DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
174/AJ-TELU/III/PADM.4/2023 0 2025-01-09
Direktorat/Fakultas Pemasaran Dan Admisi
Bagian/Prodi Riset Dan Pemasaran Digital
Urusan Riset Pemasaran
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Riset Dan Pemasaran Digital.
Bawahan Langsung 1. Staf Riset Pemasaran.
Ikhtisar Jabatan Melakukan Implementasi Kegiatan Riset Dan Kerja Sama Pemasaran Dalam Proses Penerimaan Mahasiswa Baru.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam melakukan implementasi program kerja kegiatan riset pemasaran sehingga dapat menunjang kegiatan penerimaan mahasisiwa baru di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Mengimplementasi program kerja kegiatan riset pemasaran dan kerja sama riset pemasaran pada proses penerimaan mahasiswa baru.
Wewenang
1. Berwenang melaksanakan riset pemasaran untuk mendukung strategi penerimaan mahasiswa baru.
2. Berwenang mengakses dan mengelola data pemasaran untuk keperluan analisis strategis.
3. Berwenang melakukan analisis hasil riset dan menyusun rekomendasi strategis terkait peningkatan efektivitas promosi dan strategi admisi.
4. Berwenang membuat dan menyampaikan laporan hasil riset pemasaran kepada Kepala Bagian Riset dan Pemasaran Digital.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Bagian Admisi
1 . Terkait Data Riset Sebagai Dasar Perencanaan Target Dan Pendekatan Rekrutmen Mahasiswa.
2 . Mendukung Kebutuhan Teknis Dalam Pengumpulan Data.
3 . Informasi Tentang Kebutuhan Program Studi Dan Latar Belakang Calon Mahasiswa Yang Diinginkan.
2 . Pusat Teknologi Informasi
1 . Terkait Data Riset Sebagai Dasar Perencanaan Target Dan Pendekatan Rekrutmen Mahasiswa.
2 . Mendukung Kebutuhan Teknis Dalam Pengumpulan Data.
3 . Informasi Tentang Kebutuhan Program Studi Dan Latar Belakang Calon Mahasiswa Yang Diinginkan.
3 . Fakultas
1 . Terkait Data Riset Sebagai Dasar Perencanaan Target Dan Pendekatan Rekrutmen Mahasiswa.
2 . Mendukung Kebutuhan Teknis Dalam Pengumpulan Data.
3 . Informasi Tentang Kebutuhan Program Studi Dan Latar Belakang Calon Mahasiswa Yang Diinginkan.
Eksternal Dalam Hal
1 . Media Dan Platform Digital
1 . Sumber Data Eksternal Untuk Analisis Tren Digital.
2 . Menjadi Mitra Pembanding Dalam Studi Banding Strategi Pemasaran.
3 . Menjadi Responden Atau Partisipasi Dalam Survei.
2 . Universitas Lain
1 . Sumber Data Eksternal Untuk Analisis Tren Digital.
2 . Menjadi Mitra Pembanding Dalam Studi Banding Strategi Pemasaran.
3 . Menjadi Responden Atau Partisipasi Dalam Survei.
3 . Calon Mahasiswa Dan Orang Tua
1 . Sumber Data Eksternal Untuk Analisis Tren Digital.
2 . Menjadi Mitra Pembanding Dalam Studi Banding Strategi Pemasaran.
3 . Menjadi Responden Atau Partisipasi Dalam Survei.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Keterbatasan data yang akurat dan terintegrasi.
2. Kesulitan mengidentifikasi segmen pasar potensial karena pasar pendidikan tinggi yang sangat dinamis dan kompetitif.
3. Perubahan cepat dalam perilaku konsumen pendidikan.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Integrated Marketing Communication3Mampu mengetahui karakteristik (kelebihan dan keterbatasan) dari masing-masing komponen atau media dalam bauran komunikasi pemasaran terkait dengan karakteristik produk (high involvement vs low involvement, high tech vs low tech products, dan lain-lain), posisi produk dalam PLC, situasi persaingan, dan batasan anggaran (cost per contract, dan lain-lain).
2Personalization3Mampu menjalankan prosedur Personalization yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Personalization dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Personalization.
3Market Research4Mampu menganalisis hasil market research dan menjelaskan manfaatnya bagi perusahaan dan mengetahui kelemahan dan kelebihan sistem yang ada.
4Market Planning3Mampu menyusun dan mengembangkan sebuah marketing plan produk atau layanan secara end to end.
5Marketing Community planning3Mampu memilih dan menerapkan marketing community planning dalam rangka peningkatan kinerja pemasaran (get, keep, grow).
STRUKTUR ORGANISASI