DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
150/AJ-TELU/I/PSAL.4/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pasca Sarjana Dan Advance Learning | ||
Bagian/Prodi | Pusat Bahasa | ||
Urusan | Pengembangan Bahasa | ||
Jabatan | Kepala Urusan | ||
Kelompok Bidang | 1. Education |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Bagian Pusat Bahasa. |
||
Bawahan Langsung |
1. Instruktur Database Pengembangan Bahasa. |
||
Ikhtisar Jabatan | Melakukan Proses Layanan Pengembangan Berbahasa. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan program-program pengembangan kompetensi dan produk pada layanan bahasa sehingga dapat menjadi pusat bahasa di Universitas Telkom yang berbasis riset dan teknologi informasi. |
||
Uraian Tugas |
1. Melakukan implementasi, monitoring, dan evaluasi program kerja pusat bahasa dengan pihak internal (Fakultas dan Kantor Urusan Internasional) dan pihak eksternal; dan 2. Melakukan program-program pengembangan kompetensi dan produk layanan bahasa. |
||
Wewenang |
1. Berwenang menyusun, mengembangkan, dan menjalankan program-program peningkatan kompetensi bahasa. 2. Berwenang bekerja sama dengan pihak internal dan eksternal dalam rangka pengembangan bahasa. 3. Berwenanag melakukan inovasi dan adopsi teknologi pembelajaran bahasa. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Mahasiswa | 1 . Pengguna Layanan. 2 . Pengguna Layanan. 3 . Pengguna Layanan. 4 . Peminjaman Ruangan, Pengadaan Barang Dan Aset. 5 . Terkait Anggaran. 6 . Pengguna Layanan. 7 . Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. | ||
2 . Dosen | 1 . Pengguna Layanan. 2 . Pengguna Layanan. 3 . Pengguna Layanan. 4 . Peminjaman Ruangan, Pengadaan Barang Dan Aset. 5 . Terkait Anggaran. 6 . Pengguna Layanan. 7 . Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. | ||
3 . TPA | 1 . Pengguna Layanan. 2 . Pengguna Layanan. 3 . Pengguna Layanan. 4 . Peminjaman Ruangan, Pengadaan Barang Dan Aset. 5 . Terkait Anggaran. 6 . Pengguna Layanan. 7 . Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. | ||
4 . Direktorat Aset Dan Sustainability | 1 . Pengguna Layanan. 2 . Pengguna Layanan. 3 . Pengguna Layanan. 4 . Peminjaman Ruangan, Pengadaan Barang Dan Aset. 5 . Terkait Anggaran. 6 . Pengguna Layanan. 7 . Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. | ||
5 . Direktorat Keuangan | 1 . Pengguna Layanan. 2 . Pengguna Layanan. 3 . Pengguna Layanan. 4 . Peminjaman Ruangan, Pengadaan Barang Dan Aset. 5 . Terkait Anggaran. 6 . Pengguna Layanan. 7 . Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. | ||
6 . Bagian Admisi | 1 . Pengguna Layanan. 2 . Pengguna Layanan. 3 . Pengguna Layanan. 4 . Peminjaman Ruangan, Pengadaan Barang Dan Aset. 5 . Terkait Anggaran. 6 . Pengguna Layanan. 7 . Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. | ||
7 . Bagian International Office | 1 . Pengguna Layanan. 2 . Pengguna Layanan. 3 . Pengguna Layanan. 4 . Peminjaman Ruangan, Pengadaan Barang Dan Aset. 5 . Terkait Anggaran. 6 . Pengguna Layanan. 7 . Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Telkom School | 1 . Kerjasama Layanan Bahasa. 2 . Kerjasama Pengembangan Layanan Bahasa. 3 . Penyelenggaraan Layanan Bahasa. | ||
2 . Institusi Kebahasaan | 1 . Kerjasama Layanan Bahasa. 2 . Kerjasama Pengembangan Layanan Bahasa. 3 . Penyelenggaraan Layanan Bahasa. | ||
3 . Instruktur, Penerjemah, Ahli Bahasa | 1 . Kerjasama Layanan Bahasa. 2 . Kerjasama Pengembangan Layanan Bahasa. 3 . Penyelenggaraan Layanan Bahasa. | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Keterbatasan ruangan sehingga membatasi jadwal layanan. 2. Keterbatasan fleksibilitas instruktur lepas harian. |
||
Indikator Keberhasilan | |||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Market Research | 3 | Mampu memilih dan mengimplementasikan metode riset yang paling tepat untuk program market research. |
2 | Syllabus Development | 4 | Mampu melakukan analisis terhadap pengelolaan Syllabus Development terkait penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran pada satu atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penentuan materi pokok pembelajaran, pemilihan strategi dan pengalaman pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, menentukan alokasi waktu dan bahan belajar. |
3 | Teaching Plan | 4 | Mampu melakukan analisis terhadap Teaching Plan, termasuk formulasi tujuan pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan ajar, serta pemilihan sumber pembelajaran dan medianya sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran. |
4 | Teaching | 4 | Mampu melakukan analisis terhadap kegiatan teaching, terkait pembelajaran yang aktif dan efektif, terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun secara lengkap. |
5 | Student Evaluation | 4 | Mampu melakukan analisa dari Student Evaluation yang dilakukan, termasuk perancangan alat evaluasi, penggunaan metode penilaian, serta pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran berikutnya. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
