solution Design dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Solution Design.
2Solution Development3Mampu menjalankan prosedur Solution Development yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Solution Development dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Solution Development.
3DEVOPS3Mampu menjalankan prosedur DevOps yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur DevOps dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur DevOps.
4Digitization4Mampu mengimplementasikan konsep Digitization walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Digitization.
STRUKTUR ORGANISASI