DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
449/AJ-TELU/XII/TUKJ-6/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Jakarta
Bagian/Prodi Layanan Administrasi Akademik, Alumni, Dan Kemahasiswaan
Urusan Layanan Administrasi Akademik
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Education
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Layanan Administrasi Akademik.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Mendukung Dan Membantu Proses Layanan Administrasi Akademik Di Kampus Jakarta.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam mendukung dan membantu proses layanan administrasi akademik sehingga menciptakan pembelajaran yang berkualitas serta administrasi akademik yang efektif.
Uraian Tugas
1. Mendukung layanan administrasi akademik;
2. Melaksanakan proses evaluasi kinerja akademik; dan
3. Membantu penetapan standar pembelajaran.
Wewenang
1. Berwenang mengelola dan memproses dokumen serta data administrasi akademik.
2. Berwenang mengumpulkan dan menyusun data untuk keperluan evaluasi kinerja akademik.
3. Berwenang mengakses sistem informasi akademik sesuai batasan kewenangan untuk mendukung tugas administrasi.
4. Berwenang melaksanakan koordinasi teknis dengan unit terkait dalam lingkup tugas yang diberikan.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Akademik
1 . Untuk Mendukung Dan Menjamin Layanan Akademik Dan Pelaporannya Berjalan Dengan Lancar Dan Tepat Waktu. Pelayanan Akademik Mencakup Pelaksanaan TA/PA, Sertifikasi Mahasiswa, Penanganan Keluhan Mahasiswa, Perwalian, Penerbitan SKL, Sidang Akademik, Dan Ujian.
2 . Untuk Menjamin Dan Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Dan Pengelolaan Akademik.
3 . Untuk Mendukung Proses Pelaksanaan Akreditasi Nasional Maupun Internasional Serta Implementasi ISO.
2 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Untuk Mendukung Dan Menjamin Layanan Akademik Dan Pelaporannya Berjalan Dengan Lancar Dan Tepat Waktu. Pelayanan Akademik Mencakup Pelaksanaan TA/PA, Sertifikasi Mahasiswa, Penanganan Keluhan Mahasiswa, Perwalian, Penerbitan SKL, Sidang Akademik, Dan Ujian.
2 . Untuk Menjamin Dan Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Dan Pengelolaan Akademik.
3 . Untuk Mendukung Proses Pelaksanaan Akreditasi Nasional Maupun Internasional Serta Implementasi ISO.
3 . Bagian Satuan Penjaminan Mutu
1 . Untuk Mendukung Dan Menjamin Layanan Akademik Dan Pelaporannya Berjalan Dengan Lancar Dan Tepat Waktu. Pelayanan Akademik Mencakup Pelaksanaan TA/PA, Sertifikasi Mahasiswa, Penanganan Keluhan Mahasiswa, Perwalian, Penerbitan SKL, Sidang Akademik, Dan Ujian.
2 . Untuk Menjamin Dan Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Dan Pengelolaan Akademik.
3 . Untuk Mendukung Proses Pelaksanaan Akreditasi Nasional Maupun Internasional Serta Implementasi ISO.
Eksternal Dalam Hal
1 . Orang Tua Mahasiswa
1 . Untuk Menjamin Dan Mengoptimalkan Pelayanan Akademik Untuk Memperoleh Hak- Haknya Sebagai Orang Tua Mahasiswa.
2 . Untuk Mendukung Dan Mengoptimalkan Peningkatan Kualitas Akademik Di Fakultas Melalui Pelaksanaan Kerjasama.
3 . Untuk Mendukung Pelaksanaan Sertifikasi Mahasiswa.
2 . Universitas Lain
1 . Untuk Menjamin Dan Mengoptimalkan Pelayanan Akademik Untuk Memperoleh Hak- Haknya Sebagai Orang Tua Mahasiswa.
2 . Untuk Mendukung Dan Mengoptimalkan Peningkatan Kualitas Akademik Di Fakultas Melalui Pelaksanaan Kerjasama.
3 . Untuk Mendukung Pelaksanaan Sertifikasi Mahasiswa.
3 . Lembaga Sertifikasi Nasional Maupun Internasional
1 . Untuk Menjamin Dan Mengoptimalkan Pelayanan Akademik Untuk Memperoleh Hak- Haknya Sebagai Orang Tua Mahasiswa.
2 . Untuk Mendukung Dan Mengoptimalkan Peningkatan Kualitas Akademik Di Fakultas Melalui Pelaksanaan Kerjasama.
3 . Untuk Mendukung Pelaksanaan Sertifikasi Mahasiswa.
Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Syllabus Development3Mampu melaksanakan pengelolaan Syllabus Development terkait penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran pada satu atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penentuan materi pokok pembelajaran, pemilihan strategi dan pengalaman pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, menentukan alokasi waktu dan sumber/bahan belajar.
2Document Administration3Mampu memilih dan menerapkan proses pengelolaan dokumen sesuai standar dan prosedur yang berlaku.
STRUKTUR ORGANISASI