DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
076/AJ-TELU/III/KMHS.3/2023 0
Direktorat/Fakultas Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, Dan Alumni
Bagian/Prodi Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Education
3. Student Life
Atasan Langsung 1. Direktur Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, Dan Alumni.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Kegiatan Mahasiswa.
2. Kepala Urusan Prestasi Mahasiswa.
Ikhtisar Jabatan Mengoordinasikan, Mengelola, Dan Mengevaluasi Program-program Kegiatan Dan Kompetensi Mahasiswa.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pengelolaan program kompetensi mahasiswa sehingga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menciptakan sebuah karya dan prestasi bagi Universitas Telkom.
2. Bertanggung jawab dalam pengelolaan kegiatan mahasiswa agar seimbangnya kegiatan akademik dan non akademik bagi mahasiswa Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Mengoordinasikan dan mengelola rencana implementasi, monitoring, dan evaluasi program kerja;
2. Mengelola program-program kegiatan dan organisasi mahasiswa;
3. Mengelola program-program kompetensi mahasiswa;
4. Melakukan koordinasi dengan pihak internal (Kepala Urusan Kemahasiswaan Fakultas) dan eksternal (DIKTI, ikatan alumni, instansi pemerintah dan swasta, serta instansi lain yang terkait) dan;
5. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, dan Alumni.
Wewenang
1. Berwenang menetapkan dan menyetujui rencana kerja dan program kerja kegiatan mahasiswa (Jadwal, anggaran, dan fasilitas dll).
2. Berwenang memberikan persetujuan terhadap proposal kegiatan organisasi kemahasiswaan yang diajukan oleh mahasiswa atau organisasi kampus.
3. Berwenang menetapkan ukuran keberhasilan kegiatan mahasiswa baik dalam kegiatan non akademik dan pengembangan kompetensi mahasiswa.
4. Berwenang sebagai wakil institusi dalam hal kerja sama atau komunikasi dengan Dikti, alumni, instansi pemerintah/swasta yang berkaitan dengan mitra lainnya yang berkaitan dengan prestasi dan kegiatan mahasiswa.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Fakultas Dan Program Studi
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa, Penerapan Kode Etik Mahasiswa.
2 . Peminjaman Euangan, Kendaraaan, Dan Fasilitas Kampus.
3 . Penyediaan Anggaran Kegiatan Di Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
4 . Penyediaan Program Aplikasi Pendukung Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
5 . Penyediaan Pengembangan Dan Penilaian SDM.
6 . Penyiapan Data Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Penerima Beasiswa.
7 . Pengurusan MOU, PKS, Dan SK Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
2 . Direktorat Aset Dan Sustainability
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa, Penerapan Kode Etik Mahasiswa.
2 . Peminjaman Euangan, Kendaraaan, Dan Fasilitas Kampus.
3 . Penyediaan Anggaran Kegiatan Di Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
4 . Penyediaan Program Aplikasi Pendukung Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
5 . Penyediaan Pengembangan Dan Penilaian SDM.
6 . Penyiapan Data Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Penerima Beasiswa.
7 . Pengurusan MOU, PKS, Dan SK Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
3 . Direktorat Keuangan
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa, Penerapan Kode Etik Mahasiswa.
2 . Peminjaman Euangan, Kendaraaan, Dan Fasilitas Kampus.
3 . Penyediaan Anggaran Kegiatan Di Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
4 . Penyediaan Program Aplikasi Pendukung Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
5 . Penyediaan Pengembangan Dan Penilaian SDM.
6 . Penyiapan Data Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Penerima Beasiswa.
7 . Pengurusan MOU, PKS, Dan SK Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
4 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa, Penerapan Kode Etik Mahasiswa.
2 . Peminjaman Euangan, Kendaraaan, Dan Fasilitas Kampus.
3 . Penyediaan Anggaran Kegiatan Di Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
4 . Penyediaan Program Aplikasi Pendukung Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
5 . Penyediaan Pengembangan Dan Penilaian SDM.
6 . Penyiapan Data Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Penerima Beasiswa.
7 . Pengurusan MOU, PKS, Dan SK Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
5 . Direktorat Sumber Daya Manusia
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa, Penerapan Kode Etik Mahasiswa.
2 . Peminjaman Euangan, Kendaraaan, Dan Fasilitas Kampus.
3 . Penyediaan Anggaran Kegiatan Di Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
4 . Penyediaan Program Aplikasi Pendukung Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
5 . Penyediaan Pengembangan Dan Penilaian SDM.
6 . Penyiapan Data Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Penerima Beasiswa.
7 . Pengurusan MOU, PKS, Dan SK Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
6 . Direktorat Pemasaran Dan Admisi
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa, Penerapan Kode Etik Mahasiswa.
2 . Peminjaman Euangan, Kendaraaan, Dan Fasilitas Kampus.
3 . Penyediaan Anggaran Kegiatan Di Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
4 . Penyediaan Program Aplikasi Pendukung Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
5 . Penyediaan Pengembangan Dan Penilaian SDM.
6 . Penyiapan Data Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Penerima Beasiswa.
7 . Pengurusan MOU, PKS, Dan SK Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
7 . Direktorat Sekretariat Dan Perencanaan Strategis
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa, Penerapan Kode Etik Mahasiswa.
2 . Peminjaman Euangan, Kendaraaan, Dan Fasilitas Kampus.
3 . Penyediaan Anggaran Kegiatan Di Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
4 . Penyediaan Program Aplikasi Pendukung Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
5 . Penyediaan Pengembangan Dan Penilaian SDM.
6 . Penyiapan Data Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Penerima Beasiswa.
7 . Pengurusan MOU, PKS, Dan SK Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Bagian Prestasi Dan Kegiatan Mahasiswa.
Eksternal Dalam Hal
1 . LLDIKTI IV
1 . Pelaporan Data Mahasiswa Dan Feeder PDDIKTI.
2 . Pemberi Dana Beasiswa.
3 . Program Dan Pelaksanaan Program Kompetisi Kreativitas Mahasiswa Dan Pelaporan Beasiswa.
4 . Keikutsertaan Dalam Kompetisi.
2 . Lembaga Pemberi Beasiswa
1 . Pelaporan Data Mahasiswa Dan Feeder PDDIKTI.
2 . Pemberi Dana Beasiswa.
3 . Program Dan Pelaksanaan Program Kompetisi Kreativitas Mahasiswa Dan Pelaporan Beasiswa.
4 . Keikutsertaan Dalam Kompetisi.
3 . Ristek Dikti
1 . Pelaporan Data Mahasiswa Dan Feeder PDDIKTI.
2 . Pemberi Dana Beasiswa.
3 . Program Dan Pelaksanaan Program Kompetisi Kreativitas Mahasiswa Dan Pelaporan Beasiswa.
4 . Keikutsertaan Dalam Kompetisi.
4 . Lembaga Penyelenggara Kompetisi
1 . Pelaporan Data Mahasiswa Dan Feeder PDDIKTI.
2 . Pemberi Dana Beasiswa.
3 . Program Dan Pelaksanaan Program Kompetisi Kreativitas Mahasiswa Dan Pelaporan Beasiswa.
4 . Keikutsertaan Dalam Kompetisi.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Persaingan antar perguruan tinggi sejenis yang menjadi tantangan saat ini.
2. Rasio jumlah mahasiswa dengan fasilitas kegiatan kemahasiswaan yang belum sebanding sehingga berdampak pada efektifitas pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Corporate Event Management4Mampu menganalisis proses pengelolaan dokumen perusahaan sesuai standar dan prosedur yang berlaku.
2Community Relations4Mampu menyusun perencanaan dan melakukan implementasi dalam pengelolaan dan pembinaan hubungan baik dengan berbagai komunitas dalam upaya meningkatkan reputasi perusahaan.
3Employee Learning and Development4Mampu menganalisis sistem employee learning, termasuk perancangan program, strategi, dan approach pengembangan karyawan.
4Communication Skill6Mampu merancang, menciptakan, mengembangkan dan menetapkan strategi effective communication dalam bentuk komunikasi secara efektif, empatik, dan santun.
STRUKTUR ORGANISASI