DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
262/AJ-TELU/0/SPS.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Sekretariat Dan Perencanaan Strategis
Bagian/Prodi Satuan Penjaminan Mutu
Urusan Survei Dan Analisis Data
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Business Planning And Operations
Atasan Langsung
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Membantu Proses Survei Kepuasan Mahasiswa Dan Customer.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam membantu proses survei kepuasan sehingga dapat menunjang perbaikan dan pengembangan Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Membantu proses survei kepuasan mahasiswa dan pegawai maupun survei lain yang diperlukan untuk perencanaan kebijakan strategis;
2. Membantu proses kepuasan customer terhadap layanan unit, berkoordinasi dengan pemilik proses; dan
3. Membantu pengumpulan keluhan dan masukan dari mahasiswa, pegawai, dan unit.
Wewenang
1. Berwenang merancang dan menyebarkan instrumen survei secara mandiri maupun bersama tim atau unit terkait.
2. Berwenang mengolah dan menganalisis data hasil survei untuk disusun menjadi laporan atau rekomendasi bagi pimpinan dalam pengambilan keputusan.
3. Berwenang menjaga kerahasiaan dan integritas data responden sesuai dengan prinsip etika penelitian dan perlindungan data pribadi.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Fakultas
1 . Melaksanakan Survei Terhadap Mahasiswa Dan Dosen.
2 . Bekerja Sama Dalam Membangun Sistem Survei Digital, Database Responden, Serta Integrasi Dengan Sistem Informasi Manajemen Kampus.
3 . Membantu Publikasi Survei Atau Penyebaran Informasi Mengenai Pentingnya Partisipasi Dalam Survei.
2 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Melaksanakan Survei Terhadap Mahasiswa Dan Dosen.
2 . Bekerja Sama Dalam Membangun Sistem Survei Digital, Database Responden, Serta Integrasi Dengan Sistem Informasi Manajemen Kampus.
3 . Membantu Publikasi Survei Atau Penyebaran Informasi Mengenai Pentingnya Partisipasi Dalam Survei.
3 . Bagian Public Relation Dan Analytics
1 . Melaksanakan Survei Terhadap Mahasiswa Dan Dosen.
2 . Bekerja Sama Dalam Membangun Sistem Survei Digital, Database Responden, Serta Integrasi Dengan Sistem Informasi Manajemen Kampus.
3 . Membantu Publikasi Survei Atau Penyebaran Informasi Mengenai Pentingnya Partisipasi Dalam Survei.
Eksternal Dalam Hal
1 . Lembaga Konsultan Survei
1 . Bekerja Sama Dalam Peningkatan Kualitas Instrumen Survei Dan Metodologi Analisis Data.
2 . Sebagai Responden Utama Survei Kepuasan, Pengumpulan Masukan, Dan Sumber Data Untuk Analisis.
2 . Civita Academica
1 . Bekerja Sama Dalam Peningkatan Kualitas Instrumen Survei Dan Metodologi Analisis Data.
2 . Sebagai Responden Utama Survei Kepuasan, Pengumpulan Masukan, Dan Sumber Data Untuk Analisis.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Partisipasi responden rendah.
2. Tidak semua masukan dapat ditindaklanjuti secara langsung.
3. Tantangan untuk menyusun laporan berkala yang mudah dipahami dan berdampak pada kebijakan.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Quality Management Assessment2Memahami cara perancangan dan pengembangan quality management assessment.
2Performance Measurement3Mampu mengapliaksikan metode pengukuran dan mengetahui ketapatan penggunaanya di dalam berbagai situasi, terkait pengukuran kinerja dosen, guru dan tenaga kependidikan dengan sistem, proses dan ukuran yang sesuai.
3Internal Audit2Mampu memahami dan menjelaskan internal audit pendidikan melalui perencanaan audit, pelaksanaan audit, pelaporan, dan evaluasi serta monitoring tindak lanjut audit dengan menggunakan konsep, prinsip, dan standar audit bidang pendidikan yang berlaku.
STRUKTUR ORGANISASI