DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
195/AJ-TELU/IV/BTP.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Bandung Techno Park
Bagian/Prodi Layanan Dan Tenant Support
Urusan Finance Dan Support
Jabatan Asisten Manager
Kelompok Bidang 1. Business Planning And Operations
2. Research Administration
Atasan Langsung 1. Manager Layanan Dan Tenant Support.
Bawahan Langsung 1. Staf Finance Dan Support.
Ikhtisar Jabatan Melakukan Analisa Laporan Keuangan Berkala Dan Penjajakan Deal Bisnis, Investasi Seed Capital, Atau Kerja Sama Lainnya Dengan Para Tenant.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam analisa laporan keuangan secara berkala dan penjajakan deal bisnis, investasi seed capital, atau kerja sama lainnya dengan para tenant.
Uraian Tugas
1. Melakukan Konsultasi korporat, umum dan entrepreneurs;
2. Mempersiapkan penjajakan deal bisnis, investasi seed capital, atau kerja sama investasi lainnya dengan para tenant;
3. Menyiapkan program pembinaan para tenant binaan dalam bentuk pelatihan, pendampingan, konsultasi, coaching, pendanaan, pemasaran, atau bentuk lainnya yang dirasa perlu;
4. Melakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam mengimplementasikan penjaminan mutu di Direktorat Bandung Techno Park (BTP);
5. Melakukan pencatatan dan progres report dari project, pelatihan dan hibah yang mendukung NTF (Non Tuition Fee);
6. Melakukan analisa laporan keuangan secara berkala; dan
7. Melakukan pengukuran mutu dan pencapaian target sasaran dari Direktorat Bandung Techno Park (BTP).
Wewenang
1. Berwenang mengakses data dan dokumen keuangan untuk keperluan analisis laporan keuangan dan evaluasi kinerja finansial.
2. Berwenang memberikan konsultasi dan pelatihan kepada tenant atau pihak internal mengenai aspek keuangan, administrasi bisnis, serta manajemen umum dan korporat.
3. Berwenang mengelola dan melaporkan atas pelaksanaan proyek, pelatihan, dan hibah yang menjadi bagian dari sumber penapatan NTF.
4. Berwenang melakukan pengukuran kinerja dan capaian mutu terhadap target yang sudah ditetapkan dalam aspek keuangan dan mutu layanan.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Keuangan
1 . Pengelolaan Keuangan Mulai Penganggaran, Penggunaan Dana, Dan Laporan Keuangan Bulanan.
2 . Pengadaan Dan Pengelolaan Aset.
3 . Pengelolaan SDM.
2 . Direktorat Aset Dan Sustainability
1 . Pengelolaan Keuangan Mulai Penganggaran, Penggunaan Dana, Dan Laporan Keuangan Bulanan.
2 . Pengadaan Dan Pengelolaan Aset.
3 . Pengelolaan SDM.
3 . Direktorat Sumber Daya Manusia
1 . Pengelolaan Keuangan Mulai Penganggaran, Penggunaan Dana, Dan Laporan Keuangan Bulanan.
2 . Pengadaan Dan Pengelolaan Aset.
3 . Pengelolaan SDM.
Eksternal Dalam Hal
1 . Vendor Suplayer
1 . Pengadaan Barang Dan Jasa Untuk Memenuhi Kebutuhan Barang Dan Jasa Internal BTP.
2 . Dukungan Pengembangan BTP.
3 . Dukungan Operasional BTP.
2 . Kementerian Perindustrian
1 . Pengadaan Barang Dan Jasa Untuk Memenuhi Kebutuhan Barang Dan Jasa Internal BTP.
2 . Dukungan Pengembangan BTP.
3 . Dukungan Operasional BTP.
3 . Pemerintahan
1 . Pengadaan Barang Dan Jasa Untuk Memenuhi Kebutuhan Barang Dan Jasa Internal BTP.
2 . Dukungan Pengembangan BTP.
3 . Dukungan Operasional BTP.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Keterbatasan akses terhadap pendanaan dan investor.
2. Tantangan dalam mengembangkan sistem pelaporan yang efektif, sistematis, dan terdigitalisasi untuk memantau semua kegiatan NTF.
3. Ketidaksesuaian data keuangan dan laporan kinerja.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Budgeting & Financial Planning4Mampu mengimplementasikan konsep budgeting & financial planning walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampumemberikan masukan untuk desain prosedur implementasi budgeting & financial planning.
2Operational Treasury4Mampu menganalisis operasional treasury yang meliputi cash in, cash out, cash opname, cash card, laporan arus kas dan lain-lain.
3Payment Management4Mampu menganalisis teknologi payment (pembayaran tagihan) yang berorientasi pada safety, accountability, kemudahan, kenyamanan dan real time.
STRUKTUR ORGANISASI