DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
081/AJ-TELU/IV/PPM.3/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat | ||
Bagian/Prodi | Jurnal, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat | ||
Urusan | |||
Jabatan | Kepala Bagian | ||
Kelompok Bidang | 1. Research Administration |
||
Atasan Langsung |
1. Direktur Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. |
||
Bawahan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengabdian Masyarakat. 2. Kepala Urusan Jurnal. 3. Kepala Urusan Publikasi. |
||
Ikhtisar Jabatan | Mengelola, Memonitor Dan Mengevaluasi Terkait Program Pengabdian Masyarakat, Jurnal Ilmiah, Dan Publikasi Penelitian | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam mengelola program-program kerja terkait pengabdian masyarakat agar kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana. 2. Bertanggung jawab dalam mengelola program-program hilirisasi riset dan jurnal ilmiah sehingga dapat berjalan sesuai dengan rencana program kerja. 3. Bertanggung jawab dalam mengelola program-program hilirisasi riset dan publikasi penelitian sehingga dapat berjalan sesuai dengan rencana program kerja. |
||
Uraian Tugas |
1. Mengoordinasikan dan mengelola rencana implementasi, monitoring, dan evaluasi program kerja pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset dengan pihak terkait Center of Excellence (CoE), Kelompok Keahlian (KK), dan Direktorat Bandung Techno Park (BTP); 2. Mengelola program pemanfaatan dan pengembangan Fakultas untuk mengakselerasi kegiatan pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset; 3. Mengelola program kerja pengembangan pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset baik nasional maupun internasional; 4. Mengelola program-program koordinasi pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset dengan Fakultas dan unit terkait; 5. Mengelola program-program hilirisasi riset dari hasil-hasil penelitian di lingkungan Universitas Telkom yang memiliki potensi komersial; 6. Mengelola program-program publikasi penelitian; 7. Mengelola pendirian dan administrasi sistem informasi jurnal; 8. Mengelola persiapan borang pengajuan akreditasi jurnal ilmiah; dan 9. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. |
||
Wewenang |
1. Menentukan proses, kriteria, reviewer, penilaian, dan prioritas pendanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan hilirisasi penelitian; 2. Mengajukan pencairan dana untuk insentif dan penanggungan biaya publikasi sesuai dengan aturan yang berlaku; 3. Menentukan proses dan dukungan dana untuk peningkatan kualitas pengelolaan jurnal; 4. Mengevaluasi dan memperbaiki proses layanan yang diberikan kepada pengguna layanan PPM dalam urusan publikasi, pengelolaan jurnal, pengabdian masyarakat, dan hilirisasi penelitian; 5. Mengajukan RKMA untuk bagian ini dan menyetujui atau tidak pengajuan pencairan dana. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Rektor | 1 . Penetapan Usulan. 2 . Persetujuan Usulan. 3 . Ketersediaan Anggaran. 4 . Seputar Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. | ||
2 . Wakil Rektor Bidang IV | 1 . Penetapan Usulan. 2 . Persetujuan Usulan. 3 . Ketersediaan Anggaran. 4 . Seputar Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. | ||
3 . Direktorat Keuangan | 1 . Penetapan Usulan. 2 . Persetujuan Usulan. 3 . Ketersediaan Anggaran. 4 . Seputar Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. | ||
4 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Penetapan Usulan. 2 . Persetujuan Usulan. 3 . Ketersediaan Anggaran. 4 . Seputar Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Yayasan Pendidikan Telkom | 1 . Kebijakan Institusi. 2 . Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. 3 . Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. | ||
2 . LLDIKTI IV, Ristekdikti, LPPM | 1 . Kebijakan Institusi. 2 . Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. 3 . Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. | ||
3 . Masyarakat, Industri, Dan Organisasi Mitra | 1 . Kebijakan Institusi. 2 . Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. 3 . Pengelolaan Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat. | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Belum memiliki jaringan yang luas dengan mitra eksternal yang dapat turut berkontribusi dana dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. 2. Kualitas luaran pengabdian masyarakat masih sangat terbatas. 3. Belum ada kesesuaian antara pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 4. Jumlah penelitian yang dapat dokomersialisasi dan menghasilkan pendapatan masih sangat sedikit. 5. Jumlah publikasi internasional pada top tier (Q1) masih sangat terbatas. 6. Sebagian besar besar jurnal internal Tel-U belum terakreditasi sinta dan belum banyak yang mencapai sinta 1. |
||
Indikator Keberhasilan | |||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | User Research | 5 | Mampu merancang model implementasi konsep User Research, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait User Research. |
2 | Innovation Management | 5 | Mampu merancang model implementasi konsep Innovation Management, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Innovation Management. |
3 | Society Development | 5 | Mampu mengembangkan proses yang terjadi pada pengelolaan unit kegiatan atau organisasi kemahasiswaan maupun masyarakat internal dan eksternal. |
4 | Financial Reporting | 5 | Mampu mengevaluasi dan menyajikan laporan keuangan perusahaan, memastikan kewajaran dan kepatuhan laporan keuangan dan konsolidasi terhadap standar akuntansi serta peraturan pasar modal yang berlaku. |
5 | Community Relations | 5 | Mampu menetapkan parameter keberhasilan community relation dan melakukan analisis dampak tindakan community relation berdasarkan parameter yang ditetapkan. |
6 | Document Administration | 5 | Mampu menciptakan, mengembangkan dan mengintegrasikan proses pengelolaan dokumen (khususnya dokumen digital: foto, video dan lain-lain) secara efektif dan efisien. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
