DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
187/AJ-TELU/IV/PPM.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat
Bagian/Prodi Jurnal, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat
Urusan Jurnal
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Research Administration
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Jurnal, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
Bawahan Langsung 1. Staf Jurnal.
Ikhtisar Jabatan Melaksanakan Program-program Hilirisasi Riset Dan Jurnal Ilmiah
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam melaksanakan program-program hilirisasi riset dan jurnal ilmiah sehingga dapat berjalan sesuai dengan rencana program kerja.
Uraian Tugas
1. Melaksanakan program-program hilirisasi riset dari hasil-hasil penelitian di lingkungan Universitas Telkom yang memiliki potensi komersial;
2. Melakukan pendirian dan administrasi sistem informasi jurnal; dan
3. Melakukan persiapan borang pengajuan akreditasi jurnal ilmiah.
Wewenang
1. Berwenang mengelola dan mengembangkan sistem informasi jurnal.
2. Berwenang menyusun dan mempersiapkan dokumen borang akreditasi jurnal ilmiah.
3. Berwenang mengusulkan kebijakan, standar, dan prosedur pengelolaan jurnal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4. Berwenang mewakili institusi dalam forum atau kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan jurnal ilmiah dan hilirisasi riset.
5. Melakukan koordinasi dengan peneliti, reviewer, dan tim editorial.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Fakultas Dan Program Studi
1 . Mendorong Kontribusi Artikel Ilmiah Dari Dosen Dan Mahasiswa Serta Publikasi Jurnal.
2 . Untuk Pengembangan, Pemeliharaan, Dan Keamanan Sistem Informasi Jurnal.
3 . Terkait Anggaran.
4 . Melaporkan Perkembangan Jurnal Dan Hilirisasi Riset.
2 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Mendorong Kontribusi Artikel Ilmiah Dari Dosen Dan Mahasiswa Serta Publikasi Jurnal.
2 . Untuk Pengembangan, Pemeliharaan, Dan Keamanan Sistem Informasi Jurnal.
3 . Terkait Anggaran.
4 . Melaporkan Perkembangan Jurnal Dan Hilirisasi Riset.
3 . Direktorat Keuangan
1 . Mendorong Kontribusi Artikel Ilmiah Dari Dosen Dan Mahasiswa Serta Publikasi Jurnal.
2 . Untuk Pengembangan, Pemeliharaan, Dan Keamanan Sistem Informasi Jurnal.
3 . Terkait Anggaran.
4 . Melaporkan Perkembangan Jurnal Dan Hilirisasi Riset.
4 . Kepala Bagian Jurnal, Publikasi, Dan Pengabdian Masyarakat
1 . Mendorong Kontribusi Artikel Ilmiah Dari Dosen Dan Mahasiswa Serta Publikasi Jurnal.
2 . Untuk Pengembangan, Pemeliharaan, Dan Keamanan Sistem Informasi Jurnal.
3 . Terkait Anggaran.
4 . Melaporkan Perkembangan Jurnal Dan Hilirisasi Riset.
Eksternal Dalam Hal
1 . Lembaga Akreditasi Jurnal Ilmiah
1 . Pengajuan Dan Pembaharuan Akreditasi Jurnal Ilmiah.
2 . Untuk Mendaftarkan Jurnal, Meningkatkan Visibilitas, Serta Menjaga Standar Internasional.
3 . Untuk Menjaring Artikel Berkualitas, Reviewer Eksternal, Dan Membangun Reputasi Jurnal Secara Nasional Dan Internasional.
2 . Lembaga Indeksasi Internasional
1 . Pengajuan Dan Pembaharuan Akreditasi Jurnal Ilmiah.
2 . Untuk Mendaftarkan Jurnal, Meningkatkan Visibilitas, Serta Menjaga Standar Internasional.
3 . Untuk Menjaring Artikel Berkualitas, Reviewer Eksternal, Dan Membangun Reputasi Jurnal Secara Nasional Dan Internasional.
3 . Peneliti Dan Akademisi Dari Luar Institusi
1 . Pengajuan Dan Pembaharuan Akreditasi Jurnal Ilmiah.
2 . Untuk Mendaftarkan Jurnal, Meningkatkan Visibilitas, Serta Menjaga Standar Internasional.
3 . Untuk Menjaring Artikel Berkualitas, Reviewer Eksternal, Dan Membangun Reputasi Jurnal Secara Nasional Dan Internasional.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Minimnya kolaborasi dengan dunia industri.
2. Menyusun sistem dokumentasi dan evaluasi jurnal secara berkala agar memudahkan proses akreditasi.
3. Persaingan dengan jurnal lain yang lebih reputatif.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1User Research4Mampu mengimplementasikan konsep user research walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi user research
2Innovation Management3Mampu menjalankan prosedur innovation management yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur innovation management dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur innovation management.
3Financial Reporting4Mampu menganalisis item-item laporan keuangan perusahaan untuk pengambilan keputusan
4Community Relations3Mampu menyusun perencanaan, implementasi program pengelolaan dan hubungan dengan berbagai komunitas dalam upaya meningkatkan reputasi perusahaan, serta melakukan evaluasi dan melaporkan hasil evaluasi implementasi program
5Document Administration4Mampu mengevaluasi dan memodifikasi proses pengelolaan dokumen (khususnya dokumen digital: foto, video dan lain-lain) yang berlaku dengan lebih baik.
STRUKTUR ORGANISASI