DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
476/AJ-TELU/XIII/TUKS-2/2023 0
Direktorat/Fakultas Kampus Surabaya
Bagian/Prodi
Urusan
Jabatan Wakil Direktur Bidang Sumber Daya
Kelompok Bidang 1. Human Resource
2. Finance
3. Information Technology
Atasan Langsung 1. Direktur Kampus Surabaya.
Bawahan Langsung 1. Kepala Bagian Sumber Daya Manusia.
2. Kepala Bagian Keuangan.
3. Kepala Bagian Pusat Teknologi Informasi.
4. Kepala Bagian Logistik Dan Manajemen Aset.
Ikhtisar Jabatan Memastikan Pelaksanaan, Pengembangan, Dan Evaluasi Kebijakan Terkait Keuangan, Sumber Daya Manusia, Dan Sarana Prasarana Serta Teknologi Informasi Sesuai Dengan Standar Yang Ditetapkan.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan kebijakan terkait keuangan, sumber daya manusia, sarana prasarana serta teknologi informasi sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Uraian Tugas
1. Memastikan pelaksanaan, pengembangan program, dan memberikan evaluasi strategi dan kebijakan Universitas Telkom terkait dengan Sumber Daya;
2. Memastikan pelaksanaan, pengembangan, dan evaluasi strategi dan kebijakan pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana sesuai yang ditetapkan;
3. Memastikan pelaksanaan, pengembangan, dan evaluasi strategi dan kebijakan pengelolaan teknologi informasi sesuai standar yang ditetapkan;
4. Merencanakan dan memimpin pelaksanaan kegiatan bagian yang ada di bawahnya;
5. Melakukan evaluasi dan performansi bagian yang ada di bawahnya;
6. Melakukan koordinasi dengan Wakil Direktur lainnya dalam menunjang pelaksanaan Bidang Akademik dan Riset, Admisi dan Kemahasiswaan serta pihak terkait lainnya baik internal Kampus Cabang UPPS, Kampus Utama, Fakultas terkait dan Eksternal (Instansi Lainnya).
Wewenang
1. Berwenang menyusun dan menetapkan rencana kerja dan anggaran bidang Sumber Daya.
2. Berwenang mengatur dan mengelola Sumber Daya Manusia.
3. Berwenang melakukan perencanaan, pengawasan, dan evaluasi penggunaan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik.
4. Berwenang dalam pelaksanaan anggaran operasional di bidang sumber daya sesuai dengan kebijakan efisiensi dan transparansi.
5. Berwenang mengelola teknologi informasi dan sistem pendukung.
6. Berwenang memberikan arahan kepada bagian-bagian dibawah koordinasinya.
7. Berwenang mewakili Direktur Kampus Surabaya dalam forum internal atau eksternal terkait perencanaan dan pengelolaan sumber daya.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktur Kampus Surabaya
1 . Melaporkan Pelaksanaan Tugas, Memperoleh Arahan Strategis, Serta Menyampaikan Evaluasi Dan Rekomendasi Di Bidang Sumber Daya.
2 . Koordinasi Dalam Pemenuhan SDM Dosen, Sarana Prasarana Pembelajaran, Dan Dukungan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Akademik Dan Riset.
3 . Koordinasi Terkait Penyediaan SDM Pendukung, Ruang Kegiatan Kemahasiswaan, Layanan TI, Dan Pendanaan Kegiatan Non-akademik.
4 . Koordinasi Dalam Proses Rekrutmen, Pengembangan Kompetensi, Penilaian Kinerja, Serta Mutasi/promosi Dosen Dan Tenaga Kependidikan.
5 . Koordinasi Dalam Perencanaan, Penggunaan, Dan Pelaporan Anggaran Kampus Surabaya.
6 . Koordinasi Terkait Pemeliharaan, Pengadaan, Dan Pengelolaan Fasilitas Fisik Dan Infrastruktur Kampus.
7 . Penerapan Dan Pemeliharaan Sistem TI Yang Mendukung Operasional Kampus Surabaya.
2 . Wakil Direktur Bidang Akademik Dan Riset
1 . Melaporkan Pelaksanaan Tugas, Memperoleh Arahan Strategis, Serta Menyampaikan Evaluasi Dan Rekomendasi Di Bidang Sumber Daya.
2 . Koordinasi Dalam Pemenuhan SDM Dosen, Sarana Prasarana Pembelajaran, Dan Dukungan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Akademik Dan Riset.
3 . Koordinasi Terkait Penyediaan SDM Pendukung, Ruang Kegiatan Kemahasiswaan, Layanan TI, Dan Pendanaan Kegiatan Non-akademik.
4 . Koordinasi Dalam Proses Rekrutmen, Pengembangan Kompetensi, Penilaian Kinerja, Serta Mutasi/promosi Dosen Dan Tenaga Kependidikan.
5 . Koordinasi Dalam Perencanaan, Penggunaan, Dan Pelaporan Anggaran Kampus Surabaya.
6 . Koordinasi Terkait Pemeliharaan, Pengadaan, Dan Pengelolaan Fasilitas Fisik Dan Infrastruktur Kampus.
7 . Penerapan Dan Pemeliharaan Sistem TI Yang Mendukung Operasional Kampus Surabaya.
3 . Wakil Direktur Bidang Admisi Dan Kemahasiswaan
1 . Melaporkan Pelaksanaan Tugas, Memperoleh Arahan Strategis, Serta Menyampaikan Evaluasi Dan Rekomendasi Di Bidang Sumber Daya.
2 . Koordinasi Dalam Pemenuhan SDM Dosen, Sarana Prasarana Pembelajaran, Dan Dukungan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Akademik Dan Riset.
3 . Koordinasi Terkait Penyediaan SDM Pendukung, Ruang Kegiatan Kemahasiswaan, Layanan TI, Dan Pendanaan Kegiatan Non-akademik.
4 . Koordinasi Dalam Proses Rekrutmen, Pengembangan Kompetensi, Penilaian Kinerja, Serta Mutasi/promosi Dosen Dan Tenaga Kependidikan.
5 . Koordinasi Dalam Perencanaan, Penggunaan, Dan Pelaporan Anggaran Kampus Surabaya.
6 . Koordinasi Terkait Pemeliharaan, Pengadaan, Dan Pengelolaan Fasilitas Fisik Dan Infrastruktur Kampus.
7 . Penerapan Dan Pemeliharaan Sistem TI Yang Mendukung Operasional Kampus Surabaya.
4 . Direktorat Sumber Daya Manusia
1 . Melaporkan Pelaksanaan Tugas, Memperoleh Arahan Strategis, Serta Menyampaikan Evaluasi Dan Rekomendasi Di Bidang Sumber Daya.
2 . Koordinasi Dalam Pemenuhan SDM Dosen, Sarana Prasarana Pembelajaran, Dan Dukungan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Akademik Dan Riset.
3 . Koordinasi Terkait Penyediaan SDM Pendukung, Ruang Kegiatan Kemahasiswaan, Layanan TI, Dan Pendanaan Kegiatan Non-akademik.
4 . Koordinasi Dalam Proses Rekrutmen, Pengembangan Kompetensi, Penilaian Kinerja, Serta Mutasi/promosi Dosen Dan Tenaga Kependidikan.
5 . Koordinasi Dalam Perencanaan, Penggunaan, Dan Pelaporan Anggaran Kampus Surabaya.
6 . Koordinasi Terkait Pemeliharaan, Pengadaan, Dan Pengelolaan Fasilitas Fisik Dan Infrastruktur Kampus.
7 . Penerapan Dan Pemeliharaan Sistem TI Yang Mendukung Operasional Kampus Surabaya.
5 . Direktorat Keuangan
1 . Melaporkan Pelaksanaan Tugas, Memperoleh Arahan Strategis, Serta Menyampaikan Evaluasi Dan Rekomendasi Di Bidang Sumber Daya.
2 . Koordinasi Dalam Pemenuhan SDM Dosen, Sarana Prasarana Pembelajaran, Dan Dukungan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Akademik Dan Riset.
3 . Koordinasi Terkait Penyediaan SDM Pendukung, Ruang Kegiatan Kemahasiswaan, Layanan TI, Dan Pendanaan Kegiatan Non-akademik.
4 . Koordinasi Dalam Proses Rekrutmen, Pengembangan Kompetensi, Penilaian Kinerja, Serta Mutasi/promosi Dosen Dan Tenaga Kependidikan.
5 . Koordinasi Dalam Perencanaan, Penggunaan, Dan Pelaporan Anggaran Kampus Surabaya.
6 . Koordinasi Terkait Pemeliharaan, Pengadaan, Dan Pengelolaan Fasilitas Fisik Dan Infrastruktur Kampus.
7 . Penerapan Dan Pemeliharaan Sistem TI Yang Mendukung Operasional Kampus Surabaya.
6 . Bagian Logistik Dan Manajemen Aset
1 . Melaporkan Pelaksanaan Tugas, Memperoleh Arahan Strategis, Serta Menyampaikan Evaluasi Dan Rekomendasi Di Bidang Sumber Daya.
2 . Koordinasi Dalam Pemenuhan SDM Dosen, Sarana Prasarana Pembelajaran, Dan Dukungan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Akademik Dan Riset.
3 . Koordinasi Terkait Penyediaan SDM Pendukung, Ruang Kegiatan Kemahasiswaan, Layanan TI, Dan Pendanaan Kegiatan Non-akademik.
4 . Koordinasi Dalam Proses Rekrutmen, Pengembangan Kompetensi, Penilaian Kinerja, Serta Mutasi/promosi Dosen Dan Tenaga Kependidikan.
5 . Koordinasi Dalam Perencanaan, Penggunaan, Dan Pelaporan Anggaran Kampus Surabaya.
6 . Koordinasi Terkait Pemeliharaan, Pengadaan, Dan Pengelolaan Fasilitas Fisik Dan Infrastruktur Kampus.
7 . Penerapan Dan Pemeliharaan Sistem TI Yang Mendukung Operasional Kampus Surabaya.
7 . Bagian Pusat Teknologi Informasi
1 . Melaporkan Pelaksanaan Tugas, Memperoleh Arahan Strategis, Serta Menyampaikan Evaluasi Dan Rekomendasi Di Bidang Sumber Daya.
2 . Koordinasi Dalam Pemenuhan SDM Dosen, Sarana Prasarana Pembelajaran, Dan Dukungan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Akademik Dan Riset.
3 . Koordinasi Terkait Penyediaan SDM Pendukung, Ruang Kegiatan Kemahasiswaan, Layanan TI, Dan Pendanaan Kegiatan Non-akademik.
4 . Koordinasi Dalam Proses Rekrutmen, Pengembangan Kompetensi, Penilaian Kinerja, Serta Mutasi/promosi Dosen Dan Tenaga Kependidikan.
5 . Koordinasi Dalam Perencanaan, Penggunaan, Dan Pelaporan Anggaran Kampus Surabaya.
6 . Koordinasi Terkait Pemeliharaan, Pengadaan, Dan Pengelolaan Fasilitas Fisik Dan Infrastruktur Kampus.
7 . Penerapan Dan Pemeliharaan Sistem TI Yang Mendukung Operasional Kampus Surabaya.
Eksternal Dalam Hal
1 . Instansi Pemerintah
1 . Pemenuhan Regulasi Sesuai Ketentuan Pemerintah.
2 . Pengelolaan Transaksi Keuangan Kampus.
3 . Penyediaan Dan Pengelolaan Dasar Seperti Listrik, Internet, Dan Air Bersih.
2 . Perbankan
1 . Pemenuhan Regulasi Sesuai Ketentuan Pemerintah.
2 . Pengelolaan Transaksi Keuangan Kampus.
3 . Penyediaan Dan Pengelolaan Dasar Seperti Listrik, Internet, Dan Air Bersih.
3 . Mitra Infrastruktur Kampus Surabaya
1 . Pemenuhan Regulasi Sesuai Ketentuan Pemerintah.
2 . Pengelolaan Transaksi Keuangan Kampus.
3 . Penyediaan Dan Pengelolaan Dasar Seperti Listrik, Internet, Dan Air Bersih.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Tantangan dalam mempertahankan SDM berkualitas agar kegiatan akademik dan non akademik berjalan dengan baik.
2. Tantangan dalam mengalokasikan anggaran secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan operasional di Kmapus Surabaya.
3. Tantangan dalam memastikan sarana dan prasarana selalu optimal dalam mendukung kegiatan akademik dan non akademik.
4. Pengimplementasian teknologi informasi dan digitalisasi di Kampus Surabaya.
5. Memastikan bahwa Kampus Surabaya tetap selaras dengan visi-misi dan rencana strategis universitas.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
STRUKTUR ORGANISASI