DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
292/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Pengembangan Produk TI | ||
Urusan | Pengembangan TI Strategis | ||
Jabatan | Front-End Programmer | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengembangan TI Strategis. |
||
Bawahan Langsung | |||
Ikhtisar Jabatan | Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Terkait Fitur Web Interface. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam pengembangan dan implementasi fitur web interface sehingga dapat mengembangkan dan mengatasi masalah pada seluruh website. |
||
Uraian Tugas |
1. Mengembangkan dan mengimplementasikan fitur web interface baru untuk pengguna serta fitur yang akan dimasukkan pada website dan dalam fungsi internal maupun eksternal; 2. Membuat kode yang reusable; 3. Merancang sebuah kerangka untuk membuat aplikasi pengguna yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan; 4. Memantau kinerja website terkait dengan masalah kegunaan situs dan memperbaiki masalah; 5. Mengimplementasikan prinsip-prinsip desain web dan memastikan website perusahaan berjalan baik di beberapa perangkat; 6. Memastikan kelayakan teknis dari desain User Interface (UI) atau User Experience (UX); 7. Membantu dalam dokumentasi (instruksional, pitch, dan spesifikasi teknis); 8. Menjamin semua input pengguna divalidasi dikirim ke back-end; dan 9. Meninjau aplikasi dan fitur coding dan merencanakan upgrade situs di masa yang akan datang dengan tim pengembangan. |
||
Wewenang |
1. Pengembangan Antarmuka Pengguna (UI/UX) – Berwenang dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan antarmuka pengguna untuk aplikasi berbasis web dan mobile yang responsif dan interaktif 2. Implementasi Desain ke dalam Kode – Memiliki otoritas dalam mengubah desain UI/UX menjadi kode front-end menggunakan teknologi seperti HTML, CSS, JavaScript, dan framework modern (React, Vue, Angular) 3. Optimasi Kinerja Aplikasi – Bertanggung jawab dalam mengoptimalkan performa tampilan aplikasi, termasuk kecepatan loading, responsivitas, dan aksesibilitas pada berbagai perangkat 4. Integrasi dengan Back-End – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim back-end untuk menghubungkan API dan memastikan komunikasi data berjalan lancar antara server dan tampilan aplikasi 5. Pemeliharaan dan Debugging – Menyusun laporan dan melakukan debugging serta pemeliharaan kode, memastikan aplikasi tetap stabil, aman, dan sesuai standar pengembangan perangkat lunak |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Direktorat Dan Fakultas. | 1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan 3 . Pengaturan Dan Koordinasi Resource | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Pihak Eksternal Atas Sepersetujuan Dari Pimpinan | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia 2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan |
||
Indikator Keberhasilan |
1. Pemenuhan dashboard IKU perguruan tinggi dengan persentase 100% 2. Penyelesaian satudata sesuai timeline dengan persentase 100% 3. Supper app sesuai Timeline 4. Redevelopment aplikasi OBE dengan persentase 100% 5. Penyesuaian aplikasi sirama dengan persentase 100% |
||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | IT Requirement Management | 3 | Mampu mengaplikasikan konsep IT Requirement Management (memahami kebutuhan pelanggan untuk mengembangkan kebutuhan fungsional dan non fungsional untuk layanan baru atau diubah). |
2 | DEVOPS | 3 | Mampu menjalankan prosedur DevOps yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur DevOps dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur DevOps. |
3 | 3RD Party System Integration | 3 | Mampu mengaplikasikan konsep 3rd Party System Integration sistem internal organisasi dengan solusi eksternal untuk menyediakan fungsionalitas tambahan atas solusi yang sudah ada. |
4 | Configuration Management | 3 | Mampu mengaplikasikan Configuration Management (konsistensi kinerja suatu produk, serta atribut fungsional dan fisik persyaratan, desain, dan informasi operasional sepanjang lifecycle). |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
