DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
314/AJ-TELU/I/PSAL.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Pasca Sarjana Dan Advance Learning
Bagian/Prodi Pusat Bahasa
Urusan Pengembangan Bahasa
Jabatan Instruktur Database
Kelompok Bidang 1. Education
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Pengembangan Bahasa.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Mendukung Program-program Terkait Pelatihan Bahasa Baik Bersifat Luring Maupun Daring.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam membantu pelaksanaan program-program pengembangan kompetensi dan produk pada layanan bahasa sehingga dapat menjadi pusat bahasa di Universitas Telkom yang berbasis riset dan teknologi informasi.
Uraian Tugas
1. Mendukung implementasi program kerja pusat bahasa dengan pihak internal (Fakultas dan Kantor Urusan Internasional) dan pihak eksternal; dan
2. Mendukung program-program pengembangan kompetensi dan produk layanan bahasa.
Wewenang
1. Berwenang dalam menyusun dan mengembangkan materi ajar terkait pengembangan kompetensi berbahasa.
2. Berwenang dalam memberikan pembelajaran terkait pengembangan berbahasa.
3. Berwenang menyelenggarakan ujian dan penilaian terhadap peserta didik dalam pengembangan berbahasa.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Mahasiswa
1 . Pengguna Layanan.
2 . Pengguna Layanan.
3 . Pengguna Layanan.
2 . Dosen
1 . Pengguna Layanan.
2 . Pengguna Layanan.
3 . Pengguna Layanan.
3 . TPA
1 . Pengguna Layanan.
2 . Pengguna Layanan.
3 . Pengguna Layanan.
Eksternal Dalam Hal
1 . Pengguna Eksternal
1 . Pengguna Layanan.
Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Market Research2Mampu menjelaskan metode dan sasaran Market Research secara komprehensif.
2Syllabus Development3Mampu melaksanakan pengelolaan Syllabus Development terkait penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran pada satu atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penentuan materi pokok pembelajaran, pemilihan strategi dan pengalaman pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, menentukan alokasi waktu dan bahan belajar.
3Teaching Plan3Mampu melaksanakan pengelolaan Teaching Plan, termasuk formulasi tujuan pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan ajar, serta pemilihan sumber pembelajaran dan medianya sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.
4Teaching3Mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan efektif, terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun secara lengkap.
5Student Evaluation3Mampu melaksanakan Student Evaluation, termasuk perancangan alat evaluasi, penggunaan metode penilaian, serta pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran berikutnya
STRUKTUR ORGANISASI