DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
285/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Pengembangan Produk TI | ||
Urusan | Pengembangan Produk TI Akademik | ||
Jabatan | System Analyst | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengembangan Produk TI Akademik. |
||
Bawahan Langsung | |||
Ikhtisar Jabatan | Mengumpulkan Dan Melaksanakan Analisa Terkait Pengembangan Perangkat Lunak Produk TI Akademik. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam mengumpulkan dan melaksanakan analisa terkait pengembangan perangkat lunak produk Teknologi Informasi (TI) non- akademik agar menghasilkan rancangan yang sesuai. |
||
Uraian Tugas |
1. Melaksanakan analisa terhadap sistem atau aplikasi produk Teknologi Informasi (TI) akademik agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement; 2. Melaksanakan analisa perbaikan atau penyesuaian terhadap framework yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak produk Teknologi Informasi (TI) akademik; dan 3. Mengumpulkan hasil coding setiap fitur aplikasi setelah tes dilakukan untuk melakukan merge code antara development dan production. |
||
Wewenang |
1. Analisis dan Perancangan Sistem – Berwenang dalam menganalisis kebutuhan bisnis, merancang arsitektur sistem, serta mengembangkan solusi teknologi informasi untuk mendukung proses operasional organisasi 2. Koordinasi dengan Tim Pengembang dan Pemangku Kepentingan – Memiliki otoritas dalam berkomunikasi dengan pengguna, tim pengembang, dan manajemen guna memastikan sistem yang dikembangkan sesuai kebutuhan 3. Evaluasi dan Optimasi Kinerja Sistem – Bertanggung jawab dalam melakukan pengujian sistem, analisis performa, serta memberikan rekomendasi peningkatan dan perbaikan sistem informasi 4. Dokumentasi dan Standarisasi Proses – Berwenang dalam membuat dokumentasi sistem, diagram alur kerja, serta standar pengembangan dan implementasi sistem TI 5. Pelaporan dan Rekomendasi Strategis – Menyusun laporan berkala terkait efektivitas sistem, hasil analisis kebutuhan, serta strategi pengembangan sistem TI di masa depan untuk mendukung keputusan manajemen |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan 3 . Pengaturan Dan Koordinasi Resource | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Pihak Eksternal Atas Sepersetujuan Dari Pimpinan | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia 2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan. |
||
Indikator Keberhasilan |
1. Persen request terkait aplikasi diterima, disetujui, dan terpenuhi dengan persentase 80% 2. Persen entities dengan data redundancies dalam rangka rancangan database (teknis) dengan persentase 0% 3. Kilo Lines of Code per individu per Month sebesar 2 KLOC/month-ind 4. Persen data master yang tercover pada proyek penyatuan TUNC Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 80% 5. Kerjasama pengembangan layanan sejumlah 1 |
||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | IT Requirement Management | 3 | Mampu mengaplikasikan konsep IT Requirement Management (memahami kebutuhan pelanggan untuk mengembangkan kebutuhan fungsional dan non fungsional untuk layanan baru atau diubah). |
2 | Digitization | 3 | Mampu menjalankan prosedur Digitization yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Digitization dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Digitization. |
3 | Release Management | 3 | Mampu menjalankan prosedur Release Management yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Release Management dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Release Management. |
4 | Prototyping | 3 | Mampu menjalankan prosedur Prototyping yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Prototyping dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Prototyping. |
5 | User Experience | 3 | Mampu menjalankan prosedur User Experience yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur User Experience dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur User Experience. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
