DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
165/AJ-TELU/II/SDM.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Sumber Daya Manusia
Bagian/Prodi Pengembangan SDM
Urusan Pengembangan Kompetensi
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Human Resource
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Pengembangan SDM.
Bawahan Langsung 1. Staf Pengembangan Kompetensi.
Ikhtisar Jabatan Melaksanakan, Memonitor, Dan Mengevaluasi Terkait Pelatihan Serta Pengembangan Kompetensi SDM Di Lingkungan Universitas Telkom.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi proses studi lanjut dosen, proses pelatihan, serta sertifikasi pegawai sehingga terciptanya pengembangan kompetensi bagi dosen dan pegawai di lingkungan Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi proses pengembangan kompetensi pegawai yang terdiri dari studi lanjut, pelatihan, dan pengembangan kompetensi pegawai lainnya;
2. Melakukan penilaian kinerja dan pembinaan terhadap pegawai di unit kerjanya; dan
3. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Kepala Bagian Pengembangan SDM.
Wewenang
1. Berwenang merencanakan dan menindaklanjut terkait usulan pengembangan kompetensi dan studi lanjut.
2. Berwenang mengakses data pegawai untuk mendukung proses pengembangan kompetensi.
3. Berwenang membina, mengarahkan, dan mengevaluasi pegawai di unit kerjanya.
4. Berwenang menyampaikan laporan kegiatan, hasil evaluasi, dan rekomendasi Kepada Kepala Bagian Pengembangan SDM.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Dan Fakultas
1 . Pelatihan Dan Studi Lanjut (untuk Memperoleh Usulan Kegiatan Pengembangan Kompetensi Dan Studi Lanjut).
2 . Untuk Proses Pembayaran Kegiatan Pengembangan Kompetensi Pegawai Dan Studi Lanjut.
3 . Untuk Memonitoring Dan Menetapkan Status Dosen Yang Melaksanakan Studi Lanjut.
4 . Untuk Mendapatkan Update Data Pegawai.
5 . Untuk Koordinasi Perjanjian Kerjasama Dengan Vendor.
2 . Direktorat Keuangan
1 . Pelatihan Dan Studi Lanjut (untuk Memperoleh Usulan Kegiatan Pengembangan Kompetensi Dan Studi Lanjut).
2 . Untuk Proses Pembayaran Kegiatan Pengembangan Kompetensi Pegawai Dan Studi Lanjut.
3 . Untuk Memonitoring Dan Menetapkan Status Dosen Yang Melaksanakan Studi Lanjut.
4 . Untuk Mendapatkan Update Data Pegawai.
5 . Untuk Koordinasi Perjanjian Kerjasama Dengan Vendor.
3 . Urusan Pengembangan Karir
1 . Pelatihan Dan Studi Lanjut (untuk Memperoleh Usulan Kegiatan Pengembangan Kompetensi Dan Studi Lanjut).
2 . Untuk Proses Pembayaran Kegiatan Pengembangan Kompetensi Pegawai Dan Studi Lanjut.
3 . Untuk Memonitoring Dan Menetapkan Status Dosen Yang Melaksanakan Studi Lanjut.
4 . Untuk Mendapatkan Update Data Pegawai.
5 . Untuk Koordinasi Perjanjian Kerjasama Dengan Vendor.
4 . Urusan Data Dan Performansi
1 . Pelatihan Dan Studi Lanjut (untuk Memperoleh Usulan Kegiatan Pengembangan Kompetensi Dan Studi Lanjut).
2 . Untuk Proses Pembayaran Kegiatan Pengembangan Kompetensi Pegawai Dan Studi Lanjut.
3 . Untuk Memonitoring Dan Menetapkan Status Dosen Yang Melaksanakan Studi Lanjut.
4 . Untuk Mendapatkan Update Data Pegawai.
5 . Untuk Koordinasi Perjanjian Kerjasama Dengan Vendor.
5 . Direktorat Aset Dan Sustainability
1 . Pelatihan Dan Studi Lanjut (untuk Memperoleh Usulan Kegiatan Pengembangan Kompetensi Dan Studi Lanjut).
2 . Untuk Proses Pembayaran Kegiatan Pengembangan Kompetensi Pegawai Dan Studi Lanjut.
3 . Untuk Memonitoring Dan Menetapkan Status Dosen Yang Melaksanakan Studi Lanjut.
4 . Untuk Mendapatkan Update Data Pegawai.
5 . Untuk Koordinasi Perjanjian Kerjasama Dengan Vendor.
Eksternal Dalam Hal
1 . LLDIKTI
1 . Untuk Mendapatkan Dokumen Pendukung (surat Rekomendasi, Dll) Terkait Pengajuan Beasiswa Studi Lanjut Pegawai.
2 . Pelatihan (untuk Menentukan Jenis Kerjasama Pelatihan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan).
3 . Studi Lanjut (untuk Menetapkan Penyetaraan Dosen Yang Telah Selesai Studi Lanjut).
4 . Studi Lanjut (untuk Mengkoordinasikan Hal-hal Terkait Status Dosen.
2 . Vendor Pelatihan
1 . Untuk Mendapatkan Dokumen Pendukung (surat Rekomendasi, Dll) Terkait Pengajuan Beasiswa Studi Lanjut Pegawai.
2 . Pelatihan (untuk Menentukan Jenis Kerjasama Pelatihan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan).
3 . Studi Lanjut (untuk Menetapkan Penyetaraan Dosen Yang Telah Selesai Studi Lanjut).
4 . Studi Lanjut (untuk Mengkoordinasikan Hal-hal Terkait Status Dosen.
3 . Yayasan Pendidikan Telkom
1 . Untuk Mendapatkan Dokumen Pendukung (surat Rekomendasi, Dll) Terkait Pengajuan Beasiswa Studi Lanjut Pegawai.
2 . Pelatihan (untuk Menentukan Jenis Kerjasama Pelatihan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan).
3 . Studi Lanjut (untuk Menetapkan Penyetaraan Dosen Yang Telah Selesai Studi Lanjut).
4 . Studi Lanjut (untuk Mengkoordinasikan Hal-hal Terkait Status Dosen.
4 . Perguruan Tinggi
1 . Untuk Mendapatkan Dokumen Pendukung (surat Rekomendasi, Dll) Terkait Pengajuan Beasiswa Studi Lanjut Pegawai.
2 . Pelatihan (untuk Menentukan Jenis Kerjasama Pelatihan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan).
3 . Studi Lanjut (untuk Menetapkan Penyetaraan Dosen Yang Telah Selesai Studi Lanjut).
4 . Studi Lanjut (untuk Mengkoordinasikan Hal-hal Terkait Status Dosen.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Belum tersedianya sistem monitoring dan evaluasi khususnya untuk studi lanjut sehingga proses dilakukan secara manual.
2. Belum tersedianya kamus kompetensi di level universitas sehingga pengembangan kompetensi masih mengacu pada kamus kompetensi industri (Telkom).
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Competency Management4Mampu menganalisis sistem Competency Management, termasuk perencanaan, pengembangan, serta evaluasi pengukuran individu dengan memanfaatkan alat dan metodologi yang sesuai.
2Learning Assessment & Evaluation4Mampu menganalisis sistem Learning Assessment & Evaluation, termasuk dalam pengetahuan dan penerapan literatur terkini mengenai pembelajaran dan pengembangan karyawan untuk penilaian dan evaluasi learning design dan delivery untuk mengoptimalkan kontribusi inisiatif learning and development untuk mendorong kinerja perusahaan.
STRUKTUR ORGANISASI