DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
540/AJ-TELU/XIII/TUS-6/2024 0
Direktorat/Fakultas Kampus Surabaya
Bagian/Prodi Pusat Teknologi Informasi
Urusan Aplikasi Dan Layanan IT
Jabatan Staf Layanan Aplikasi
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Aplikasi Dan Layanan IT.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Membantu Pembuatan, Pengembangan, Dan Evaluasi Terkait Aplikasi Yang Digunakan Di Lingkungan Kampus Surabaya
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pembuatan, pengembangan, dan evaluasi aplikasi sehingga menjamin keandalan aplikasi yang digunakan bagi civitas akademika Kampus Surabaya.
Uraian Tugas
1. Membantu pembuatan dan pengembangan aplikasi yang akan digunakan;
2. Melakukan pengecekan secara berkala terhadap performa dan stabilitas aplikasi;
3. Menjamin keamanan dan validitas data pengguna pada aplikasi;
4. Mengumpulkan umpan balik dari pengguna untuk peningkatan aplikasi;
5. Membuat dokumentasi teknis dan panduan penggunaan aplikasi; dan
6. Menyusun laporan rutin terkait kinerja aplikasi, kendala teknis, dan penyelesaian masalahnya.
Wewenang
1. Berwenang mengakses sistem aplikasi untuk keperluan pengujian, pemeliharaan dan pengembangan aplikasi.
2. Berwenang mengusulkan fitur baru berdasarkan hasil pengamatan performa dan masukan dari pengguna aplikasi.
3. Berwenang menjaga validitas dan kerahasiaan data yang tersimpan dalam sistem aplikasi.
4. Berwenang membuat dokumentasi teknis terkait penggunaan aplikasi sehingga pengguna paham terkait penggunaan aplikasi tersebut.
5. Berwenang menyusun laporan rutin terkait kinerja aplikasi dan menyampaikannya kepada Kepala Urusan Aplikasi dan Layanan IT.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Kepala Urusan Aplikasi Dan Layanan IT
1 . Melaporkan Hasil Pekerjaan, Kendala, Dan Pengembangan Aplikasi.
2 . Menerima Arahan Dan Supervisi Terkait Pengelolaan Aplikasi.
3 . Melakukan Koordinasi Teknis Terkait Update Aplikasi.
4 . Mengumpulkan Umpan Balik Dari Pengguna Untuk Evaluasi Dan Perbaikan Aplikasi.
5 . Memberikan Bantuan Teknis Dan Panduan Penggunaan Aplikasi.
2 . Staf Layanan IT
1 . Melaporkan Hasil Pekerjaan, Kendala, Dan Pengembangan Aplikasi.
2 . Menerima Arahan Dan Supervisi Terkait Pengelolaan Aplikasi.
3 . Melakukan Koordinasi Teknis Terkait Update Aplikasi.
4 . Mengumpulkan Umpan Balik Dari Pengguna Untuk Evaluasi Dan Perbaikan Aplikasi.
5 . Memberikan Bantuan Teknis Dan Panduan Penggunaan Aplikasi.
3 . Civitas Akademika Kampus Surabaya
1 . Melaporkan Hasil Pekerjaan, Kendala, Dan Pengembangan Aplikasi.
2 . Menerima Arahan Dan Supervisi Terkait Pengelolaan Aplikasi.
3 . Melakukan Koordinasi Teknis Terkait Update Aplikasi.
4 . Mengumpulkan Umpan Balik Dari Pengguna Untuk Evaluasi Dan Perbaikan Aplikasi.
5 . Memberikan Bantuan Teknis Dan Panduan Penggunaan Aplikasi.
Eksternal Dalam Hal
1 . Penyedia Cloud Dan Layanan Hosting
1 . Mengelola Layanan Hosting, Cloud Computing, Dan Penyimpanan Data Aplikasi Yang Digunakan Oleh Kampus.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Tantangan menjaga aplikasi stabil, cepat, dan minim gangguan.
2. Permintaan pengambangan sistem aplikasi terus bertambah.
3. Tantangan menjaga keamanan data dan sistem aplikasi.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
STRUKTUR ORGANISASI