DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
353/AJ-TELU/IV/SPIO.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Kerja Sama Strategis Dan Kantor Urusan Internasional
Bagian/Prodi Kerja Sama Strategis (Strategic Partnership)
Urusan Kerja Sama Akademik (Academic Partnership)
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Business Planning And Operations
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Kerja Sama Akademik (Academic Partnership).
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Mendukung Program Kerja Sama Dalam Bidang Tridharma Pendidikan Tinggi Serta Melaksanakan Inisiasi Kerja Sama Tridharma Pendidikan Nasional Dan Internasional.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam mendukung kerja sama terkait tridharma pendidikan tinggi sehingga menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas.
Uraian Tugas
1. Mendukung program kerjasama dalam bidang tridharma pendidikan tinggi;
2. Melaksanakan inisiasi kerja sama tridharma pendidikan tingkat nasional serta internasional (bekerja sama dengan unit pelaksana);
3. Menyiapkan program engagement hubungan kerja sama tridharma pendidikan tinggi dengan mitra nasional atau internasional (bekerja sama dengan unit pelaksana);
4. Membantu penyusunan dokumen MoU dan MoA untuk kerja sama tridharma pendidikan tinggi; dan
5. Membuat program promosi kerja sama tridharma pendidikan tinggi dengan nasional atau internasional.
Wewenang
1. Berwenang mengakses data dan informasi terkait program tridharma baik di tingkat nasional maupun internasional.
2. Berwenang menginisiasi komunikasi dan negosiasi awal dengan calon mitra kerja sama dalam rangka menjajaki peluang kolaborasi tridharma.
3. Berwenang dan mengusulkan draft dokumen kerja sama (MoU/MoA) dengan mitra kerja sama akademik.
4. Berwenang memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kerja sama yang sudah berjalan.
5. Berwenang mengusulkan program atau kebijakan strategis untuk pengembangan kerja sama tridharma.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Program Studi
1 . Rencana Kerja Sama, Penerima Tamu Dan Monitoring Masa Berlaku Dokumen Kerja Sama.
2 . Pengembangan Dan Pemeliharaan Aplikasi Kerja Sama Akademik.
3 . Review Dokumen Kerja Sama Akademik (MoU Dan MoA).
4 . Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa.
5 . Koordinasi Mahasiswa Asing Di Kelas Internasional Terutama Yang Hadir Dengan Beasiswa Internasional.
2 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Rencana Kerja Sama, Penerima Tamu Dan Monitoring Masa Berlaku Dokumen Kerja Sama.
2 . Pengembangan Dan Pemeliharaan Aplikasi Kerja Sama Akademik.
3 . Review Dokumen Kerja Sama Akademik (MoU Dan MoA).
4 . Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa.
5 . Koordinasi Mahasiswa Asing Di Kelas Internasional Terutama Yang Hadir Dengan Beasiswa Internasional.
3 . Bagian Legal
1 . Rencana Kerja Sama, Penerima Tamu Dan Monitoring Masa Berlaku Dokumen Kerja Sama.
2 . Pengembangan Dan Pemeliharaan Aplikasi Kerja Sama Akademik.
3 . Review Dokumen Kerja Sama Akademik (MoU Dan MoA).
4 . Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa.
5 . Koordinasi Mahasiswa Asing Di Kelas Internasional Terutama Yang Hadir Dengan Beasiswa Internasional.
4 . Direktorat Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, Dan Alumni
1 . Rencana Kerja Sama, Penerima Tamu Dan Monitoring Masa Berlaku Dokumen Kerja Sama.
2 . Pengembangan Dan Pemeliharaan Aplikasi Kerja Sama Akademik.
3 . Review Dokumen Kerja Sama Akademik (MoU Dan MoA).
4 . Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa.
5 . Koordinasi Mahasiswa Asing Di Kelas Internasional Terutama Yang Hadir Dengan Beasiswa Internasional.
5 . ICAO
1 . Rencana Kerja Sama, Penerima Tamu Dan Monitoring Masa Berlaku Dokumen Kerja Sama.
2 . Pengembangan Dan Pemeliharaan Aplikasi Kerja Sama Akademik.
3 . Review Dokumen Kerja Sama Akademik (MoU Dan MoA).
4 . Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa.
5 . Koordinasi Mahasiswa Asing Di Kelas Internasional Terutama Yang Hadir Dengan Beasiswa Internasional.
Eksternal Dalam Hal
1 . Ristek Dikti
1 . Laporan Kerja Sama Pendidikan Tinggi.
2 . Kerja Sama Penerimaan Mahasiswa Baru, Terutama Untuk Program-program Pemerintah Yang Dilaksanakan Di Universitas Telkom.
2 . KBRI
1 . Laporan Kerja Sama Pendidikan Tinggi.
2 . Kerja Sama Penerimaan Mahasiswa Baru, Terutama Untuk Program-program Pemerintah Yang Dilaksanakan Di Universitas Telkom.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Perbedaan kebijakan, standar, dan regulasi antara perguruan tinggi nasional dan internasional.
2. Tantangan dalam membangun sinergi yang efektif dan efisien.
3. Mengelola komunikasi dan negosiasi agar tercapainya kesepakatan yang saling menguntungkan.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Corporate Action3Mampu mengaplikasikan konsep Corporate Action untuk market lokal maupun internasional.
2Business Modelling and Deal Structuring3Mampu mengaplikasikan konsep Business Modelling & Deal Structuring (bisnis model untuk sebuah kerja sama).
3Customer Relationship Management Implementation2Mengetahui dan mampu menjelaskan customer relationship management implementation dengan perusahaan melalui multi touch points (customer smart care) untuk mempromosikan produk, meningkatkan pendapatan, penjualan dan kepuasan pelanggan.
4Corporate Event Management2Mampu menjelaskan dan mencari alternatif lain pengelolaan dokumen perusahaan sesuai standar dan prosedur yang berlaku.
5International Relations3Mampu memberikan informasi yang jelas tentang eksistensi perusahaan dan bidang usahanya kepada publik internasional.
6Community Relations3Mampu menyusun perencanaan, implementasi program pengelolaan dan hubungan dengan berbagai komunitas dalam upaya meningkatkan reputasi perusahaan, serta melakukan evaluasi dan melaporkan hasil evaluasi implementasi program.
STRUKTUR ORGANISASI