DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
466/AJ-TELU/0/PUTI.4/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Riset Dan Layanan TI | ||
Urusan | Satu Data | ||
Jabatan | Kepala Urusan | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Bagian Riset Dan Layanan TI. |
||
Bawahan Langsung | |||
Ikhtisar Jabatan | Melakukan Transformasi Struktur Data Dan Membuat Laporan Terkait Struktur Data Pada Pelaksanaan Proyek Pelaksanaan Satu Data Telkom University National Campus. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam melakukan transformasi struktur data pada pelaksanaan proyek Satu Data Telkom University National Campus agar data yang dihasilkan lebih berkualitas dan mengurangi resiko terjadinya kesalahan. |
||
Uraian Tugas |
1. Melakukan transformasi struktur data pada pelaksanaan proyek Satu Data Telkom University National Campus; dan 2. Membuat laporan terkait transformasi struktur data pada proyek pelaksanaan Satu Data Telkom University National Campus. |
||
Wewenang |
1. Manajemen dan Integrasi Data – Berwenang dalam mengelola, mengintegrasikan, dan memastikan konsistensi data di seluruh sistem informasi Universitas guna mendukung konsep Satu Data. 2. Penyusunan Standar Data dan Keamanan – Memiliki otoritas dalam menetapkan standar pengelolaan data, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, serta menerapkan keamanan data untuk menjaga integritas informasi. 3. engelolaan Infrastruktur dan Interoperabilitas Data – Bertanggung jawab dalam mengembangkan sistem pengelolaan data, API, serta mekanisme pertukaran data antar sistem untuk meningkatkan efisiensi layanan TI. 4. Koordinasi dengan Unit Terkait – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim akademik, administrasi, dan pengembang IT guna memastikan implementasi kebijakan Satu Data berjalan optimal. 5. Pelaporan dan Evaluasi Data – Menyusun laporan berkala terkait kualitas, pemanfaatan, serta efektivitas sistem data, serta mengusulkan strategi peningkatan pengelolaan data kepada manajemen. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Antar Unit. | 1 . Tiket Igracias, Layanan Igracias. | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . YPT | 1 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT 2 . Layanan Colocation/vps, Negosiasi 3 . Komunikasi | ||
2 . Antar Direktorat; | 1 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT 2 . Layanan Colocation/vps, Negosiasi 3 . Komunikasi | ||
3 . Supplier. | 1 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT 2 . Layanan Colocation/vps, Negosiasi 3 . Komunikasi | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Menggabungkan data dari berbagai sistem yang berbeda sering kali menghadapi tantangan dalam format, struktur, dan konsistensi. Data yang tidak akurat, duplikasi, atau tidak lengkap dapat menghambat pengambilan keputusan yang efektif. 2. Perlindungan data dari kebocoran dan serangan siber menjadi tantangan besar, terutama dalam memastikan akses yang aman serta kepatuhan terhadap regulasi terkait perlindungan data. |
||
Indikator Keberhasilan |
1. Pemenuhan layanan user education dengan jumlah 4 2. Sertifikasi ISO 27001 terlaksana 3. Surveillance ISO 20000 dengan jumlah 1 4. Audit internal ISO 21000, 20000, dan 27001 jumlah 2 5. Video baru di 2024 untuk user education layanan TI dengan jumlah 1 6. Persen teknologi (aplikasi dll) yang didaftarkan HKI di 2024 dengan persentase 30% |
||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Data Protection | 4 | Mampu menganalisis konsep data protection (pengamanan informasi untuk transfer, penyimpanan, dan penggunaan). |
2 | Data Engineering | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep Data Engineering walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Data Engineering. |
3 | Data Scientist | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep Data Scientist walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Data Scientist. |
4 | Cognitive Computing | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep Cognitive Computing walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Cognitive Computing. |
5 | IT Strategy & Business Alignment | 4 | Mampu menganalisis strategi IT untuk beberapa tahun ke depan, dan mencakup semua aspek organisasi IT melalui penelitian dan inovasi, dengan visi bagaimana permintaan organisasi untuk informasi dan sistem akan dipenuhi oleh teknologi, termasuk hardware, software, telekomunikasi dan layanan seperti IT operations, sistem, pengembangan dan user support. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
