DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
339/AJ-TELU/III/PADM.5-6/2023 0 2025-01-09
Direktorat/Fakultas Pemasaran Dan Admisi
Bagian/Prodi Riset Dan Pemasaran Digital
Urusan Pemasaran Digital
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Pemasaran Digital.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Membantu Implementasi Pemasaran Digital Dalam Proses Penerimaan Mahasiswa Baru.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam mendukung implementasi program kerja proses pemasaran digital sehingga dapat menunjang kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Membantu implementasi program kerja proses pemasaran digital, dan kerja sama pemasaran digital pada proses penerimaan mahasiswa baru.
Wewenang
1. Berwenang menjalankan pemasaran digital untuk mendukung peningkatan jumlah pendaftar mahasiswa baru.
2. Berwenang mengelola konten digital promosi admisi.
3. Berwenang menyusun laporan evaluasi dan riset digital.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Urusan Riset Pemasaran
1 . Berkoordinasi Untuk Menyusun Strategi Digital Berbasis Riset Pasar.
2 . Menyediakan Data Performa Jalur Pendaftaran Untuk Evaluasi Digital Marketing.
2 . Bagian Admisi
1 . Berkoordinasi Untuk Menyusun Strategi Digital Berbasis Riset Pasar.
2 . Menyediakan Data Performa Jalur Pendaftaran Untuk Evaluasi Digital Marketing.
Eksternal Dalam Hal
1 . Influencer Pendidikan
1 . Kerja Sama Terkait Promosi Institusi.
2 . Menyebarkan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Menjadi Target Kerja Sama Promosi Digital.
2 . Media Online
1 . Kerja Sama Terkait Promosi Institusi.
2 . Menyebarkan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Menjadi Target Kerja Sama Promosi Digital.
3 . Sekolah
1 . Kerja Sama Terkait Promosi Institusi.
2 . Menyebarkan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Menjadi Target Kerja Sama Promosi Digital.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Persaingan dengan institusi pendidikan lain dalam kanal digital.
2. SDM yang harus kompeten dalam bidang digital marketing.
3. Perubahan tren digital yang sangat pesat mempengaruhi pendaftaran bagi calon mahasiswa baru.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Content Management3Mampu menjalankan prosedur Content Management yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Content Management dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Content Management.
2Integrated Marketing Communication2Mampu mengetahui dan mampu menjelaskan mengenai bauran komunikasi pemasaran baik melalui media above the line maupun below the line (advertising, sales promo, direct marketing, PR) dan juga mengenali bauran komunikasi online (website, email blast, banner, button, text link, pops up, dan lain-lain).
3Personalization2Mampu menjalankan prosedur Personalization yang sudah ditetapkan, mampu memberikan masukan terhadap teknis pelaksanaan prosedur Personalization.
4Marketing Planning2Mampu menjelaskan secara komprehensif konsep marketing plan sesuai dengan strategic intent yang ada.
5Marketing Community Planning2Mengetahui dan mampu menjelaskan marketing community planning dalam rangka peningkatan kinerja pemasaran (get, keep, grow).
STRUKTUR ORGANISASI